Tips Sukses Penangkaran Burung Branjangan Bagi Pemula

Burung branjangan adalah burung kicauan yang banyak digemari oleh para pecinta burung kicauan yang ada di Indonesia. Pada habitat aslinya, branjangan ini banyak hidup di wilayah padang rumput.

Untuk ciri cirinya burung branjangan ini memiliki warna dasar coklat dan dilengkapi dengan garis yang berwarna abu-abu. Selain itu juga terdapat juga bintik-bintik.

Dan pada habitat aslinya, burung ini juga bisa berkembang dengan sangat cepat. Karena apabila berada pada habitat aslinya itu tidak ada gangguan dari hewan lainnya ataupun gangguan dari manusia.

Penangkaran Burung Branjangan
Penangkaran Burung Branjangan

Burung Branjangan memang sudah dikenal cukup mudah dalam berkembang biak.

Akan tetapi, apabila anda semua hendak melakukan penangkaran burung Branjangan terdapat beberapa hal yang memang harus di perhatikan.

Sebab pada dasarnya Burung Branjangan rawan sekali mengalami stress apabila tempat tinggalnya di masuki oleh manusia.

Dan bahkan induk branjangan akan memecahkan sendiri telur-telur yang telah dieraminya.

Untuk cara penangkaran burung branjangan ini sendiri bisa dikatakan cukup mudah.

Karena yang diperlukan untuk bisa menghasilkan burung branjangan yang berkualitas anda hanya perlu telaten saja dalam proses ternaknya.

Sebab untuk cara penangkaran dari burung ini ada kesulitannya. Kemudian bagi anda yang kiranya merasa tertarik hendak mencoba untuk ternak burung branjangan ini di rumah ini.

Penjodohan Burung Branjangan

Penjodohan Burung Branjangan
Penjodohan Burung Branjangan

Cara gampang penangkaran burung Branjangan untuk pemula, pastinya anda harus memiliki calon indukan yang baik.

Walaupun proses penjodohan Burung Branjangan bisa dikatakan cukup mudah dari pada burung kicauan lainya. Yang mana harus melalui proses pengenalan.

Terpenting anda harus tau keadaan birahi ke duanya pada waktu umurnya sudah dewasa. Kurang lebih 1 tahunan lebih baru bisa langsung dijodohkan.

Supaya proses penjodohan bisa berjalan lancar sebelumnya anda harus mengetahui jenis kelamin burung yang hendak di jodohkan.

Pertanda apabila anda tepat saat menentukan jenis kelamin indukan yang hendak di jodohkan. Antara lain pada saat burung sama-sama birahi mereka tidak akan berkelahi.

Burung branjangan Jantan akan bereaksi yang ada tanda keluarnya jambul dan sayapnya akan ngleper.

Dilanjutkan jantan mengejar burung betinanya, dan yang paling jelas yaitu pada waktu Branjangan Jantan mengumpulkan alang-alang untuk merangkai sarang.

Apabila sudah begitu maka kemungkinan besar anda sukses untuk tahap penjodohan.

Kandang

Hal yang harus di perhatikan untuk Kandang Penangkaran Branjangan yaitu tempat atau lokasi kandang.

Sebab suasana kandang yang sunyi akan begitu menentukan keberhasilan Penangkaran Branjangan.

Untuk membuat kandang penangkaran pakailah jeruji kawat yang rapat atau kawat ram yang lubangnya rapat. Tujunnya supaya hewan pengganggu tidak leluasa masuk.

Sedangkan pada bagian atap bisa memakai kawat ram rapat atau bisa juga atap seng. Lalu usahakan mengeset susana kandang seperti tempat tinggal aslinya pada alam liar.

Berikanlah ruang pada atap guna membuat sinar matahari bisa masuk langsung ke kandang sebab branjangan tahan panas.

Makanan yang Sesuai

Untuk mempermudah dalam perawatan pemberian pakan burung branjangan, tempatkan wadah pakan pada pinggiran kandang.

Pakan yang diberikan antara lain adalah biji milet, belalang atau jangkrik, padi dan juag kroto.

Akan tetapi untuk cara pemberian pakan padi seharusnya seperti di alam liar, di tebarkan saja pada dasar lantai atau dasar kandang. Selain itu anda juga harus mengontrol kondisi setiap hari.

Jangan lupa untuk memisahkan piyik dari indukan. Rawatlah dengan baik agar penangkaran burung branjangan anda bisa sukses.

Tinggalkan Komentar