Cara Mudah Budidaya atau Memelihara Burung Truwok

Burung truwok merupakan jenis burung asli atau endemik Indonesia, yang hampir seluruh belahan barat kepulauan di Indonesia burung ini dapat dijumpai.

Truwok juga termasuk burung air yang hidup di area sawah, pinggir hutan, rawa-rawa, kebun dan juga sering ada di pekarangan warga. Makanan utamanya yaitu berupa serangga dan ikan kecil, bahkan truwok juga suka dengan biji-bijian lunak.

Dengan langkah domestikasi penyesuaian untuk memudahkan pemeliharaan truwok diberi pakan voer/sentrat ayam/lele. Dan untuk pakan penangkaran bisa diberikan voer/sentrat ayam/lele sangat baik pertumbuhan dan dengan mudah berkembang biak.

Burung truwok juga dapat mengeluarkan suara keras nyaring khas rapat serta akan saling bersahutan, jantan betina sama-sama dapat mengeluarkan suara, memang jantan lebih keras serta begitu mendominasi.

Suara khas truwok jika dijadikan master burung lomba bisa bagus sekali. Sebab dengan khas rapat dan nyaring disertai dengan tembakan tentunya dapat menjadikan andalan burung ocehan pada waktu di gantang.

Populasi Burung Truwok

Populasi Burung Truwok
Populasi Burung Truwok

Burung ini bisa dikatakan memiliki populasi yang cukup tinggi. Burung truwok punya kebiasaan serta senang mendiami daerah yang punya banyak air seperti daerah rawa-rawa dan sekitaran sawah.

Lahan berair memang sangat di sukai burung truwok sebab kaya akan sumber makanan seperti ikan-ikan kecil, belalang serta banyak biji-bijian berupa padi.

Burung truwok juga telah dikatakan terancam punah.Truwok termasuk kerabat dekat dari Trulik jawa yang kabarnya mendekati kepunahan bahkan sudah dikatakan tidak ada keberadaanya.

Dahulu sekitar tahun 8 0an banyak sekali truwok yang tampak dan berbunyi di sekitar pedesaan, sawah, ladang, kolam, rawa-rawa. Namun untuk saat ini hampir tidak pernah terlihat, yang pasti semakin hilang keberadaanya.

Cara Memelihara Burung Truwok

Memelihara Burung Truwok
Memelihara Burung Truwok

Burung truwok juga merupakan jenis burung yang bisa di konsumsi. Tak heran jika banyak sekali pemburu yang menangkap burung jenis ini untuk mereka konsumsi ataupun untuk di jual kembali kepada pengepul.

Jenis makanan dengan bahan dasar burung truwok mungkin masih asing bagi sebagian orang. Akan tetapi pada beberapa daerah di Sumatra jenis burung ini sering kali dipakai sebagai lauk pauk sehari hari.

Bahkan burung truwok menjadi menu khusus di rumah makan yang menyajikan makanan berbahan dasar aneka unggas yang berada di Sumatra Utara.

Banyak orang yang ingin memperbanyak burung truwok dengan cara memelihara burung truwok. Memelihara burung truwok pastinya sangat menguntungkan dan punya manfaat ganda.

Antara lain sebagai hewan peliharaan serta sebagai hewan yang bisa di konsumsi seperti halnya ayam. Memelihara burung truwok sangatlah mudah dan tak berbeda jauh seperti pada saat anda memelihara ayam.

Bagi anda yang tertarik untuk memelihara burung truwok dan membudidayakan burung truwok ada beberapa hal yang harus anda lakukan.

Siapkanlah sepasang atau lebih indukan dari burung ayam-ayam atau burung truwok. Untuk indukan ini anda anda bisamembeli di toko-toko burung ataupun menangkap sendiri.

Di dalam menangkap burung truwok bisa memakai cara menggunakan jaring dengan memikat menggunakan suara pancingan.

Setelah itu siapkan satu kandang ukuran sedang ataupun besar.Sebaiknya kandang langsung dengan lantai tanah sehingga menyerupai habitat asli burung. Burung ruak-ruak juga begitumenyukai lahan berair, untuk itu lengkapi kandang dengan kolam yang ukuran kecil.

Berilah makanan secara teratur pada setiap harinya. Burung truwok juga termasuk jenis burung yang memakan banyak jenis makanan seperti jangkrik, kroto, buah-buahan seperti pisang , pepaya, biji-bijian dan juga beras.

Namun tidak ada salahnya jika mencoba memberi voer. Memelihara burung truwok bisa memberikan keuntungan ganda. Jika anda berhasil membudidayakan burung ini maka hasilnya bisa anda konsumsi sendiri ataupun di jual kepasaran.

Tinggalkan Komentar