Pakan Tepat sebelum Lomba

Sebelum menghadapi lomba kicau, ada banyak persiapan yang harus dilakukan pada burung jagoan. Beberapa persiapan yang harus dilakukan antara lain adalah latihan ekstra, kondisi kesehatan yang prima, kondisi mental burung yang terjaga dengan baik, dan tentu saja asupan makanan yang tepat sebelum lomba.

Pakan yang tepat ini memberi pengaruh besar pada kualitas suara kicauan burung yang mengikuti lomba. Oleh sebab itu, pakan yang diberikan harus selalu diperhatikan, apalagi ketika menjelang perlombaan.

Jenis pakan yang digunakan juga harus sesuai dengan jenis burung yang akan mengikuti lomba. Jangan sampai burung yang akan tampil dalam lomba diberikan pakan yang tidak tepat. Burung-burung yang mengikuti lomba biasanya adalah jenis kacer dan kenari. Kedua burung tersebut tentu saja memiliki jenis pakan yang berbeda.

Berikut sedikit informasi mengenai jenis pakan tepat bagi kedua jenis burung di atas sebelum menghadapi lomba.

Pakan untuk Kacer sebelum Lomba

Kacer Kicau
Kacer Kicau
  • Berikan pakan jangkrik—dengan tambahan tiga ekor jangkrik dari hari biasanya—selama tiga sampai dua hari sebelum perlombaan dilaksanakan. Misalkan, jika biasanya burung memakan 3 ekor jangkrik, kali ini berikan pakan 6 ekor jangkrik.
  • Satu jam sebelum perlombaan dimulai, berikan 3 hingga 6 ekor jangkrik. Agar suara burung kacer lebih gacor, berikan juga ulat Hongkong sebanyak enam hingga lima belas ekor.
  • Berikan jangkrik sebanyak dua ekor selama perlombaan berlangsung. Hal ini untuk meningkatkan suara kicauannya agar lebih gacor.

Pakan untuk Kenari sebelum Lomba

Kenari Kicau
Kenari Kicau
  • Tiga hari menjelang lomba, berikan pakan buah apel dengan selingan kroto atau telur puyuh. Pemberian pakan ini bisa disesuaikan, tidak ada aturan baku.
  • Satu jam sebelum perlombaan dimulai, berikan pakan telur puyuh atau kroto. Sesuaikan dengan jenis kenari yang mengikuti lomba. Di antara kedua pakan tersebut, pilih juga yang menjadi favorit dari burung kenari.
  • Agar kenari dapat lebih gacor, bisa juga dengan membuat pakan sendiri yang terdiri dari telur puyuh rebus, satu sendok teh mentega, satu sendok teh madu, satu sendok teh biji poppy, dan biskuit bayi (secukupnya). Haluskan semua bahan di dalam satu wadah. Berikan ½ sendok teh pakan tersebut kepada kenari secara rutin.

Selain pakan, perawatan lainnya juga tidak kalah penting. Perawatan-perawatan lainnya juga harus diperhatikan agar burung dapat memiliki performa unggul pada saat perlombaan.

Tinggalkan Komentar