Burung Pelatuk Bawang Jantan Dengan Khasiat Mistiknya

Mungkin anda pernah mendengar burung pelatuk bawang jantan yang dipercaya memiliki khasiat mistik. Burung ini mempunyai nama latin Dinopium javanense. Di samping dipakai untuk pelengkap sesaji, hampir seluruh bagian tubuhnya juga dipercaya memiliki daya mistis.

Biasanya burung ini dipercaya sebagai obat kuat. Selain itu, juga membuat seseorang menjadi ahli debat atau orator. Jenis kelamin burung pelatuk bawang dapat dibedakan dari penampilannya. Burung pelatuk bawang jantan mempunyai jambul dengan warna merah di atas kepalanya, sedangkan burung betina jambulnya berwarna hitam.

Burung Pelatuk Bawang Jantan Langka

Burung Pelatuk Bawang Jantan Dengan Khasiat Mistiknya
youtube.com

Kepercayaan orang-orang mengenai khasiat mistik burung pelatuk ini, membuatnya menjadi burung yang langka dan saat ini keberadaannya terancam punah. Karakteristik burung pelatuk bawang adalah ukurannya yang sedang. Memiliki bulu sayap berwarna kuning, bulu leher dengan warna hitam bergaris putih.

Habitat burung pelatuk bawang adalah hutan daerah tropis dan subtropis di daerah dataran rendah sampai pada hutan bakau. Saat ini, populasinya tidak diketahui secara pasti. Selain itu, burung pelatuk bawang juga telah ditetapkan sebagai fauna identitas untuk kabupaten Banjarnegara yang ada di provinsi Jawa Tengah.

Khasiat Burung Pelatuk Bawang

Burung pelatuk bawang ini sarat dengan muatan mistis. Selain itu dipercaya memiliki kekuatan mistik yang sangat ampuh. Untuk masyarakat yang berada di daerah Jawa, burung pelatuk bawang akan menggambarkan watak yang memiliki pendirian rajin bekerja, kuat namun tidak sabar.

Seperti yang tertulis di dalam primbon Jawa dan juga Melayu, bahwa burung pelatuk bawang memiliki khasiat diantaranya sebagai berikut:

Sebagai tolak bala ilmu hitam, meningkatkan stamina serta keperkasaan tubuh, menyembuhkan penyakit gila, penangkal maling dan rampok, penolak serta penyembuh berbagai macam penyakit.

Selain itu juga bisa digunakan untuk menyepuh dan meningkatkan kesaktian sebuah senjata. Mempercantik wajah dan mengeluarkan aura tubuh, menumbuhkan kewibawaan, pengikat istri atau suami, serta membuat pandai atau lincah berbicara dan berdebat.

Setelah mengetahui berbagai macam khasiat mistik dari burung pelatuk bawang ini, lalu bagaimana cara untuk menggunakan burung pelatuk bawang agar dapat mendapatkan khasiat seperti itu

Tentu saja sengaja tidak akan disampaikan disini. Sebab, semuanya harus dilakukan dengan cara mengorbankan nyawa burung pelatuk. Dan itu akan membuat burung yang termasuk kedalam jenis burung langka ini akan semakin punah.

Mengenai benar atau tidaknya tentang khasiat dari burung pelatuk bawang yang memiliki kekuatan mistik, saya sendiri belum pernah membuktikannya. Dan mungkin tidak akan mau untuk membuktikannya.

Sebaiknya kita menjaga kelestarian dari burung pelatuk bawang jantan dan betina ini. Supaya di masa yang akan datang anak cucu kita masih bisa melihat seperti apa keindahan dari burung pelatuk bawang ini.

Penangkaran Burung Pelatuk Bawang

Penangkaran Burung Pelatuk Bawang
omkicau.com

Untuk menjaga populasi dari burung pelatuk bawang ini kita harus membuat kandang penangkaran. Kandangnya dibuat dari rangka besi dengan dinding kawat kasa. Bila anda menggunakan bahan kayu, maka tidak akan bertahan lama. Karena bisa di gerogoti paruh burung yang sangat kuat.

Model kandang yang sangat cocok untuk penangkaran jenis burung pelatuk bawang yaitu kandang aviary. Tetapi dalam satu kandang hanya bisa diisi dengan sepasang burung saja. Ukuran kandang nya disesuaikan dengan patokan ideal panjang satu setengah meter, lebar 1 meter dan tinggi 2 sampai 2 setengah meter.

Anda bisa memasukkan beberapa pot tanaman berdaun rindang untuk dapat mengkamuflase seperti kondisi habitat asli burung pelatuk bawang jantan dan betina ini. tempat bersarang juga dapat menggunakan potongan batang pohon yang berlubang seperti batang pohon kelapa atau pohon palem.

Tinggalkan Komentar