Cara Memperindah Bulu Burung Kenari Agar Tampak Berkilau

Sebagai penghobi memelihara Burung Kenari, sebaiknya anda melakukan perawatan Burung Kenari dengan secara keseluruhan.

Anda tidak hanya melakukan perawatan yang pokok saja. Misalnya seperti: memberikan makan, minum, memandikan, menjemur dan lain sebagainya.

Akan tetapi anda harus menjaga kesehatan fisiknya juga terutama merawat bulu burung kenari agar tetap indah. Sebab salah satu yang kurang perawatan dari Burung Kenari yaitu bagian bulu-bulunya.

Kebanyakan Burung Kenari yang kurang terawat mempunyai bulu yang kusam. Penyebab dari bulu burung kenari kusam yaitu kekurangan minyak ataupun kekurangan lemak.

Memperindah Bulu Burung Kenari
Memperindah Bulu Burung Kenari

Keindahan dari bulu Burung Kenari juga begitu beraneka macam, terlebih lagi bulunya yang selalu bersih serta berkilau pasti akan menjadikan burung kenari jadi semakin cantik dan menarik.

Biasanya warna bulu burung kenari yang cerah s rta mengkilap begitu erat hubunganya dengan perawatan yang tepat dan benar.

Pemberian sayuran yang segar yang banyak mengandung betacarotin di dalamnya menjadikan bulu burung kenari tampak mengkilap serta menawan.

Burung-burung yang ada di alam liar punya cara tersendiri untuk menjaga bulu-bulunya supaya tetap sehat dan juga kuat. Yaitu berupa mandi debu / pasir, mengoleskan semut pada bulu-bulunya guna mengusir kutu, dan lain sebagainya.

Burung kenari yang dipelihara dalam sangkar, termasuk kenari, tentu tidak bisa melakukan semua itu tanpa ada bantuan dari pemiliknya. Berikut ini akan diulas tips merawat dan memperindah bulu burung kenari.

Penyebab Bulu Kusam

Bulu burung kenari yang kusam bisa disebabkan oleh kurangnya produksi minyak pengilap bulu. Burung kenari punya benjolan kecil pada bagian atas pangkal ekor.

Apabila ditekan, benjolan itu akan mengeluarkan cairan. Burung Kenari akan mengoleskan cairan tersebut pada bagian bulu-bulunya dengan bantuan paruh.

Faktor usia menyebabkan berkurangnya produksi minyak pada burung kenari.

Memberi Pakan yang Sesuai

Pemberian Pakan Yang Sesuai
Pemberian Pakan Yang Sesuai

Untuk memperindah bulu burung kenari harus diberikan pakan yang sesuai. Beberapa jenis dari buah dan sayuran mengandung unsur penting yang bisa membantu menjaga kesehatan bulu serta membuatnya tetap terlihat berkilauan.

Seperti halnya makanan ubi jalar, wortel, tomat, paprika merah, bayam, dan selada. Anda pun dapat meracik sendiri bahan pakan tersebut guna memperindah bulu burung kenari.

Sayuran hijau juga sangat penting untuk kesehatan tubuh kenari ata bagian bulunya.

Sayuran yang warnanya hijau mengandung banyak vitamin serta betacarotin yang begitu baik untuk menjaga kecerahan bulu kenari supaya semakin mulus dan tidak terlihat kusam.

Pemberian Minyak Ikan

Dalam merawat atau memperindah bulu Burung Kenari, sebaiknya sesekali anda berikan minyak ikan yang sudah dicampur ke dalam pakan.

Langkah pemberianya dengan mencampurkan minyak ikan di dalam bijian atau sayuran atau telur puyuh rebus.

Akan tetapi jangan berlebihan, hal ini untuk menjaga kondisi bulu burung kenari supaya terlihat mengkilat serta menawan dan pasti bulunya tidak terlihat kusam.

Pemandian Burung Kenari

Selain dari pakannya, pola rawatan lain yang juga tak kalah penting adalah mandi serta jemur.

Memandikan kenari tak cukup dengan memakai air tawar saja, akan tetapi juga dapat dilakukan dengan mencampurkan beberapa bahan tertentu misalnya seperti yang dilakukan para penggemar kenari di mancanegara.

Air mandi yang dicampurkan denngan jeruk nipis bisa membantu membersihkan kotoran serta lemak yang menempel pada bulu.

Jadi menjadikan bulu kenari lebih bersinar dan juga sehat. Pakailah lima tetes jeruk nipis pada 1 liter air mandinya.

Dapat juga anda Campurkan 2 sendok makan cuka apel ke dalam 1 liter air mandi burung kenari. Larutan ini bisa membantu membersikan kotoran yang menempel pada bulu-bulunya.

Jadi menjadikan bulu lebih bersih dan juga semakin terlihat berkilau.

Cuka apel juga dapat menjadi antiseptik sekaligus antiparasit yang berguna untuk mencegah dan mengusit kutu / tungau yang bertempat tinggal pada kulit dan juga pada bulu kenari.

Atau bisa juga anda campurkan 1 gram garam inggris ke dalam 1 liter air mandi.

Larutan ini juga bisa membatu membersihkan bulu serta membunuh bakteri yang menempel pada kulit dan juga pada bulu kenari. Selain itu juga bisa meningkatkan aktivitas kenari di setiap harinya.

Tinggalkan Komentar