Tips Memelihara dan Merawat Burung Anis Macan Agar Bisa Gacor

Burung Anis Macan termasuk salah satu Jenis Burung Anis yang memiiliki suara kicauan terdengar indah.

Meskipun kalah populer dengan jenis Anis Kembang serta burung kicau Anis Merah, namun suara kicauan dari burung anis macan ini memang bisa mengalahkan kedua jenis burung yang sudah populer tersebut.

Kemudian untuk keunggulan yang dimiliki burung Anis Macan ini antara lain yaitu memiliki bentuk tubuh yang tampak sangat cantik.

Selain itu juga mempunyai khualitas suara ygang dapat diandalkan yang tidak berbeda jauh dengan suara kicaun jenis burung kicau yang lainnya.

Ciri Burung Anis Macan

Ciri Burung Anis Macan
Ciri Burung Anis Macan

Burung anis macan memiliki ciri yang unik. Untuk ciri burung Anis Macan sendiri yaitu memiliki warna tubuh yang kebanyakan berwarna coklat. Akan tetapi pada bagian bawahnya berwarna putih dan juga ada warna hitam.

Selain itu juga mempunyai sisik sisik unik pada tubuhnya dengan warna kuning pada bagian tepi bulu. Burung Anis Macan ini pun juga memiliki paruh yang berwarna cokelat gelap.

Pada bagian kaki berwarna merah jambu dan tentu saja mempunyai khualitas suara kicauan yang terdengar sangat bagus. Dan inilah yang membuat burung anis macan diminati ataupun dicari oleh para pecinta burung kicauan di Indonesia.

Cara Merawat Burung Anis Macan

Merawat Burung Anis Macan
Merawat Burung Anis Macan

Jenis burung anis macan ini bisa memiliki kualitas suara yang sangat bagus jika anda bisa merawat burung anis macan ini dengan baik.

Jenis burung keluarga dari burung anis ini pastinya begitu cocok untuk burung kicau peliharaan di rumah anda. Sebab jenis dari burung ipunya kemampuan dapat menirukan suara kicauan dari burung kicau jenis lainnya.

Misalnya seperti suara Burung Anis Merah, Anis Kembang, Murai Batu, Kacer dll. kehidupan asli dari burung anis ini kebanyakan hidup di hutan lembab yang khususnya yang dekat dengan sumber air.

Untuk habitat aslinya di alam sekarang ini dapat dikatakan hampir punah dan juga jarang dijumpai. Hal ini disebabkan banyaknya perluasan lahan dengan cara di bakar.

Dengan demikian, bagi anda yang punya jenis dari Burung Anis ini alangkah baiknya anda dapat menangkarkan agar jenis burung ini tidak punah. Selanjutnya dari burung anis ini juga dapat dinilai sangat istimewa.

Sebab burung ini dapat menirukan jenis suara dari kicauan burung lain dan juga dapat Ngerol dan juga gacor. Di dalam memeliharanya anda harus merawat burung anis macan dengan sebaik mungkin.

Perawatan Harian Burung Anis Macan

  • Saat pagi hari, burung tersebut sebaiknya diembunkan kurang lebih sekitar jam 04.30 hingga jam 05.30.
  • Lalu jam 06.30 sebaiknya dimandikan, dengan di masukan pada keramba pemandian setiap harinya.
  • Rutin membersihkan sangkar burung tersebut dari kotoran yang menempel pada sangkar.
  • Jangan lupa juga untuk mengganti air minumnya dan tambahkan pakan voer apabila dirasa kurang.
  • Berikan juga jenis pakan tambahan seperti halnya jangkrik 3 ekor dan juga cacing 2 ekor setiap paginya.
  • Anda juga bisa memberikan jenis pakan buah – buahan seperti pisang kepok serta pepaya.
  • Sesudah itu burung anda jemur hingga jam 09.30.
  • Lalu anda angin – anginkan di teras rumah ataupun dapat anda gantangkan di bawah pohon yang rindang sampai sore hari.
  • Lalu bersihkan lagi sangkarnya dan tambahkan juga air minum dan pakan voernya jika dirasa kurang.
  • Burung anis tersebut anda masukan kembali ke dalam keramba.
  • Kemudian anda masukan ke dalam sangkar burung tersebut kemudian anda angin – anginkan sejenak sampai terlihat cukup kering.
  • Kemudian anda kerodong dan masukan ke dalam rumah. dan biarkan burung anda istirahat dan berikan masteran suara.

Tinggalkan Komentar