Ini Dia Cara Mengenali Anakan Murai Batu Berkualitas

Bagi kalangan pencinta burung tentunya sudah tidak asing lagi dengan jenis burung yang satu ini. Murai Batu, burung ini merupakan salah satu jenis burung bersuara bagus yang cukup banyak dipelihara di Indonesia, tidak hanya dipelihara sebagai burung ocehan di rumah, tapi juga kerap kali diikutsertakan dalam ajang kontes burung kicau.

Bagi para pencinta burung, pastinya sudah tahu ciri bakalan Murai Batu yang berkualitas. Namun, bagi para pemula, memilih anakan Murai Batu yang baik tentunya menjadi hal yang sedikit membingungkan.

Untuk mengetahuinya, Anda harus memperhatikan terlebih dahulu ciri-ciri fisik maupun suara burung tersebut. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan burung Murai Batu yang memiliki kualitas bagus, terlebih lagi bagi Anda yang hobi pada kontes burung berkicau.

Untuk mengenali anakan Murai Batu yang berkualitas bagus, perhatikanlah ciri-cirinya sebagai berikut:

  1. Suara atau Ketrekan
Suara Murai Batu
Suara Murai Batu – Budidayakenari.com

Anakan Murai Batu yang bagus dapat dilihat dari suara atau ketrekan-nya yang keras. Suara ketrekan “trek… trek… trek” pada burung Murai Batu akan diperdengarkan apabila ia merasa ada sesuatu yang mencurigakan.

Suara ketrekan yang bagus akan terdengar menyambung atau tanpa jeda yang lama. Potensi suara ini akan terus berkembang apabila Anda merawat burung tersebut  dengan baik.

  1. Ukuran dan Bentuk Fisik

Ukuran Murai Batu
Ukuran Murai Batu – Toko-Lovebird.blogspot.com

Anakan Murai Batu yang bagus memiliki bentuk tubuh yang cukup besar serta panjang. Pada saat dewasa, burung yang memiliki ukuran tubuh besar akan terlihat lebih gagah ketika sedang berkicau. Hal ino tentunya dapat memengaruhi penilaian dan mental burung lain saat disertakan dalam kontes burung kicau.

  1. Kepala

Kepala Murai Batu
Kepala Murai Batu – Mediaronggolawe.com

Kebanyakan burung Murai Batu memiliki bentuk kepala yang agak membulat. Tetapi untuk anakan yang bagus, bentuk kepala burung cenderung tidak membulat atau berkepala agak gepeng. Kepala yang agak gepeng pada burung Murai Batu akan menambah penilaian penampilan pada saat berkicau.

  1. Paruh

Paruh Murai Batu
Paruh Murai Batu – Bintang.com

Burung Murai Batu yang bagus umumnya memiliki paruh yang tidak terlalu tebal namun panjang. Murai Batu yang mempunyai paruh seperti ini akan membuat suaranya menjadi lebih keras, dan tajam.

  1. Leher

Leher Murai Batu
Leher Murai Batu – Timkicau.com

Pada umumnya Murai Batu yang bagus memiliki leher yang lebih panjang, hal tersebut akan membantu burung untuk mengeluarkan kicauan yang juga panjang. Selain membantu suara menjadi lebih panjang, leher panjang pada Murai Batu juga akan terlihat lebih gagah.

  1. Ekor

Ekor Murai Batu

Pilihlah anakan Murai Batu dengan ekor yang panjang. Jangan memilih burung yang tercabut bulu ekornya pada waktu masih anakan, karena burung akan mengalami trauma dan kurang agresif saat berkicau.

Itulah beberapa ciri Murai Batu anakan yang berkualitas. Semoga dengan mengetahui ciri fisik tersebut, Anda nantinya tidak akan salah pilih saat membeli Murai Batu yang yang berkualitas.

Tinggalkan Komentar