Mengetahui Cara Mengatasi Kacer Nyilet Paling Efektif

Memelihara burung kacer pastinya tak lepas dari masalah. Selain burung kacer kegemukan, terkadang kacer juga ada yang mengalami nyilet atau kurus. Kacer yang kegemukan pada umumnya dipengaruhi banyaknya pakan burung kacer yang dengan nutrisi yang cukup. Lalu, untuk burung nyilet disebabkan oleh kurangnya gizi dalam setiap makanan yang dikonsumsi oleh burung.

burungpedia.com

Burung kacer yang nyilet pada umumnya kondisi kesehatan serta tenaganya menurun. Dengan demikian burung akan menjadi cenderung agak lemes. Bahkan perilaku yang diperlihatkan juga tidak akan selincah hari-hari biasanya. Dengan demikian, burung seperti ini akan menjadi sangat sulit untuk dikondisikan dan siap untuk dilombakan.

Cara Mengatasi Kacer Nyilet

Untuk anda yang mengalami masalah pada burung kacer peliharaan anda, seperti nyilet , sebaiknya anda segera mencari cara untuk mengatasinya. Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kacer yang nyilet seperti berikut ini.

Pemberian Pakan Tambahan Yang Cukup

Burung kacer yang tidak memperoleh asupan EF yang memadai akan menjadi nyilet. Karena, tubuh tidak memperoleh nutrisi yang cukup setiap harinya. Sedangkan untuk idealnya, asupan jangkrik setiap harinya untuk tiap burung pastinya berbeda-beda. Akan tetapi, 10 ekor jangkrik setiap hari dapat membantu memenuhi kebutuhan burung pada nutrisi tersebut.

Apabila anda tidak ingin kacer kesayangan anda mengalami nyilet, segera penuhi kebutuhan nutrisi tubuh burung itu untuk setiap harinya dengan pemberian EF yang cukup. Berikan jangkrik kurang lebih 5 ekor pagi dan sore setiap hari. Dan jika terlanjur nyilet, maka sebaiknya berikan EF dengan takaran lebih banyak. Tujuannya tak lain agar hasilnya bisa lebih maksimal.

Dalam hal ini, jangan merasa khawatir jika kacer anda menjadi OB (over birahi) sesudah diberikan jangkrik banyak. Selama anda semua dapat mengontrol dan meredam birahi burung dengan cara memandikanya dengan rutin, burung kacer anda keadaannya akan tetap baik-baik saja.

Namun, apabila anda semua merasa khawatir tidak bisa mengendalikan birahi burung kacer anda tersebut, maka anda harus bisa lebih waspada. Pada saat burung kacer anda menunjukkan gejala birahi berlebih, anda bisa menurunkan kembali jumlah pemberikan jangkrik. Kemudian, anda bisa mengimbangi dengan mandi dengan rutin juga di setiap hari.

Pemberian Pisang Kepok

Cara mengatasi kacer nyilet selanjutnya bisa anda berikan pisang kepok. Tidak hanya cucak ijo atau pleci yang doyan makan buah. Akan tetapi burung kacer pun bisa senang sekali makan dengan pisang kepok. Nah, pisang kepok ini sangat penting anda berikan untuk burung kacer yang mengalami nyilet. Karena, pisang terdapat kandungan nutrisi yang penting sekali untuk membantu menggemukkan kacer yang nyilet..

hewan peliharaan.org

Untuk cara pemberiannya, anda bisa memberikan pisang pada waktu burung kacer sedang lapar, terlebih lagi sesaat setelah burung dientas dari jemuran. Namun, sebelum dijemur, burung hanya diberikan jangkrik satu saja untuk mengganjal perutnya yang kosong. Saat penjemuran sebaiknya anda mengosongkan voer.

Sesudah anda mengangkatnya dari jemuran, sebaiknya burung kacer anda diangin-anginkan terlebih dahulu, dan setelah itu anda bisa masukkan pisang yang telah dibuang kulitnya. Apabila burung kacer anda tetap tidak mau makan pisang, sebaiknya anda semua pisang tersebut dalam cepuk dan taruh di tempat biasa Anda meletakkan cepuk voer atau EF. Jika anda telaten melakukannya biasanya kacer sudah mau makan dengan lahap.

Cara mengatsi kacer nyilet ini akan berhasil anda lakukan jika anda mau melakukannya dengan penuh kesabaran dan ketelatenan. Penuhi juga nutrisi burung kacer. Namun jangan sampai berlebihan di dalam memberikannya.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.