Mengenal Ciri Khas Burung Kakatua Koki (Cacatua galerita)

Burung Kakatua Koki adalah salah satu jenis burung Kakatua serta jenis burung bengkok selain burung Kakatua Tanimbar, Kakatua Mollucan asalnya dari keluarga Cacatuidae serta genus Cacatua.

Selain banyak disebut dengan Kakatua Koki, burung berparuh bengkok ini juga dikenal dengan nama Kakatua Jambul Kuning. Nama ilmiahnya yaitu Cacatua galerita.

Ciri khas burung Kakatua Koki ini salah satunya yaitu berukuran yang relatif besar yang bisa ditemukan pada beberapa daerah bagian timur. Diantaranya seperti Australia, Papua Nugini yang pastinya beberapa pulau indonesia sepeti Papua dan sekitarnya.

Pada waktu burung ini berada di alam liar, burung Kakatua Koki ini dinilai sebagai hama. Walaupun untuk jenis burung ini merupakan salah satu jenis burung cerdas.

Dengan demikian, untuk populasi burung ini selalu mengalami penurunan yang dikarenakan tergusurnya habitatnya untuk pembukaan lahan oleh manusia. Selain itu juga penangkapan liar yang mana akan diperdagangkan dengan ilegal.

Berdasarkan dengan namanya familiarnya yakni burung Kakatua Jambul Kuning pastinya ciri khas burung Kakatua Koki ini yaitu jambulnya yang berwarna kuning.

Ciri Khas Burung Kakatua Koki

Mengenal Ciri Khas Burung Kakatua Koki (Cacatua galerita)
flickr.com

Untuk ciri khas burung Kakatua Koki yaitu berukuran antara 38 sampai dengan 50 cm dengan berat dan berat tubuh antara 815 sampai dengan 975 g. Untuk bagian jambulnya yaitu sepanjang sekitar 14 cm.

Burung Kakatua ini memang cukup besar, lalu untuk bagian penutup telinga bersemu kuning. Ciri khas yang lainnya yaitu pada bagian paruh berwarna hitam dan bagian kakinya berwarna abu-abu.

Dan pada saat terbang, pada bagian sayap bawah serta pada bagian sisi ekor bagian bawahnya tampak kuning. Untuk yang berjenis kelamin jantan dan betina memiliki penampilan yang serupa (monomorfik).

Namun, untuk mengetahui perbedaannya anda bisa cek pada bagian matanya. Untuk yang betina bisa diidentifikasi mulai dari warna mata cokelat kemerahan. Kemudian untuk yang jantan mempunyai mata coklat yang terlihat lebih gelap.

Suara Kakatua Koki

Burung Kaktua Koki ini memiliki suara yang terdengar seperti terompet yang keras. Selain itu terdengar juga jeritan tunggal yang parau yang semakin rendah. Suaranya diulang-ulang dan memiliki suara yang lembut.

Tempat Hidup dan Kebiasaan Kakatua Koki

Tempat Hidup dan Kebiasaan Kakatua Koki
hbw.com

Kakatua Koki ini nbiasa hidup di habitat yang bervariasi, diantaranya seperti hutan sekunder. Se[erti halnya hutan rawa serta di hutan di sepanjang sungai. Terkadang juga bisa dijumpai di hutan mangrove, habitat terbuka, lahan budidaya, dan juga di savana kawasan suburban.

Burung ini juga bisa anda jumpai pada ketinggian 1500m di Australia dan 2400m di Papua. Kaktua Koki ini termasuk burung penetap yang begitu setia berada di kawasan berbiaknya. Ring juga terlihat kelompok besar hingga 2000 individu.

Pada saat berada di habitat pakan juga ada sistem pembagian tugas yang mana pada waktu anggota kelompok mencari makan di permukaan tanah. Sedangkan untuk beberapa individu bertengger di tempat yang tinggi yang tugasnya untuk memantau predator.

Burung ini terkadang terdengar ribut sesaat sesudah senja termasuk masa paling aktif untuk kelompok burung ini. Burung ini akan carai makan pada rerumputan maupun belukar untuk mengambil biji-bijian maupun tunas muda.

Makanannya berupa akar, rhizoma, buah lunak, bunga, kuncup bunga serta berupa serangga dan juga larvanya. Selain itu juga memakan tanaman budidaya seperti halnya jagung.

Dengan begitu, kerap dinilai sebagai hama tanaman. Apabila diganggu akan bersuara keras dengan terus menerus. Kemudian juga mempunyai kemampuan untuk mematahkan serta menjatuhkan ranting pohon.

Tinggalkan Komentar