Cara Merawat Anakan Burung Pleci Paling Mudah

Burung pleci merupakan burung kicauan yang sudah sangat populer di kalangan para pecinta burung kicauan. Sebab burung ini memiliki suara kicauan yang unik dan khas.

Burung pleci ini juga sering disebut dengan burung kacamata. Burung yang pada umumnya memiliki warna hijau ini juga cantik digunakan sebagai penghias rumah.

Oleh sebab itu, burung ini juga kerap untuk dijadikan ladang bisnis. Guna memperoleh keuntungan terhadap burung ini, anda dapat menangkarnya atau ternak burung pleci ini.

Merawat Anakan Burung Pleci
Merawat Anakan Burung Pleci

Dan sesudah itu, burung pleci anakan juga bisa anda rawat supaya nantinya tumbuh sebagai burung pleci yang memiliki kicauan yang cukup merdu.

Burung pleci dengan kicauan yang merdu pada umumnya dihargai dengan harga yang mahal.

Apabila anda berminat memelihara burung pleci ini, ada lebih baiknya apabila anda mengetahui cara merawat anakan burung pleci sejak masih trotolan.

Ciri Khas Burung Pleci

Ciri khas yang paling menonjol pada burung pleci yaitu terdapat warna putih melingkar di bagian mata. Burung ini asalnay dari daerah tropis.

Pada bagian sayapnya melingkar dan juga memiliki kaki yang cukup kuat. Ukurannya termasuk kecil dengan panjang sampai dengan 15 cm.

Warna bulunya pada umumnya adalah hijau keabu-abuan. Untuk makanan dari burung pleci diantaranya yaitu serangga, buah-buahan kecil serta nektar.

Apabila bertelur dapat mencapai 2 sampai dengan 4 butir sekaligus. Burung pleci anakan yang menetas dari telur akan bisa terbang dalam beberapa hari kemudian.

Inilah yang menjadikan banyak anakan yang terdampar pada pohon atau pada rumah-rumah.

Cara Merawat Anakan Burung Pleci

Anda yang mempunyai burung pleci anakan, baik itu yang anda peroleh secara liar atau dari anda membeli, sebaiknya harus tahu cara merawatnya. Merawat burung pleci anakan kuncinya yaitu ketelatenan dan juga kesabaran.

Makanan Anakan Burung Pleci

Anakan Burung Pleci
Anakan Burung Pleci

Untuk bisa bertahan hidup serta tumbuh berkembang, pastinya anakan ini memerlukan makanan yang cukup.

Makanan yang tepat untuk burung pleci anakan ini antara lain adalah voer yang sudah dicampur air serta kroto dan kemudian dijadikan adonan khusus untuk burung.

Cara memberi makanannya juga harus dilakukan dengan tepat. Anakan dari burung pleci ini pada umumnya tidak mau makan sendiri.

Oleh sebab itu, anda harus melolohinya dengan cara membuka paruhnya kemudian masukkan adonan voer tersebut ke dalam paruhnya.

Setelah burung anakan agak besar, baru bisa ditambahkan dengan kroto, jangkrik ataupun ulat untuk mendukung pertumbuhannya.

Pemilihan voer juga tidak dapat sembarangan. Pilihlah voer yang lembut supaya mudah untuk dicerna. Pada voer ini anda bisa menambahkan juga dengan multivitamin.

Kandang Burung Pleci

Bersihkan kandang burung pleci anakan dengan cara yang rutin. Kebersihan kandang juga akan menjadikan anakan pleci supaya terjaga kesehatannya.

Selanjutnya, jauhkan kandang dari gangguan hewan lain seperti tikus, kucing ataupun ayam. Kandang anakan pleci lebih baik anda taruh pada tempat yang memiliki sirkulasi udara yang bagus pada waktu musim panas.

Penyesuaian suhu kandang bisa juga anda lakukan dengan mengatur ventilasi kandang pada waktu musim hujan. Tujuannya supaya anakan ini tidak merasa kedinginan.

Apabila anakan pleci ini sudah cukup besar, anda sebaiknya harus rutin memandikannya dengan cara disemprot dengan spray.

Merawat anakan burung pleci sebaiknya dilakukan dengan tepat guna mendapatkan burung pleci dewasa yang sehat serta memiliki kicauan yang merdu.

Keunikan dari burung pleci ini yaitu bisa menirukan kicauan dari burung lain. Apabila anakan pleci sudah bisa berkicau dengan menirukan kicauan burung lain, itu artinya anakan pleci tersebut berada dalam keadaan yang sehat.

Tinggalkan Komentar