Inilah 3 Cara Alami Mengatasi Suara Burung Kicau yang Serak

Source - orbird
Source – orbird

Suara burung yang serak tentu menjadi masalah besar, khususnya bagi penghobi burung kicau. Ibarat seorang penyanyi, suara yang serak akan mengurangi aksi panggungnya dan mengurangi penilaian. Jika hal tersebut dibiarkan ada dua kemungkinan, pertama burung dapat pulih dengan sendirinya atau burung akan semakin parah suaranya dan enggan berkicau.

Penyebab suara burung kicau menjadi serak biasanya karena adanya lendir atau peradangan pada area tenggorokan yang menghalangi keluarnya suara.  Hal inilah yang mengakibatkan suara burung menjadi serak.

Peradangan ini dapat disebabkan oleh beragam hal, mulai dari salah makan, kualitas pakan yang buruk, atau bisa jadi Karena burung terlalu lelah karena sering di trek.  Untuk burung jenis finch, seperti kenari, blackthroat, mozambik, peradangan juga bisa terjadi akibat terlalu lama di kandang penjodohan.

Cara terbaik untuk mengobati burung kicau yang bersuara serak adalah dengan mencari tahu terlebih dulu, apa yang menjadi penyebab seraknya. Apakah karena sedang pilek atau serak karena hal lainnya.

Nah, Berikut ini adalah 3 cara alami yang bisa dilakukan untuk mengatasi serak pada burung kicau kesayangan Anda:

  1. Menggunakan air rebusan daun Ambil 3 lembar daun sirih dan remas dalam air 1 liter, lalu rebus dan biarkan sampai air menjadi coklat. Setelah itu saring dan didinginkan. Gunakan air rebusan sirih tadi sebagai air mandi dan minum untuk burung.
  2. Menggunakan air larutan penyegar. Gunakan yang berperisa, berikan larutan penyegar ini sebagai air minum untuk burung karena air penyegar ini bisa digunakan sebagai obat untuk masalah radang tenggorokan dan penyakit tenggorokan lainnya.
  3. Menggunakan metode gurah. Gurah adalah cara yang dipakai untuk membersihkan lendir dan kotoran pada tenggorokan dan mata. Pada kasus ini gurah juga bisa digunakan untuk membersihkan lendir yang menyebabkan suara burung Caranya dengan menggunakan daun Lenteng Putih (Urtica Grandidentata).

Ambil 6 helai daun lanteng putih dan remas sampai keluar air, lalu teteskan airnya pada mata burung sebanyak 3-4 tetes. Setelah ditetesi burung akan terlihat lemas selama sekitar 10 menit. Pegang dengan posisi kepala burung dibawah agar lendir keluar mengalir, bantu dengan pijatan halus bagian tenggorokannya.

Setelah lendir selesai dikeluarkan maka taruh burung dan semprot matanya dengan air bersih, jangan dulu dijemur selama satu hari. Di dalam kandang, burung akan menggeleng-gelengkan kepalanya untuk mengeluarkan lendir yang tersisa. Cara ini cocok dilakukan untuk burung-burung kicau besar seperti Murai Batu, Kacer, Anis Kembang, Anis Merah, Cucak Ijo, dll.

Demikianlah 3 cara alami yang bisa dilakukan untuk mengatasi serak pada burung kicau kesayangan Anda. Semoga bermanfaat dan burung kicau kesayangan Anda dapat sehat kembali.

Tinggalkan Komentar