Cara Merawat Burung Murai Batu Borneo Yang Baik

Murai batu borneo sekarang ini sudah banyak digemari oleh para pecinta burung kicauan yang ada di luar Kalimantan.

Bahkan untuk kelas murai batu borneo saat ini dapat dijumpai dalam beberapa wilayah yang ada di Pulau Jawa.

Burung murai batu ini termasuk salah satu jenis burung kicauan yang banyak dipelihara oleh para pecinta burung. Hal ini disebabkan jenis burung ini termasuk burung yang cantik dengan suara kicauan yang indah.

Memelihara burung murai batu bahkan dinilai sebagai satu hal yang membanggakan, dan juga dianggap sangat menyenangkan. Bangga memelihara burung ini, sebab burung ini punya kelas tersendiri di kalanganpecinta burung kicauan.

Selain itu merawat burung murai batu borneo memerlukan perjuangan dan penuh tantangan.

Perawatan Murai Batu Borneo juga disa dijadikan sebagai bekal bagi anda semua yang memelihara burung ini di rumah mereka.

Dengan begitu mereka bisa merawat burung yang satu ini menggunakan cara yang terbaik. Dengan demikian, burung akan tumbuh sehat serta nantinya bisa memiliki suara indah yang bisa membuat anda bangga.

Cara Merawat Burung Murai Batu Borneo

Cara Merawat Burung Murai Batu Borneo
Cara Merawat Burung Murai Batu Borneo

Cara merawat burung murai batu borneo tidak jauh berbeda dari murai batu asal Sumatera. Hal terpenting di sini antara lain selalu memperhatikan kebutuhan mandi, jemur, dan pemberian pakan tambahan / extra fooding (EF).

Berbicara tentang perawatan Murai Batu Borneo, Anda harus memperhatikan beberapa hal untuk mendapatkan hasil yng terbaik.

Ada hal yang harus anda perhatikan ketika merawat burung murai batu borneo, diantaranya sebagai berikut:

1. Menyiapkan sangkar burung Murai Batu Borneo

Sangkar Burung Murai Batu Borneo
Sangkar Burung Murai Batu Borneo

Cara merawat burung Murai Batu Borneo harus anda perhatikan mengenai sangkarnya. Pada umumnya, Murai Batu Kalimantan ini tidak perlu menggunakan kandang dengan bentuk tertentu.

Namun, kandang tersebut sebaiknya dalam kondisi yang bersih. Hal ini juga begitu penting supaya kandang tersebut bisa sehat serta nyaman untuk burrung Murai Batu Borneo tinggal.

Selain memilihkan kandang yang tepat anda sebaiknya juga harus mengeluarkan burrung dari kandangketika waktu tertentu. Untuk waktu yang paling tepat yaitu sekitar jam 05.00 hingga jam 06.00.

Dalam jam tersebut udara masih terasa segar. Dengan begitu , hal tersebut sangat baik untuk melakukan perawatan Murai Batu Borneo.

2. Pola makan untuk burung Murai Batu Borneo

Cara merawat burung Murai Batu Borneo, Anda juga sebaiknya terus memperhatikan pola makan untuk burrung Murai Batu Borneo yang paling baik.

Menu makanan yang pas anda berikan untuk burrung ini adalah kroto. Sebaiknya anda memiliki kroto yang masih segar dan juga bersih.

Tak hanya itu saja, Anda juga bisa memberikan makanan seperti halnya jangkrik. Berikanlah jangkrik sejumlah 25 ekor setiap hari.

3. Pilih cara memandikan yang terbaik

Bagi anda pecinta burung kicauan yang memelihara burung Murai Batu Borneo, Anda sebaiknya mengetahui tentang cara terbaik dalam memandikannya.

Cara merawat burung Murai Batu Borneo ini bisa anda lakukan dengan cara memandikannya setiap hari.

Akan tetapi apabila burung sedang disiapkan untuk dilombakan, maka terlebih dulu Anda tidak memandikannya selama kurang lebih 2 hari sebelum berlomba.

Hal ini sangat penting untuk dilakukan staminanya bisa tetap fit.

4. Berikan multivitamin dengan tepat

Perawatan Murai Batu Borneo yang berikutnya yaitu dengan memberikannya multivitamin yang tepat. Berikan juga yang sekiranya cocok untuk burung murai batu borneo yang anda pelihara.

Dengan multivitamin tersebut, kesehatan dan kebugaran burung itu bisa menjadi selalu terjaga.

Tinggalkan Komentar