Mengenal Burung Poksay Jambul Putih dan Cara Perawatannya

Burung poksay bukanlah burung endemik Indonesia, burung jenis ini berasal dari Thailand. Burung poksay berada di Indonesia karena diimpor langsung dari Thailand. Salah satu jenis poksay yang terkenal adalah burung poksay jambul putih yang merupakan rajanya poksay.

Jenis burung ini termasuk burung yang sangat aktif bergerak di dalam sangkar. Selain itu, terlihat berwibawa ketika berkicau. Oleh karena itu, kita perlu mengenal poksay jambul putih dan cara perawatannya.

Mengenal Burung Poksay Jambul Putih dan Cara Perawatannya
kacer.co.id

Mengenal Burung Poksay Jambul Putih dan Cara Perawatannya

Dengan berbagai daya pikat dan keunikan yang dimiliki membuat beberapa diantara burung kicau impor telah mengungguli burung kicau lokal. Poksay jambul putih dikenal sebagai rajanya poksay yang paling banyak dimintai.

Salah satu kelebihan dari burung jenis ini adalah mempunyai penampilan yang gagah serta cukup menarik dengan memiliki jambul putih yang biasa dijuluki burung raja ketawa serta penakluk burung lain.

Mengenal Poksay Jambul Putih

Julukan lain dari burung poksay jambul putih adalah destroyer atau burung perusak. Hal ini disebabkan suara burung betina serta burung jantannya seperti orang tertawa (kwak, kwak, kwak). Burung ini termasuk burung yang sangat aktif di dalam sangkar sehingga sangat banyak diminati oleh penggemarnya.

Ciri-ciri Poksay Jambul Putih

Pada bulu lebih didominasi warna cokelat serta warna putih. Untuk bulu pada bagian mantel hingga bagian kepala berwarna putih. Terdapat pita berbulu hitam pada bagian telinga, garis mata hingga pangkal paruh.

Pada bagian sayap sampai bagian ekor berwarna cokelat. Serta bagian ujung bulu sekunder mempunyai warna cokelat yang lebih tua. Burung jenis ini memiliki ukuran tubuh yang besar dan gagah dibandingkan jenis poksay lain.

Ciri lain dari poksay jambul putih adalah dengan memiliki paruh dan mata yang berwarna hitam, ukuran mata lebar dan bersinar. Selain itu, memiliki suara yang keras serta kaki yang kokoh berwarna hitam.

Habitat Poksay Jambul Putih

Tempat hidup dan berkembang biak dari jenis burung jambul putih yakni berada di hutan sekunder terbuka yang penuh semak belukar serta hutan bambu. Dalam mencari makan, burung ini sering turun ke tanah yang berada diantara semak belukar yang ditumbuhi oleh pohon bambu.

Kebiasaan serta Karakter Poksay Jambul Putih

Burung poksay jambul putih mempunyai kebiasaan hidup yang soliter, akan tetapi juga terkadang berpasangan. Burung ini merupakan jenis burung yang mempunyai karakter yang kasar dan emosional yang menunjukkan bahwa burung ini tidak mau diganggu.

Cara Merawat Burung Poksay Jambul Putih

Beberapa cara merawat poksay jambul putih yang perlu anda ketahui antara lain:

1. Pelihara Bersama dengan Pasangannya

Dengan memanfaatkan burung betina merupakan salah satu cara dalam membuat burung jantan mau berkicau. Begitu pula jenis burung poksay jambul putih yang terkenal sangat tempramental, akan menjadi jinak dengan mendampingkan betinanya yang lenjeh.

2. Penempatan Sangkar

Penempatan sangkar yang semakin tinggi akan membuat burung semakin tenang. Hal lain yang dapat dilakukan agar burung poksay jambul putih merasa nyaman di dalam sangkarnya adalah dengan menempatkan pada lingkungan yang cukup tenang.

Hal penting lain adalah hindarkan sangkar burung dari gangguan binatang lain seperti kucing atau tikus. Sebisa mungkin jauhkan sangkar dari bahan kimia yang dapat menimbulkan bau yang menyengat serta asap dapur.

3. Sangkar dan Perlengkapan

Dengan adanya sangkar serta perlengkapan yang memadai yang bertujuan agar burung tetap merasa nyaman serta lebih menarik. Anda juga dapat meningkatkan kualitas sangkar dengan mengecat sedemikian rupa sangkar tersebut sehingga permukaan jeruji sangkar yang kasar dapat tertutup oleh cat.

Bagi anda yang tertarik dengan burung impor satu ini. Dengan mengenal burung poksay jambul putih serta mengetahui bagaimana cara perawatannya. Sehingga dapat menambah koleksi burung peliharaan anda di rumah.

Kategori Poksay