Mengetahui Cara Mengatasi Sisa Makanan Pada Tembolok Lovebird

Lovebird merupakan salah satu jenis burung paruh bengkok yang mudah dalam perawatan. Ketika memelihara anakan Lovebird, meloloh Lovebird memang harus anda lakukan setiap hari dengan baik dan benar. Namun, biasanya ada sisa makan di tembolok, sehingga anda harus bisa mengatasi sisa makanan pada tembolok Lovebird yang anda pelihara

Lovebird yang makanan kurang tercerna dengan baik atau selalu ada sisa makanan ditemboloknya bisa terjadi. Sebab proses pencernaan pada piyik kan lovebird tidak berhasil dengan sempurna.

Jika dibiarkan, maka dapat mengakibatkan kematian pada piyikan Lovebird peligharaan anda tersebut. Bisa jadi ransum tidak masuk ke tembolok lovebird dan dalam waktu 3 hari Lovebird akan mati.

Penyebab Sisa Makanan Pada Tembolok Lovebird

Apabila posisi ransom atau sisa makanan yang kemungkinan tidak masuk itu tersangkut di leher. Bisa jadi ini dinamakan dengan pengerasan tembolok lovebird. Dalam kasus ii pada umumnya tembolok membesar. Apabila dipegang kadang juga akan terasa keras.

Cara Mengatasi Sisa Makanan pada Tembolok Lovebird

Cara Mengatasi Sisa Makanan pada Tembolok Lovebird
jenisburung.co

Pengolahan Makanan

Di dalam mengolah makanan yang akan digunakan dalam melolohan piyik Lovebird, lebih baik anda memakai air panas yang benar – benar sudah matang.

Tak hanya bebas kuman, air panas juga bisa menjadi lebih memudahkan dalam proses pengolagan pakan serbuk yang dalam keadaan kering menjadi bubur siap loloh untuk piyikan dari Lovebird.

Selanjutnya, pabila pakan tersebut telah tercampur dengan baik, anda bisa menunggu sejenak supaya bubur itu tidak akan panas pada saat akan diberikan pada piyikan lovebird. Untuk pengolahan makanan dianjurkan jangan pakai secara berulang.

Tujuannya agar makanan olahan bisa selalu fres dan baru, misal kita olah pagi maka bisa digunakan untuk meloloh piyik pagi saja. Dan apabila ada sisa sebaiknya kita buang dan jangan diberikan ketika siang harinya.

Menjauhkan Lovebird dari Benda Asing

Untuk mengatasi sisa makanan pada tembolok Lovebird, anda bisa menjauhkan maupun menghindari lovebird agar tidak memakan benda-benda asing untuk burung yang usianya dewasa untuk memudahkan pencernaan.

Salah satunya yaitu dengan memberikan tambahan grit/ asinan/ batu bata di tempat makanan terpisah (khususnya jika makanan sukar dicerna, misalnya saja banyak mengandung jagung yang ukuran nya terlalu besar).

Pemberian Obat

Mengatasi Ransom Pada Lovebird
omkicau.com

Jika tembolok lovebird sudah mengeras, Lovebird sebaiknya anda beri obat tembolok sehari 3 x untuk lovebird dewasa. Lalu dengan sehari 2x untuk yang masih usia anakan.

Tembolok lovebird selanjutnya bisa anda pijat-pijat sampai lunak dan juga diusahakan isinya dimuntahkan. Apabila Lovebird tersebut sudah muntah jauh lebih gampang dari pada dengan tombolok yang tidak turun.

Sebab, perlu anda tau jika untuk tombolok tidak turun, maka akan terjadi pembusukan dari sisa makanan yang ada tersebut. Sebaiknya anda kuras sisa makanan yang ada di tombolok.

Dalam mengatasi sisa makanan pada tembolok Lovebird bisa dilakukan dengan cara dispet air lalu burung dibalik posisi kebawah dan mulut dibuka kemudian tekan pada bagian tomboloknya.

Anda bia memberikan tablet saat tembolok kosong. Jika sudah besok siangnya coba mulai dispet bubur olahan yang memiliki tekstur encer dan malam juga selama 2 hari.

Dan ketika hari ke 3 coba anda bisa coba berikan makanan dengan kekentalan yang biasanya. Jika sudah tidak muntah atau turun, maka lanjutkan pemberian makan yang menggunakan porsi serta olahan seperti biasanya di hari ke empat serta seterusnya.

Tinggalkan Komentar