Inilah Cara Sukses Untuk Penangkaran Burung Derkuku

Burung kicauan memang menjadi peliharaan favorit bagi kicaumania. Suara burung yang terdengar unik dengan variasi yang lebih beragam mampu menjadikan seseorang lebih gemar memeliharanya.

Selain itu juga menjadikan seseorang di dalam menangkarkannya. Terlebih dengan banyaknya berbagai lomba, membuat burung-burung seperti jalak, kenari dan juga jenis burung kicau lain semakin populer.

Tentu diikuti dengan harga yang makin tinggi ketika burung-burung tersebut mampu menjuarai sebuah lomba. Salah satu burung kicau yang diikutkan lomba dan banyak ditangkarkan yaitu burung derkuku.

Penangkaran Burung Derkuku

Penangkaran Burung Derkuku
Penangkaran Burung Derkuku

Maraknya penangkapan pada burung derkuku menjadikan populasinya di alam semakin berkurang. Dengan demikian banyak orang mulai melakukan penangkaran burung derkuku dengan tujuan untuk dilombakan.

Penangkaran bisa dilakukan dengan cara penangkaran asli dan juga penangkaran rekayasa. Penangkaran burung derkuku asli adalah penangkaran antara induk jantan maupun betina yang merupakan burung derkuku yang 100% masih asli dan memiliki suara anggung yang baik dan bermental kuat.

Dengan induk yang seperti ini, diharapkan supaya anak-anak yang dihasilkanoleh burung derkuku tersebut akan mewarisi sifat-sifat suara dan mental yang baik dari induknya.

Tetapi Penangkaran burung derkuku asli ini dilakukan hanya untuk yang suka hobi dan kelangenan saja. Karena penangkaran asli tidak mendapatkan hasil suara untuk lomba.

Kemudian untuk yang penangkaran rekayasa bertujuan untuk menghasilkan burung derkuku berkualitas suara manggungnya yang baik dan memenuhi persyaratan lomba. Dan juga bisa digunakan kelangenan dan pemenuhan kebutuhan hobi dan menambah pendapatan.

Penjodohan Derkuku

Penjodohan Burung Derkuku
Penjodohan Burung Derkuku

Sistem penjodohan dari derkuku tidak jauh dengan cara penjodohan burung perkutut dan juga penjodohan burung puter. Dan dua spesies yang tetap kerabat dekat derkuku.

Pada mulanya hanya terlihat saling berdekatan, dan kemudian dilanjutkan dengan percumbuan. Yang mana burung jantan dapat terlihat menyisir bulu-bulu untuk burung derkuku yang betina. Pada sistem penjodohan meraih puncaknya pada waktu derkuku jantan mengawini pasangannya.

Kandang Penangkaran

Berikan juga kandang dan peralatan penangkarannya. Kandang penangkaran adalah kandang yang dimaksudkan untuk menangkarkan burung derkuku.

Kandang penangkaran tidak perlu yang spesifik sebab derkuku termasuk burung yang adaptif atau mudah beradaptasi dengan lingkungan kandang yang bagaimanapun juga. Buatlah kandang penangkaran dengan ukuran 60 cm x 60 cm x 60 cm supaya bisa berkembang biak.

Pilihlah lokasi kandang yang bebas dari berbagai macam gangguan kebisingan , karena akan mengakibatkan burung menjadi stres. Kandang penangkaran harus mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Jauhkan juga dari binatang pengganggu seperti tikus dan kucing masuk kedalam kandang penangkaran, dan kandang penangkaran harus terlihat bersih.

Dan jangan lupa untuk menyediakan sarang yang terbuat dari daun pinus atau cemara yang kering untuk bertelur dengan baik.

Setelah indukan yang dipilih tersebut berjodoh dan membangun sarang kemudian akan bertelur. Saat tersebut makanan dan juga minumannya harus selalu dijaga.

Biasanya bertelur sebanyak dua butir, dan biasanya akan dierami kurang lebih selama 14 hari. Sesudah itu burung menetas. Sesudah menetas usia 5 hari, anda bisa mengggabungkannya dengan burung indukannya agar burung tersebut diloloh.

Setelah itu biarkan hingga anakan burung derkuku bisa makan sendiri. Anakan bisa disapih sesudah anakan berusia 1 bulan. Dan anakan yang disapih tersebut sebaiknya diberikan kandang sendiri.

Untuk kandang umbarannya ukuran sebaiknya lebih besar dari pada kandang penangkaran. Supaya bisa menguatkan otot dari anakan burung derkuku tersebut. Biarkanlah di kandang umbaran sampai tumbuh bulunya. Antara umur 2,5 sampai 3 bulan.

Tinggalkan Komentar