Cara Merawat Pleci Dakun Macok Agar Cepat Buka Paruh dan Gacor

Merawat pleci dakun macok sebenarnya tak begitu sulit. Hanya saja, dibutuhkan ketelatenan dan keuletan supaya mendapatkan burung pleci yang sesuai harapan. Pleci dakun macok itu sendiri adalah jenis burung pleci yang memiliki dada kuning (dakun) dan mata coklat (macok).

Perawatan pleci dakun macok yang tepat bisa membuat burung ini menjadi lebih rajin gacor (berkicau). Tak hanya itu, pleci dakun macok yang mendapatkan perawatan yang baik juga bisa membuatnya cepat buka paruh. Para penghobi burung pasti sangat menginginkan memiliki burung dengan kemampuan tersebut.

Cara Merawat Pleci Dakun Macok

Bagi anda yang sangat menyukai burung pleci, baik itu untuk dipelihara di rumah, masteran, ataupun dilombakan, pastikan anda memberikan perawatan yang tepat. Adapun cara merawat pleci dakun macok supaya cepat buka paruh dan gacor ialah sebagai berikut.

Perawatan Pleci Dakun Macok Agar Cepat Buka Paruh

Perawatan pertama yang perlu anda lakukan supaya pleci dakun macok bisa cepat buka paruh ialah menjemur. Anda bisa menjemur pleci dakun macok di pagi dan sore hari secara rutin. Akan lebih baik jika pleci dimandikan terlebih dahulu sebelum dijemur.

Perawatan selanjutnya ialah membentuk fisik. Anda bisa membuat pleci bergerak aktif dengan cara menambahkan tenggeran pada jarak yang agak berjauhan. Pleci yang telah terbiasa bergerak aktif bisa lebih cepat membuka paruhnya.

Lanjutkan dengan pemberian pakan. Anda bisa memberikan berbagai macam buah seperti apel, pepaya, jeruk, dan pisang kepok sebagai makanan pokok. Tak hanya itu, anda juga bisa memberi kroto dan ulat hongkong sebagai ekstra fooding.

Lakukan juga pengembunan pleci dengan cara menggantungnya di pagi hari sebelum matahari terbit. Letakkan sangkar burung di pohon yang rindang. Setelah itu, lakukan pemasteran. Anda bisa memancing pleci bakalan dengan menggunakan suara gacoran burung pleci betina.

Perawatan Pleci Dakun Macok Agar Cepat Gacor

Supaya pleci dakun macok bisa cepat gacor, anda bisa mengembunkannya di pagi hari sebelum sinar matahari terbit. Setelah itu, mandikan pleci dengan semprot yang lembut sampai basah. Lalu jemur secukupnya dan biarkan hanya air minum saja yang terdapat di dalam sangkar.

Selang satu jam, anda bisa angkat dan taruh pleci dakun macok di tempat yang teduh. Berikan pakan berupa ulat hongkong kecil yang warnanya putih (2-3 ulat hongkong yang sedang berganti kulit). Hanya saja, sebelumnya beri pakan berupa buah atau voer.

Jika anda ingin memberikan pakan berupa serangga, anda bisa memilih ulat kandang, jangkrik yang berukuran kecil, ataupun kroto. Untuk kroto, jangan diberikan setiap hari. Selain itu, porsi pemberian kroto tidak perlu terlalu banyak.

Pakan burung yang juga bisa anda berikan kepada pleci dakun macok lainnya ialah madu. Anda bisa memberikan madu dan di tempatkan khusus atau wadah yang kecil. Selain itu, anda juga bisa memberikan madu dengan cara mengoleskannya di buah pisang sebab jika sudah ada madu, pisang tak akan dimakan.

Anda tinggal membiarkannya sampai sore menjelang. Jika sudah sore, pleci dakun macok boleh dimandikan sesuai kebutuhan. Setelah pleci dimandikan, lanjutkan perawatan pleci dakun macok dengan menjemurnya. Kemudian pleci dakun macok diteduhkan.

Jika anda merawat pleci dakun macok secara tepat dan rutin, maka burung pleci kesayangan anda akan cepat buka paruh dan gacor. Jenis burung pleci dakun macok yang anda miliki pun akan dilirik banyak orang karena penampilan fisik dan kicauanya.

Tinggalkan Komentar