Beragam Mutasi Warna Lovebird Yang Tak Boleh Dikombinasikan

Dunia burung khususnya lovebird memang tak pernah sepi dan selalu menarik untuk menjadi bahan perbincangan dari masa ke masa. Jenis burung lovebird yang mengalami mutasi warna lovebird seperti jenis lovebird muka salem, lovebird personata dan fischeri.

Di indonesia sendiri animo para peternak lovebird berlomba-lomba menciptakan varian mutasi warna lovebird yang baru namun dari mutasi warna yang baru juga akan semakin meningkatkan mutasi warna dari burung lovebird lainnya.

Contoh Mutasi Warna Lovebird

Beragam Mutasi Warna Lovebird Yang Tak Boleh Dikombinasikan
steemit.com

Contoh mutasi warna burung lovebird adalah lovebird pale fallow yang digabungkan dengan varian opaline fischeri. Selain itu ada juga gabungan lovebird parblue dengan opaline fischeri, opaline fischeri dan euwing dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dengan adanya perkembangan mutasi warna yang terdapat pada burung lovebird ini, tentu saja akan membuat harga lovebird cenderung stabil dan malah bisa meningkat pesat untuk warna dengan jenis varian baru.

Tapi kali ini yang akan kami bahas bukanlah cara membuat varian baru atau mutasi warna burung lovebird yang baru. Tetapi mutasi warna apa yang sebenarnya tidak boleh dikombinasikan.

Hal ini karena dengan mutasi warna yang sebenarnya tidak boleh dilakukan bisa menghasilkan fenotipe warna yang membingungkan. Sehingga kita akan bingung dan tidak jelas seperti apa arah mutasi yang terkandung di dalam burung lovebird tersebut.

Daftar Mutasi Warna Lovebird Yang Tidak Boleh Dikombinasikan

mutasi warna lovebird
Burungnya.com

Dibawah ini kami sampaikan beberapa mutasi warna yang sebenarnya tidak boleh digabungkan. Meskipun demikian, hal ini adalah hak anda untuk menyilangkan mutasi warna burung lovebird yang satu dengan yang lainnya.

Tetapi bila anda tidak mau bingung tentang hasil dari mutasi warna tersebut, maka sebaiknya dihindari. Contoh mutasi warna lovebird klep atau lovebird kacamata yang tidak boleh digabung dan harus berdiri sendiri.

Adapun berbagai macam burung lovebird yang tidak boleh dikombinasikan warnanya adalah: DEC, Faded, Pale, Misty, Recessive pied, Dominant edged, dun fallow, lovebird lutino, dilute, pale fallow, dan pastel.

Tidak diperbolehkannya mengkombinasikan kan warna adalah karena pigmen yang ada pada burung lovebird sama dia itu melanin. Kombinasi dari mutasi warna bisa menghasilkan spesimen yang membingungkan dalam penampakan warnanya.

Mutasi Warna Lovebird Yang Membingungkan

Ketika anda menggabungkan dilute dan euwing maka pattern dari lovebird euwing sangat susah dilihat. Bila tidak ada di bawah terik matahari, penampakannya tidak jelas jika misalnya dia blue biasa tanpa adanya dark factor.

Selanjutnya jika anda gabungkan mutasi lovebird blorok atau pied dengan mutasi lovebird lutino, maka anakan yang nantinya dihasilkan jika dia lutino pied tidak akan dapat dibedakan dengan lovebird lutino biasa. Ini tentu akan membingungkan para peternak dan juga pembeli burung.

Saat anda ingin menyilangkan burung lovebird yang bagus tentu harus dilakukan dengan indukan yang dinilai bagus juga. Jika ingin kualitas warna yang bagus dari burung lovebird, sebaiknya anda memilih kualitas warna indukan yang bagus.

Diantara warna lovebird yang harganya lumayan tinggi dan mempunyai kualitas bagus misalnya lovebird albino, lovebird biola dan lovebird batman.

Memang untuk bisa menelurkan lovebird yang bermutasi itu sebuah hal yang tidak mudah. Karena induk harus mengambil gen mutasi dan sistem mendapatkan induknya juga sama seperti itu.

Jadi mutasi warna lovebird bisa sempurna dengan pemilihan indukan yang bagus. Namun anda juga harus tahu lovebird apa saja yang tidak boleh dikombinasikan seperti yang sudah dijelaskan tadi.

Tinggalkan Komentar