Mengenal Lebih Dalam Burung Jalak Bali Dari Ciri Sampai Cara Perawatan

Burung jalak merupakan salah satu jenis burung kicauan yang memiliki suara sangat merdu dan juga tampilannya sangat indah sehingga tak heran jika ada banyak orang yang menggemari burung ini, namun sayang, burung ini bisa dibilang menjadi burung langka yang harus dilindungi sehingga untuk bisa memelihara burung jalak tersebut perlu memiliki kemampuan khusus agar nantinya burung dapat dibudidayakan dan dirawat dengan baik.

Burung jalak sendiri terdiri dari beberapa spesies, salah satunya adalah burung jalak Bali. Spesies dari burung jalak Bali sendiri merupakan salah satu jenis dari burung kicauan yang mana berasal dari di Bali dan juga merupakan suatu burung kicauan yang dilindungi oleh Pemerintah Indonesia karena memang masuk ke dalam daftar jenis burung yang mulai punah karena penangkapan liar yang dilakukan oleh orang – orang yang memang tidak bertanggung jawab dan juga hanya mementingkan keuntungannya saja karena harga dari burung jalak Bali ini sangat mahal jika dibandingkan dengan harga burung jalak yang lainnya, dengan demikian tak heran jika banyak diincar oleh pemburu liar dan nantinya akan dijual kembali kepada kolektor atau pecinta burung jalak Bali.

 

Ciri Burung Jalak Bali

Burung jalak Bali sendiri memiliki beberapa ciri tersendiri seperti memiliki warna bulu yang putih di hampir semua tubuhnya, kecuali pada kali dan juga pipi muka. Sedangkan untuk mata burung jalak Bali sendiri memiliki warna cokelat tua. Kemudian burung ini juga memiliki jambul pada kepalanya sehingga akan membuat burung ini menjadi terlihat keren dan juga cantik. Untuk paruh pada burung ini juga berbentuk runcing dan juga memiliki panjang kurang lebih 2 sampai dengan 5 cm.

 

Kelebihan Burung Jalak Bali 

Burung ini juga memiliki banyak kelebihan sehingga membuat harganya cukup mahal dan menjadi daya tarik tersendiri oleh burung jalak Bali. Adapun beberapa kelebihan dari burung jalak Bali tersebut adalah memiliki warna tubuh yang terlihat sangat indah karena dibalut dengan warna putih, namun untuk bagian ekornya berwarna hitam dan untuk bagian popi ataupun muka berwarna biru, sedangkan untuk bagian kakinya berwarna abu – abu.

Kemudian untuk kualitas suara juga sangat merdu serta memiliki sifat yang periang sehingga terkadang dapat menari sembari berkicau. Terlebih lagi burung jalak jenis ini merupakan salah satu burung mewah yang mana dapat membuat pemiliknya tampak lebih elegan. Jika dilihat dari harganya, biasanya burung ini dibanderol dengan harga 5 sampai dengan 15 jutaan, tergantung dari jenis dan juga kualitasnya.

 

Cara Perawatan Burung Jalak Bali

Setiap penggemar ataupun pemilik burung jalak Bali tentu saja sering kali bertanya – tanya bagaimana caranya agar burung jalak Bali tersebut dapat berkicau dan cepat gacor. Dengan hal tersebut tentu saja kualitas dari burung tersebut akan semakin tinggi dan harga jualnya juga semakin naik. Memang untuk merawat burung jalak Bali untuk bisa gacor membutuhkan langkah yang tidak instan karena memang membutuhkan beberapa penangan yang tepat. Oleh karena itu berikut ini adalah beberapa cara untuk bisa membuat burung jalak Bali Anda menjadi lebih cepat gacor:

