Cara Gejala dan Cara Mengatasi Kacer Stress Agar Bisa Gacor

Kacer memang selalu diunggulkan saat kontes burung. Selain dikarenakan burung kacer bersuara merdu, Ia juga punya banyak sekali variasi dan pertunjukan skill berkicau yang memikat.

Dengan alasan seperti itu mengapa Kacer sering disebut-sebut menjadi rajanya kontes burung kicau. Keadaan mental yang dipunyai burung ternyata juga seperti manusia.

Yang mana burung bisa merasakan stres. Dan jika burung itu sampai mengalami stres, maka akibat yang paling jelas terhadap burung itu yaitu burung tersebut tidak akan mau berkicau.

Mengatasi Kacer Stress
Mengatasi Kacer Stress

Dan yang sebelumnya sangat gacor tiba-tiba akan langsung menjadi pendiam. Dan hal itu disebabkan oleh faktor burung tersebut harus beradaptasi terlebih dahulu dengan keadaan lingkungan yang ada.

Untuk anda yang mungkin punya burung kacer dirumah yang baru dibeli anda dan burung itu terbilang masih baru di lingkungan anda.  Kemudian burung itu juga sedang mengalami stres.

Dan lebih baiknya jika anda mencoba untuk menyaksikan dahulu cara mengatasi kacer stress yang akan disajikan. Berikut ini akan diulas mengenai cara mengatasi kacer stress dan juga gejala yang terlihat.

Gejala Kacer Stress

Untuk anda yang memelihara burung kacer, berikut ini gejala-gajala yang  pada umumnya terjadi jika burung peliharaan anda

  1. Burung Kacer akantampak lemas dan tidak terlihat fit.
  2. Pada bagian Bulu Kacer bakal menggembung.
  3. Burung Kacer juga kehilangan nafsu makannya.
  4. Kacer yang mengalami stres pada umumnya akan melukai dianya dengan cara menabrak-nabrakan badannya pada jeruji sangkar.
  5. Biasanya burung kacer akan mencabuti bulunya sendiri.
  6. Badan dari burung Kacer akan terlihat lemas kemudian berat tubuhnya juga akan semakin menyusut.

Mengatasi Kacer Stress

Bila Anda temui gejala atau tanda seperti diatas, jadi langkah yang tepat untuk mengatasi stres pada burung Kacer ini yaitu seperti berikut ;

Letakkanlah burung Kacer pada lingkungan yang kondusif, tenang, dan juga terhindari dari beberapa hal yang menjadikannya stress.

Berikanlah kerodong pada sangkar Kacer untuk menentramkan burung Kacer.

Jika burung sedang mengalami stres seperti sekarang ini, lebih baiknya hentikan sistem pemandian secara teratur.

Akan tetapi, bila Anda memang memang menginginkan memandikan Kacer yang peliharaan paling disayangi Anda ini, sebaiknya lakukan jika memanglah keadaan Kacer anda telah betul-betul tenang.

  1. Berikanlah kacer anda konsumsi pakan alami seperti halnya EF dengan cara teratur serta dalam ukuran yang cukup.
  2. Durasi pada saat pengobatan stres ini mungkin saja akan berjalan sepanjang 5 minggu. Sebab, untuk melindungi kesehatan Kacer, Anda sebaiknya melindungi konsumsi makanan pada burung Kacer. Selain itu, Anda juga sebaiknya selalu melindungi kebersihan dan juga pemberaian pakan yang baru untuk burung Kacer.

Pencegahan Kacer Stres

Pencegahan Kacer Stress
Pencegahan Kacer Stress

Hal pertama yang harus anda lakukan untuk mencegah atau mengatasi Kacer stres yaitu dengan memahami sifat karakter Kacer yang territorial.

Sebaiknya tempatkan kacer pada lokasi yang tersendiri, pisahkanlah dari spesies burung itu sendiri ataupun jenis-jenis kicau lainya. Misalnya  seperti Murai Batu, burung Anis Merah dan lain sebagainya.

Demikian tadi yaitu tanda-tanda stres pada burung Kacer dan cara mengatasi kacer stres. Anda bisa menggunakan beberapa cara diatas guna menjaga Kacer-Kacer peliharaan Anda yang sedang mengalami stres.

Tapi di luar perawatan diatas, Anda harus juga sebaiknya menjaga kebersihan dari kandang Kacer. Diluar itu, Anda sebaiknya juga melindungi lingkungan pada sekitaran sangkar Kacer agar tetaplah tenang dan kondusif.

Terkecuali dalam melindungi Kacer agar tidak stres, hal ini bisa sangat baik dalam pengobatan burung Kacer sepanjang stres.

Tinggalkan Komentar