Cara Mudah Mengatasi Burung Branjangan Macet Bunyi

Para pecinta burung kicauan pastinya mengenal burung branjangan. Burung branjangan adalah burung kicauan yang memiliki keunian dari perilaku dan juga kicauannya.

Dalam memelihara burung branjangan pastinya anda ingin memiliki burung yang gacor dan sehat. Akan tetapi masalah selalu saja ada bagi pemelihara burung kicauan jenis ini.

Kebanyakan dari pemelihara burung branjangan mengalami kendala. Yang mana branjangan yang semula keadaan gacor, tiba tiba terjadi macet bunyi dikarenakan salah di dalam perawatan atau akibat yang lainnya.

Tak hanya itu saja, terkadang diperlukan waktu lama untuk mengembalikan kondisinya. Sebenarnya ada tips dan trik mengatasi burung branjangan macet bunyi, agar bisa kembali gacor seperti semula.

Mengatasi Burung Branjangan Macet Bunyi

Mengatasi Burung Branjangan Macet Bunyi
Mengatasi Burung Branjangan Macet Bunyi

Memelihara burung branjangan memang sangat perlu beberapa perlakuan tertentu. Khususnya untuk menjaga kondisi dan juga staminanya.

Salah satu bentuk dari perawatan sederhana akan tetapi kerap diabaikan yaitu menganti pasir lama yang kotor dengan yang baru. Dengan demikian, burung selalu betah serta nyaman berada di dalamnya, dan itu menjadikannya tetap rajin berbunyi.

Kondisi pasir yang kotor menjadi salah satu penyebab kenapa branjangan ogah berbunyi. Selain menjadi tempat bersarang kuman serta parasit, pasir kotor juga dapat membuat gangguan pernafasan yang membuatnya tambah malas untuk berkicau.

Ganti Pasir dan Bersihkan Sangkar

Salah satu cara mengatasi burung branjangan macet bunyi yang dapat dengan mudah dan singkat untuk anda kerjakan yaitu dengan mengganti pasir yang ada di dalam sangkar. Kemudian juga membersihkan sangkarnya.

Untuk jenis pasir yang dipakai pada sangkar burung branjangan antara lain adalah pasir zeolit, pasir pantai dan tumbukan bata merah.

Memang apabila sekilas di dalam sangkar banyak beranggapan jika terdapatnya pasir pada sangkar hanya sebagai hiasan. Padahal sebenarnya terdapat manfaat sendri untuk burung tersebut.

Lakukan Perawatan Yang Tepat

Perawatan Burung Branjangan
Perawatan Burung Branjangan

Cara berikutnya yang bisa anda lakukan untuk mengatasi burung branjangan macet bunyi yaitu dengan melakukan perawatan yang benar. Anda dapat melakukan penjemuran pada burung dengan waktu yang lebih lama dari pada biasanya.

Pada saat pagi branjangan diberikan pakan jangkrik sebanyak 3 sampai dengan 5 ekor dan 1 sendok teh kroto rutin setiap hari. P

ada saat sore hari, burung kembali dikasih jangkrik sebanyak 2 sampai dengan 3 ekor dan yang terakhir sangkar dikerodong dan dibiarkan beristirahat sampai dengan esok paginya.

Perdengarkan Suara Terapi

Langkah selanjutnya untuk mengatasi burung branjangan macet bunyi yaitu dengan mendegarkan suara terapi untuk burung branjangan peliharaan anda dirumah.

Sebaiknya anda rutin memperdengarkan suara tersebut pada tiap hari. Dengan adanya suara terapi tersebut, burung tersebut akan mau berkicau, karena merasa seperti di alam bebas.

Beri Asupan Multimineral

Untuk mempercepat dalam proses pemulihannya, burung branjangan perlu diberi asupan berupa multimineral.

Antara lain yaitu kumpulan berbagai jenis mineral esensial yang selalu diperlukan burung kicauan. Salah satu produk dari multimineral yang paling lengkap dan baik untuk burung yang sedang macet bunyi adalah BirdMineral.

Tak hanya mengandung beberapa mineral esensial seperti halnya kalsium (Ca), fosfor (P). Terdapat juga yodium (I), kalium (K), magnesium (Mg), zat besi (Fe), seng (Zn), dan masih banyaklagi. Selain itu, BirdMineral juga dilengkapi dengan beberapa jenis vitamin misalnya seperti D3 dan juga B12.

Nah, jika burung branjangan anda mengalami macet bunyi, maka anda harus melakukan perawatan yang rutin dan pastinya tepat.

Tinggalkan Komentar