  1. Yang pertama tentu saja tergantung dari pemilihan jenis kelaminnya, dalam artian pemilihan jenis kelamin burung jalak tersebut merupakan suatu hal yang terpenting untuk bisa mendapatkan jalak Bali dengan kualitas kicauan yang baik. Untuk burung ini sendiri, maka ada baiknya jika Anda memilih burung dengan jenis kelamin jantan, mengapa demikian? Hal tersebut karena burung jantan akan lebih rajin berkicau jika dibandingkan dengan jalak Bali betina.
  2. Kemudian Anda juga perlu memperhatikan perawatan hariannya, agar nantinya burung tersebut bisa berkicau secara merdu, maka tentu saja Anda perlu menjaga kesehatannya. Dan untuk menjaga kesehatan dari burung tersebut, maka melakukan perawatan secara rutin sangat penting untuk Anda lakukan. Untuk perawatan harian, Anda bisa memandikan burung jalak Bali yang memang baru dibeli dengan menggunakan cara disemprot menggunakan alat penyemprot air atau sprayer. Anda perlu melakukan pemandian tersebut mulai dari jam 6 ataupun jam 7 pagi di setiap harinya. Kemudian setelah dimandikan, maka Anda perlu menjemur burung tersebut, untuk penjemuran yang maksimal, Anda bisa menjemurnya sampai dengan jam 11 siang. Selain itu Anda juga perlu menyediakan wadah air pada sudut kandang untuk tempat mandi burung. Bak mandi burung tersebut nantinya berfungsi sebagai tempat mandi burung yang mana burung tersebut bisa mandi sendiri untuk mendinginkan diri pada saat cuaca sedang panas menyengat.
  1. Lalu Anda juga perlu memperhatikan pemberian pakannya, Anda bisa memberikannya pakan yang memiliki kualitas baik untuk burung. Anda bisa memberikan makanan yang masih segar seperti pepaya, pisang dan juga voer khusus untuk burung jalak Bali. Kemudian perhatikan juga pemberian pakan tambahannya, memang berbeda dengan burung yang bebas pada alam liar, burung peliharaan memang sangat perlu untuk diberikan makanan tambahan lain untuk membantu mencegah kekurangan nutrisi, khususnya seperti kalsium dan juga vitamin. Dan beberapa makanan tambahan yang dapat Anda berikan seperti jangkrik, kroto, belalang kecil, ulat hongkong dan serangga kecil yang lainnya. Untuk pemberiannya sendiri bisa 3 sampai dengan 5 ekor di setiap pagi, siang dan juga sore hari.
  1. Anda juga perlu memperhatikan pemberian vitaminnya, pemberian vitamin untuk burung sendiri memang menjadi suatu hal yang sangat penting. kecukupan vitamin, terlebih lagi vitamin C memang sangat menentukan kondisi dari burung tersebut. Dengan pemberian vitamin yang cukup, maka nantinya burung tersebut akan fit dan juga tidak mudah untuk terserang suatu penyakit. Vitamin lain serta mineral juga sangat dibutuhkan, pada umumnya untuk bisa menunjang kesempurnaan dari metabolosme tubuh dan juga menghindari gangguan kesehatan, vitamin dan mineral sangat berperan penting. jika jalak Bali tersebut dalam kondisi yang fit, maka potensi stres dapat ditekan dan nantinya jalak tersebut akan menjadi lebih rajin berbunyi. Satu – satunya cara untuk bisa memastikan burung tersebut mendapatkan vitamin dan juga mineral yang cukup adalah dengan memberikan asupan vitamin ataupun suplemen tambahan di luar pakan utama dan juga pakan tambahan.
  1. Selain itu pemasteran suara juga sangat penting untuk Anda perhatikan, untuk melakukan pemasteran suara, maka Anda bisa menggunakan suara beberapa burung lain yang memang sudah gacor, bisa menggunakan mp3 ataupun didekatkan dengan burung lainnya. Dan untuk bisa mendapatkan suara kicau yang lebih unik, maka Anda dapat menggunakan burung halak Bali, Kenari, Gelatik ataupun Murai Batu.

Jadi itulah sekilas tentang burung jalak Bali, dan untuk Anda yang mungkin berniat membeli burung jalak Bali, maka pastikan Anda membeli burung jalak yang memang sudah memiliki sertifikat legal, meskipun burung jalak yang sudah memiliki sertifikat legal dibanderol dengan harga yang lebih tinggi, namun tidak akan ada resiko di kemudian hari. karena pembelian burung jalak Bali secara ilegal memiliki resiko penjara karena burung jalak Bali ini dilindungi oleh pemerintah.

Komentar Facebook

Komentar Blog