Cara Merawat Lovebird Mabung Agar Cepat Selesai

Burung Lovebird sebenarnya adalah burung hiasan yang sebagian orang telah menjadikan simbol kerukunan di dalam berpasangan.

Bersama dengan trend dunia burung kicauan yang saat ini semakin banyak. Burung Lovebird ini banyak digunakan sebagai burung masteran dan juga dijadikan burung lomba oleh pecinta burung kicauan di Tanah Air.

Burung Lovebird telah populer dengan bentuknya yang lucu serta perpaduan warna-warna bulu yang begitu menawan. Burung Lovebird selalu mengeluarkan suara kicauannya.

Sebab jenis burung ini sangatlah sensitif dengan suara yang tinggi yang terdapat pada sekitarnya. Dalam merawat burung Lovebird ini terkesan mudah dan juga menyenangkan. Termasuk juga merawat lovebird mabung.

Mabung merupakan proses alami yang terjadi pada setiap burung termasuk lovebird. Yang punya ciri utama yang bisa dikenali antara lain rontoknya bulu sampai terlihat botak.

Lovebird yang dalam kedaan mabung harus memperoleh perhatian khusus dari sang pemilik. Terutama pada saat akan digunakan untuk burung kontes.

Mabung atau sering disebut molting merupakan proses perontokan bulu burung dengan alami. Bisa kita saksikan bahwa ciri ciri lovebird yang sedang mabung adalah rontoknya bulu tubuhnya.

Pada usia lovebird mabung pertama yaitu pada saat berumur antara 3 sampai dengan 4 bulan. Proses kerontokan bulu ini tidak hanya dialami oleh jenis lovebird saja.

Akan tetapi juga terjadi pada burung jenis yang lainnya. Sehingga, wajar sekali apabila kita menjumpai bulu burung rontok.

Akan tetapi, Lovebird yang sedang dalam proses mabung harus memperoleh perhatian yang khusus. Karena akan berpengaruh pada kualitas burung itu sendiri.

Pada waktu dalam masa mabung, burung akan tampak gairahnya menurun termasuk untuk berkicau. Tapi, sebagian pemelihara ada yang memaksakan burung supaya tetap ngekek pada waktu proses mabung.

Hal ini justru akan begitu menyiksa burung, sebab memerlukan tenaga yang besar untuk melakukannya. Akan tetapi, kadang ada yang berbeda dengan lovebird mabung.

Saat mabung lovebird terkadang ada yang justru jauh lebih bagus performanya. Keunikannya lagi, lovebird yang seperti ini tidak pernah menyelesaikan masa atau proses mabungnya, bahkan bisa sampai bulunya hanya tertinggal beberapa helai saja.

Keadaan ini membuktikan jika sesungguhnya mabung tidak sekedar faktor alami, akan tetapi juga termasuk karakter dari lovebird yang terus menerus mengalami mabung.

Cara Merawat Lovebird Mabung

Cara Merawat Lovebird Mabung
Cara Merawat Lovebird Mabung

Sesudah diteliti ternyata, masalah perawatan yang dilakukan memang begitu berpengaruh. Pemeliharanya selalu memberikan multivitamin untuk lovebird kesayangannya pada saat memasuki fase mabung.

Anda bisa mencoba memberikan multivitamin Ebod Vit. Ebod Vit ini perlu diberikan pada lovebird yang sedang mabung tiap hari guna menjaga kesehatannya.

Pada saat mabung, metabolisme burung pada umumnya meningkat kurang lebih 50%. Jadi perlu banyak asupan nutrisi serta kebutuhan vitamin. Protein ini bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan serta mempertahankan bulu yang baru.

Perawatan lovebird mabung penting sekali dilakukan. Sebab pada waktu masa mabung, tubuhnya kehilangan 25% dari seluruh protein yang ada pada burung.

Perlu anda tau jika di bulu-bulu lovebird tersebut ada sekitar 90% protein yang diperlukan oleh burung lovebird. Keratin adalah protein yang paling banyak dikandungnya.

Keperluan protein ini untuk burung mabung sebaiknya diimbangi dengan asupan asam amino. Oleh sebab itu, kita sebaiknya tetap memilih makanan yang imbang.

Kemudian aturlah pakan lovebird yang keadaan bertelur namun ditambah sedikit. Sebab energi yang dikeluarkan pada waktu mabung dua setengah kali lebih tinggi dari pada lovebird yang keadaan bertelur.

Periksakan Penyakitnya

Cara merawat lovebird mabung pertama yang yang dapat anda lakukan ini adalah memeriksa apakah lovebird anda terkena gangguan penyakit yang disebabkan oleh kutu, mikroba atau disebabkan oleh parasit.

