Nuri Kepala Hitam, Burung Unik yang Serbabisa

Pencinta burung pasti tidak asing lagi dengan pesona burung yang satu ini. Nuri kepala hitam, itulah namanya. Burung nuri kepala hitam berasal dari daratan Papua, Ambon, dan Ternate. Mahkota burung ini berwarna hitam sehingga dinamakan nuri kepala hitam.

Nuri kepala hitam mempunyai tiga warna di tubuhnya. Warna merah menyelimuti dada atas dan kepala. Warna ungu melingkar di kepala bagian bawah hingga dada. Warna ini menyerupai bentuk kalung. Sementara sayapnya dipoles warna hijau dan merah dengan panjang 6,4 inci.

Apa sih, perbedaan burung nuri kepala hitam dan burung nuri lainnya?

Nuri Kepala Hitam
Nuri Kepala Hitam – Wikipedia.org

Burung nuri kepala hitam adalah burung yang cerdas. Burung ini bisa menirukan suara lain. Kadang-kadang suara burung nuri kepala hitam mirip suara elang. Tidak jarang, burung nuri kepala hitam mengeluarkan suara seperti suara mino emas.

Selain itu, burung nuri kepala hitam bisa berbicara, lho. Burung nuri kepala hitam mampu merespons ucapan Anda dan melakukan komunikasi dua arah. Kalau dilatih, minimal, burung ini bisa menirukan suara Anda.

Burung nuri kepala hitam juga bisa mengikuti semua perintah majikannya. Apa pun yang Anda perintahkan, burung ini dapat melakukannya dengan baik. Tapi, Anda harus melatih burung ini supaya cepat menyesuaikan diri dengan tingkah laku dan kebiasaan manusia.

Bagaimana cara melatih burung nuri kepala hitam?

Melatih Nuri Kepala Hitam
Melatih Nuri Kepala Hitam – Wikipedia.org

Melatih burung nuri kepala hitam agar berbicara, memang tidak mudah. Tapi, kalau sudah jinak, burung nuri kepala hitam akan mengeluarkan semua keahliannya. Berikut ini cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk melatih nuri kepala hitam.

  • Biasakan Burung Nuri Kepala Hitam Mendengarkan Rekaman

Rekaman kata-kata dipercaya mampu mempercepat burung nuri kepala hitam bisa menirukan suara manusia. Buatlah rekaman kata-kata dari suara Anda sendiri, lalu, memperdengarkannya pada burung nuri kepala hitam secara rutin. Lambat laun, burung ini akan menghafal dan menirukan suara yang biasa dia dengarkan.

  • Sering Mengajaknya Berkomunikasi

Layaknya seorang bayi yang belum bisa bicara, kalau Anda mengajaknya berkomunikasi, lambat laun dia pun akan meresponsnya. Begitu juga dengan burung nuri kepala hitam, semakin sering Anda mengajaknya bicara, semakin cepat dia menghafal bahasa.

  • Menempatkan Kandang di Depan Rumah

Burung nuri kepala hitam bisa menirukan tingkah laku objek apa pun yang biasa dilihatnya. Supaya burung ini cepat menyesuaikan diri dengan perilaku manusia, letakkan kandangnya di depan rumah. Dengan demikian, burung nuri kepala hitam akan terbiasa melihat berbagai macam tingkah laku manusia.

Burung nuri kepala hitam merupakan salah satu primadona burung di Indonesia. Tidak ada salahnya kalau julukan burung serbabisa disandang oleh burung ini.

Tinggalkan Komentar