Mengenal Burung Dara Laut Batu dan Kebiasaan Hidupnya

Burung Dara laut merupakan adalah salah satu jenis burung laut yang masuk di dalam keluarga Sternidae. Untuk jenis burung dara laut ini ternyata juga masih berkerabat dengan jenis burung Camar yang mungkin anda semua sudah sering menjumpainya di laut atau sekitaran pantai. Burung dara laut ini juga termasuk jenis burung yang bisa dengan mudah ditemukan di seluruh dunia.

Susah banyak sekali burung dara laut yang bertelur di daerah empat musim dengan melakukan migrasi yang jarak jauh. Kemudian untuk burung dara laut Arktik mungkin melihat siang hari lebih banyak dari makhluk lain. Sebab, untuk jenis burumg ini bermigrasi dari daerah bertelurnya pada bagian utara sampai dengan pada perairan Antartika.

Pada umumnya ciri khas jenis burung laut ini berukuran sedang sampai ada juga yang memiliki ukuran yang besar. Dan pada umumnya dengan warna abu-abu atau putih. Akan tetapi juga kerap terlihat adanya tanda yang berwarna hitam di bagian kepala. Sedangkan untuk bagian paruh mereka berbentuk memanjang.

Burung laut ini pada umumnya juga mampu bertahan hidup dalam waktu yang cukup lama, beberapa spesiesnya bisa hidup hingga 25 sampai dengan 30 tahun.

Burung Dara Laut Batu

flickr.com

Burung dara laut ternyata memiliki berbagai macam jenis dengan karakteristik yang berbeda-beda. Salah satu jenis burung dara laut yang perlu anda ketahui yaitu burung dara laut batu.

Dara laut batu (Onychoprion anaethetus) ini merupakan salah satu spesies burung dalam famili Sternidae. Burung laut yang unik ini akan menetap di lepas pantai Sunda Besar, Wallacea dan Papua. Burung ini biasanya akan bertempat di suatu tempat yang terlihat dekat pantai.

Sebagain besar jenis burung dara laut ini juga ada yang tinggal sepanjang pergantian bulu pada musim dingin. Untuk jenis burung ini ternyata juga terdiri dari enam subspesies, dengan daerah persebarannya.

Ciri Khas Dara Laut Batu

Burung dara laut batu adalah jenis burung dara laut yang memiliki ciri khas dengan ukuran sedang, yaitu kurang lebih sekitar 37 cm. lalu, untuk bagian punggung juga terlihat gelap. Sedangkan ciri khas yang lainnya yaitu pada bagian ekor panjang menggarpu.

Untuk jenis burung dara laut yang usianya sudah dewasa, maka ditandai dengan ciri khas seperti sayap atas, punggung, dan ekor yang berwarna abu-abu kecoklatan gelap. Akan tetapi selain yang ada di bagian pinggir depan sayap dan bulu ekor terluar putih.

Lalu untuk tubuh burung dara laut jenis ini ciri khas selanjutnya yaitu pada bagian bawah putih. Sedangkan pada bagian dahinya juga berwarna putih. Untuk bagian alis mata juga terlihat sempit membentang ke belakang mata, kerah putih.

Sedangkan untuk burung yang usianya masih muda ditandai dengan warna yang lebih coklat, mahkota berbintik coklat. Selain itu, pada bagian dada berwarna abu-abu. Punggung bergaris kuning dan pada bagian iris berwarna coklat, paruh dan kakinya juga coklat

Habitat dan Kebiasaan Hidupnya

hbw.com

Burung dara laut batu ini sering terlihat jauh di tengah laut. Terkadang juga tampak mendatangi tepi laut hanya pada cuaca buruk atau pada saat berkembangbiak. Sifat sosial dari jenis burung ini juga dinilai masih kurang.

Dara laut batu juga suka hidup sendirian atau dalam kelompok kecil. Tampak terbang anggun dan membingkas. Burung dara laut batu juga sering terlihat makan dengan mengenduk serangga atau ikan di permukaan air, tidak menyelam.

Selain itu, burung ini juga kerap beristirahat pada bangkai kapal atau di atas tiang kapal pada waktu malam hari.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar