Mengenal Habitat dan Ciri Ciri Burung Hering Raja

Burung hering raja ialah spesies burung hering dunia baru yang berada di Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Jenis ini merupakan dalam famili cathartidae.

Pada umumnya burung hering ini sering hidup di hutan tropis dataran rendah di kawasan Meksiko Selatan sampai di Argentina Utara. Untuk saat ini hering raja merupakan anggota satu-satunya genus sarcoramphus yang di ketahui.

Ciri ciri Burung Hering Raja

Ciri ciri burung hering raja yaituu punya ukuran besar sebagian besar badannya berwarna putih. Untuk bulu-bulu bagian punggung, sayap dan bagian ekor berwarna abu-abu atau hitam.

Kepala dan lehernya botak, warna kulitnya juga berubah-ubah, misalnya seperti kuning, jingga, biru, ungu, dan merah. Burung hering raja memiliki gelambir kuning yang tampak jelas di paruhnya.

Ciri Ciri Burung Hering Raja
Ciri Ciri Burung Hering Raja

Ini termasuk burung pemakan bangkai dan sering jadi burung pertama yang datang di bangkai baru/segar. Bahkan burung ini kerap mengusir beberapa jenis burung hering dunia baru yang lebih kecil dari bangkai.

Ciri ciri burung hering raja dewasa yaitu hering dunia baru yang memiliki warna yang menarik. Burung ini memiliki warna sebagian besar putih, dengan bulu-bulu pada bagian leher, bulu terbang pada sayap serta ekornya bermacam macam dari abu-abu sampai hitam.

Sedangkan bulu putih hering raja sedikit berpadu dengan warna merah jambu sedikit kekuningan. Menjadi burung pemakan bangkai, burung hering raja memiliki paruh yang tebal dan juga kuat.

Meskipun paruh ini adalah yang paling kuat diantara jenis hering dunia baru, ukurannya tidak begitu besar jika dibanding dengan burung pemangsa yang lain. Pada bagian paruh itu memiliki ujung yang bengkok dan juga runcing, serta sisi yang tajam.

Ciri ciri burung hering ini memiliki sayap yang lebar dan juga ekor yang pendek, lebar dan juga tampak seperti persegi. Bagian matanya berwarna kekuning-kuningan dan memiliki pandangan yang cukup tajam.

Lain halnya dengan sebagian spesies hering dunia baru yang lain, hering raja ini tidak memiliki bulu mata. Hering raja juga memiliki gelambir kuning gemuk yang menyolok pada paruh jingga.

Dan untuk warna hitamnya pada bagian gelambir ini akan tidak terbentuk seutuhnya sampai jenis burung itu berumur empat tahun.

Habitat dan Persebaran Hering Raja

Hering raja memempati okasi yang diperkirakan memiliki luas sekitar 14 juta km persegi. Yaitu antara meksiko selatan dan juga Argentina Utara. Sedangkan di Amerika Selatan, hering ini tidak dijumpai di samping barat pegunungan Andes. Kecuali di Ekuador Barat, Kolombia Barat laut dan juga di ujung barat laut venezuela.

Hering raja hidup di hutan tropis dataran rendah yang tidak ada gangguandan juga sabana serta padang rumput yang berdekatan dengan hutan yang sejenis itu. Burung hering raja sering terlihat di dekat rawa-rawa di area hutan.

Habitat dan Persebaran Hering Raja
Habitat dan Persebaran Hering Raja

Hering raja pemakan bangkai ini adalah jenis yang paling banyak. Dan hanya satu yang menyebar di hutan-hutan dataran rendah primer. Akan tetapi di hutan hujan amazon, burung pemakan bangkai ini jumlahnya masih kalah banyak dengan hering yang berkepala kuning besar.

Memang untuk jenis hering ini bisa kalah banyak dengan hering berkepala kuning kecil, hering kalkun, dan juga jenis hering hitam Amerika pada habitat yang lebih terbuka.

Burung bangkai ini biasanya tidak ditemukan diatas ketinggian 1200 mtr. Jenis burung tersebut menghuni tingkat tajuk paling atas di hutan, atau berada diatas susunan kanopi dari hutan.

Tinggalkan Komentar