Cara Paling Mudah Menjinakkan Burung Nuri Yang Liar

Burung nuri atau yang sering disebut juga dengan nama burung bayan ini merupakan kelompok jenis burung yang memiliki ukuran sedang.

Kemudian dengan ukuran panjang burung kurang lebih adalah 43 cm. Lalu, burung ini masuk pada jenis burung paruh bengkok.

Akan tetapi burung yang satu ini bisa dikatakan berbeda dari burung paruh bengkok jenis yang lain.

Banyak para ahli burung yang asalnya dari eropa menyangka apabila burung nuri jantan dan juga betina itu termasuk dua spesies burung yang berbeda.

Dan ini dikarenakan warna dari bulu kedua burung tersebut berbeda dan tampak sangat mencolok.

kadang kadang, kita membeli burung kicau atau Burung Nuri yang telah berusia dewasa dari penjual burung. Dan salah satu kelemahan saat membeli burung yang sudah dewasa, pada umumnya kita memerlukan waktu untuk menjinakkannya.

Menjinakkan Burung Nuri
Menjinakkan Burung Nuri

Meskipun burung nuri ini sudah dikenal mudah sekali jinak tapi tetap saja, kita harus mengenal beberapa proses serta langkah-langkahnya.

Karena Burung Nuri yang punya bentuk paruh bengkok, cukup tajam serta kuat akan begitu berbahaya apabila mematuk.

Oleh karena itu, burung yang masih galak atau liar harus diperlakukan dengan beberapa cara menjinakkan burung nuri berikut ini.

Membuat Kandang Yang Cocok

Membuat kandang yang cocok untuk jenis burung ini adalah cara tepat menjinakkan burung nuri. Lalu, untuk jenis kandang yang cocok untuk dipakai burung ini yaitu jenis kandang terbuka.

Jadi, anda mencoba untuk membuatnya memakai pipa besi yang ukurannya kecil serta dibuat menjadi persegi, atau dapat juga anda menjadikan kandangnya dengan kayu.

Selanjutnya diberi pembatas menggunakan kawat baja tipis untuk dindingnya. Dalam penempatan posisi kandang yang baik yaitu pada tempat yang ramai.

Atau dapat juga anda menepatkan kandang itu di bagian sisi rumah yang sering banyak dilewati oleh banyak orang.

Hal ini tujuannya sebagai cara melatih sang burung supaya jadi terbiasa dengan keadaan yang ramai.

Memandikan Burung

Cara menjinakkan burung nuri berikutnya yaitu dengan memandikan burung dengan cara menyemprot burung sampai burung menjadi basah.

Tapi, sebaiknya jangan sampai anda menyemprotkan pada bagian telinganya. Sebab pada bagian telinga dari burung tersebut itu lebar.

Dan tidak masalah untuk burung terbang kesana-kemari pada saat burung sedang dimandikan.

Dan sesudah burung tersebut benar-benar basah kesemuanya, maka yang dilakukan anda tinggal menjemur burung tersebut menggunakan sinar matahari sampai bulu bulunya benar-benar kering.

Memberikan Makan dengan Tangan

Memberikan Makan dengan Tangan
Memberikan Makan dengan Tangan

Cara ini memang sedikit membahayakan bagi anda, akan tetapi apabila anda memanfaatkan sarung tangan yang sedikit tebal, maka anda tidak harus merasa khawatir memberikan makanan dengan menggunakan tangan secara langsung.

Memberikan biji-bijian, milet, biji bunga matahari, biji jagung dan jenis makanan lain-lain dengan memakai tangan anda akan menjadikan burung nuri peliharaan anda semakin jinak.

Ajak Burung Nuri Bermain

Bermain merupakan salah satu dunia Burung Nuri. Beberapa orang bahkan ada yang bisa melatih burung ini melakukan atraksi menarik tertentu.

Anda juga bisa mengajak Burung Nuri bermain-main dengan menggunakan bola.

Bertambah sering anda berinteraksi dengan burung maka aka semakin mudah pula burung nuri berubah menjadi jinak.

Melatih Nuri Berbicara

Semakin kerap anda berinteraksi dengan Burung Nuri yang anda pelihara, maka akan semakin mudah juga burung tersebut berubah menjadi jinak.

Anda juga harus meluangkan banyak waktu dalam mengajaknya berbicara ataupun melatihnya mengucapkan satu atau dua patah kata saja.

Dengan demikian, burung tersebut akan lebih mengenal anda dan tidak takut lagi pada manusia

Tinggalkan Komentar