5 Jenis Bahan Untuk Sarang Burung Kenari Yang Paling Cocok

Burung kenari termasuk salah satu jenis burung yang banyak sekali untuk ditangkarkan atau yang dibudidayakan. Di dalam membudidayakan burung kenari sebenarnya caranya tidaklah sulit. Akan tetapi, anda perlu merawatnya dengan baik dan benar.

Salah satu yang sebaiknya anda diperhatikan yaitu sarang yang akan digunakan dalam proses perkembangbiakan burung kenari. Sebab sarang nantinya akan digunakan untuk menaruh telurnya dan mengeraminya hingga menetas.

kicauanjuara.blogspot.com

Jenis Bahan Untuk Sarang Burung Kenari

Perlu anda ketahui jika ada beberapa jenis bahan yang cocok sekali digunakan untuk membuat sarang burung kenari. Berikut ini adalah penjelasannya.

1. Sarang dari Serat nanas

Salah satu jenis bahan yang cocok anda jadikan sebagai sarang burung kenari yaitu serat nanas. Bahan untuk sarang burung kenari ini sering digunakan peternak burung kenari di Indonesia sebab mudah dijumpai. Tak hanya itu saja, bahan serat nanas ini juga terasa lembut serta nyaman untuk perkembangbiakan burung kenari.

Di dalam membuat sarang dari serat nanas, anda bisa pilih serat nanas yang tidak terlalu kasar akan tetapi juga tidak terlalu lembut. Sebelum anda pakai, pastikanlah serat nanas pada kondisi bersih yaitu terlebih dahulu anda harus mencucinya. Sesudah dicuci keringkan serat nanas, selanjutnya bisa dibentuk menjadi sarang yang nyaman untuk burung kenari.

2. Sarang dari Serat kapas

Pada saat berada di alam liar, burung kenari sering membuat sarang dengan memakai serat kapas yang mereka temukan di pohon kapas. Serat kapas ini dipilih burung kenari sebab mempunyai tekstur halus, lembut dan juga bisa lebih hangat.

Untuk anda para peternak burung kenari, kapas dapat dipakai untuk bahan tambahan sarang burungnya. Langkahnya yakni dengan meletakkan kapas di dalam sarang yang terbuat dari serat goni atau dari serat nanas. Kapas juga akan menjadikan sarang lebih nyaman serta hangat pastinya.

3. Serat Sabut Kelapa

klanggenan.com

Tak hanya serat nanas, serat atau sabut kelapa juga kerap dijadikan sebagai bahan untuk sarang burung kenari. Tekstur serat kelapa ini juga dinilai hampir sama dengan serat nanas. Perbedaannya yaitu sedikit lebih kasar jadi harus ada penanganan lebih.

Namun, untuk anda yang tidak mau membuat sendiri, banyak juga sarang sabut kelapa yang praktis tinggal pasang yang dijual di pasaran. Agar kenyamanannya bertambah, anda dapat menambahkan kapas atau sobekan kertas untuk sarang ini.

4. Serat Goni

Sarang burung kenari dari serat karung goni ini merupakan jenis sarang yang paling kerap digunakan untuk sarang burung kenari. Pada umumnya, sarang ini terbuat dari serat karung goni bekas beras atau jagung.

Sebelum dipakai untuk membuat sarang, karong goni sebaiknya diurai seratnya, selanjutnya dicuci sampai bersih. Sesudah kering barulah serat itu dibentuk menjadi sarang. Bahan sarang burung kenari ini juga paling sering di gunakan peternak burung kenari.

5. Rumput kering

Tak hanya menggunakan kapas, pada saat berada di alam liar burung kenari juga pada umumnya sering membuat sarang dari rumput-rumput kering yang memang banyak dijumpai disekitar habitat mereka.

Rumput ini dipilih sebab mempunyai tekstur yang lentur. Dengan demikian mudah mereka bentuk menjadi sangkar. Untuk sekarang ini, beberapa peternak juga akan mencoba rumput kering untuk dijadikan bahan alternatif menyusun sarang untuk burung kenari. Sebab, gampang ditemukan di sekitar mereka.

Selain itu, anda bisa menggunakan bahan sarang burung kenari dari daun cemara kering, serat rambut atau bulu hewan serta bahan-bahan lain. Yang mana mempunyai tekstur lembut dan nyaman untuk dijadikan bahan pembuat sarang.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar