Cara Merawat Burung Kakatua Agar Tetap Tampil Cantik

Kakatua merupakan jenis burung yang memiliki kemampuan sangat luar biasa. Burung ini juga memiliki kriteria yang setia. Selain itu pada bagian bulunya sangat lembut dan juga sangat indah dipandang.

Lebih menariknya lagi, burung yang satu ini sangat cerdas atau pintar kemudian selalu ingin tau sesuatu yang baru.

Tipe karakteristik yang dimiliki oleh burung kakatua yang senang memamerkan diri.

Dan semua itu membuat tingkahnya tersebut tampak semakin lucu dengan membentangkan bagian sayapnya.

Merawat Burung Kakatua
Merawat Burung Kakatua

Bagian kepalanya senang naik turun, menari dan juga suka berteriak. Mereka begitu aktif dan selalu ingin tau tentang lingkungan yang ada di sekitarnya.

Tak hanya memiliki kecerdasan yang tinggi saja, burung kakatua juga memiliki karakter yang sangat setia terhadap majikannya atau pemeliharanya.

Tidak hanya itu saja, burung kakatua ini juga sering bertingkah lucu seperti membentangkan kedua bagian sayap sambil menaikturunkan bagian kepalanya.

Burung paruh bengkok ini juga selalu ingin tahu dan begitu menarik untuk diajak bermain-main. Akan tetapi, masih banyak dari pemilik atau pemelihara burung kakatua yang tak memberikan perawatan sebagaimana mestinya.

Banyak burung kakatua yang bulu-bulunya terlihat kusam atau bahkan bulunya rusak, sebab pemilik malas memandikannya.

Banyak juga burung kakatua yang mengalami kekurangan gizi sebab hanya diberi pakan yang seadanya.

Penempatan Burung Kakatua

Dalam merawat burung kakatua, kakatua dapat ditempatkan pada kandang besi atau memakai tenggeran khusus burung paruh bengkok.

Akan tetapi perlu untuk diperhatikan, penempatan burung kakatua dalam kandang besi sebaiknya tidak dilakukan secara terus-menerus.

Namun setiap akhir pekan, atau beberapa kali dalam seminggu, kakatua dianjurkan dipindahkan ke tenggeran khususnya.

Hal ini tujuannya untuk memudahkan pemilik atau keluarganya di dalam melakukan interaksi langsung dengan burung kakatua peliharaannya.

Selanjutnya nantinya akan tercipta ikatan yang dapat menjadikan burung kakatus semakin setia kepada pemiliknya atau pemeliharanya dan orang yang ada di sekitarnya.

Memandikan

Merawat burung kakatua peliharaan yang baik seharusnya anda selalu memndikannya. Caranya dengan mandi pancuran atau berendam dalam waktu seminggu sekali.

Tujuannya untuk mengumpulkan debu pada bagian sayap dan supaya bulu burung punya bentuk yang bagus.

Pemandian dengan pancuran bisa lebih bagus jika dibantu dengan tangan yang menahan semprotan air atau selang yang diberikan spray head yang bagus dan menggunakan air yang hangat kuku.

Dan mangkuk untuk berendam /wadah keramik dengan ukuran 12-14inc atau (30-35cm) bisa ditempatkan pada bawah kandang atau tinggi /jarak dari lantai 39inc ataupun 1 meter jika kandang memiliki burung yang ukurannya besar.

Dengan dimandikan, burung kakatua peliharaan anda akan lebih terawat dan bulunya akan terlihat cantik.

Pakan Burung Kakatua

Makanan Burung Kakatua
Makanan Burung Kakatua

Akan tetapi, selama ini tidak banyak prang memelihara burung kakatua yang mengetahui jenis pakan apa yang dapat diberikan kepada burung kakatua peliharaannya.

Bahkan banyak di antara para pemelihara yang hanya memberikan pakan berupa pisang dan juga memberikan makanan berupa jagung saja setiap harinya.

Jenis pakan yang dapat diberikan kepada burung kakatua adalah campuran bijian yang terdiri dari kacang-kacangan, jagung, dan juga biji kuaci (biji bunga matahari).

Dalam merawat burung kakatua anda perlu memberikan pakan tambahan yang berupa buah-buahan seperti apel, pepaya, mangga, dan lainnya.

Kemudian pakan tambahan tersebut dipotong-potong kecil, selanjutnya dicampurkan dalam wadah pakannya.

Demikian ulasan mengenai cara merawat burung kakatua peliharaan anda dirumah agar bulunya tetap cantik dan kakatua tetap sehat dan gacor. Semoga bermanfaat bagi anda yang membacanya.

Tinggalkan Komentar