Dengan dibawa ke dokter hewan mungkin akan dilakukan identifikasi mengenai penyakit ini. Anda juga harus memastikan lovebird anda tidak membawa bibit penyakit seperti penyakit Polyoma.

Pilih Tempat yang Tenang

Pada waktu lovebird sedang mabung, burung seperti tidak ada jati diri dan sebaiknya dipisahkan dengan kawannya. oleh karena itu tempatkan lovebird di tempat yang sepi.

Supaya mereka bisa fokus dalam menumbuhkan bulu-bulu mereka, banyak pemelihara lovebird mengerodong sampai berhari-hari lovebird mereka.

Dianjurkan untuk membuka kerodong selama waktu 30 menit pada waktu pagi dan sore. Supaya kita bisa memantau mengenai perkembangan lovebird.

Kerodongi Lovebird Mabung

Lovebird pada saat mabung tidak punya bulu yang lengkap. Kalau anda memiliki beberapa kerodong, pakailah kerodong hingga berlapis-lapis.

Sebab pada waktu mabung bulu-bulunya tidak akan bisa melindungi tubuhnya dari dinginnya udara. Sebaiknya gunakanlah kerodong yang dengan bahan tebal.

Akan tetapi, harus anda ingat jika kita juga perlu mengangin-anginkan lovebird yang sedang mabung. Dalam merawat lovebird mabung sesekali bukalah kerodong agar mendapatkan angin sepoi-sepoi.

Mandi Semingggu Sekali

Jika biasanya burung lovebird dapat dimandikan setiap pagi, dianjurkan dalam merawat lovebird mabung, lovebird hanya mandi seminggu sekali.

Terlalu kerap mandi kala sedang mabung hanya akan menjadikan pertumbuhan bulu jadi terhambat. Pemandian pada umumnya dilakukan waktu bulu-bulu baru mulai muncul. Tidak pada waktu bulu pada rontok.

Mandikan lovebird 2 sampai 3 hari sekali pada waktu bulu-bulu baru mulai tumbuh. Lalu mandikanlah setiap hari sesudah semua bulunya bisa tumbuh dengan sempurna.

Hindari Penjemuran

Merawat lovebird mabung yang tidak boleh dilupakan yaitu masalah penjemuran. Penjemuran pada umumnya dilakukan setiap pagi. Karena lovebird tidak mandi setiap pagi maka tidak perlu menjemurnya.

Sebab sinar matahari bisa mengurangi kelembabab yang ada pada burung. Waktu penjemuran ditingkatkan dengan bertahap hingga bulu-bulunya benar-benar telah kuat. Paling tidak setelah 2 bulan setelah pross mabung selesai.

Berikan Tambahan Extra Food (EF)

Pakan Tambahan Lovebird
Pakan Tambahan Lovebird

Makanan tambahan dibutuhkan pada waktu lovebird sudah pada tahap akhir perontokan bulu. Berilah jagung muda, kuaci dan juga daun kangkung dengan bergantian dengan porsi yang lebih banyak dari pada biasanya.

Anda bisa memberi multivitamin serta mineral untuk membangun metabolisme tubuh lovebird. Misalnya anda bisa memberikan telur rebus. Telur ada kandungan protein tinggi dan biotin yang begitu dibutuhkan lovebird pada waktu mabung.

Ambilah bagian kuning telor dipotong kecil-kecil kemudian letakkan pada cepuk khusus. Atau dikeringkan terlebih dulu caranya dengan dijemur atau dengan cara dimasukkan oven.

Siapkan tulang sotong setiap hari untuk sumber kalsium lovebird supaya bulu-bulunya tumbuh dengan kuat. Campurkan biji kwaci di wadah pakannya, porsinya dapat anda tambah.

Kandungan vitamin E yang ada pada biji kwaci dapat menjadikan bulu lovebird semakin mengkilap. Berikan juga jagung manis dan juga sayur yang masih segar dengan menu bervariasi.

Supaya lovebird tidak bosan serta terpenuhi nutrisinya. Makanan utama lovebird yaitu milet tetap diberikan setiap hari. Sebaiknay milet dicampurkan minyak ikan terlebih dahulu agar bulu-bulu lovebird bisa tumbuh lebih kuat dan bisa semakin mengkilap.

Lakukan Pemasteran

Pemasteran merupakan cara merawat lovebird mabung yang harus anda dilakukan. Pada waktu lovebird dalam proses mabung, lovebird pada umumnya akan lebih banyak diam akan tetapi mendengar. Masa ini cocok untuk melakukan pemasteran karena lovebird akan mudah mengingat suara masteran tersebut.

Tinggalkan Komentar