Tips Memelihara Burung Prenjak dan Perawatannya Agar Gacor

Burung prenjak adalah burung mungil yang sering beterbangan di sekeliling rumah kita dengan suara kicauan yang sangat merdu dan nyaring.

Biasanya mereka bersahut sahutan dan terdengar kompak bersama dengan yang betina. Karena suaranya sangat nyaring itu, maka banyak orang yang tertarik untuk memelihara burung prenjak sebagai burung kicauan di rumahnya.

Biasanya para pecinta burung prenjak memelihara burung ini dengan berpasangan yaitu burung prenjak jantan dan burung prenjak betina.

Memelihara Burung Prenjak
Memelihara Burung Prenjak

Dua jenis burung ini memiliki suara kicauan yang berbeda. Sehingga, jika digabungkan mereka akan bersahut sahutan dan terdengar nyaring.

Burung prenjak di alam liarnya memakan makanan berupa serangga serangga yang kecil.

Jadi jika anda ingin memelihara burung ini, anda harus bisa telaten dan juga teliti dalam melakukan perawatan sehari harinya.

Karena jika tidak dirawat dengan teliti, bisa saja burung prenjak akan mati karena tidak bisa makan makanan selain serangga.

Maka dari itu, anda harus bisa rutin memberikannya serangga seperti ulat kandang dalam sehari harinya.

Dan kemudian lama kelamaan anda harus melatih burung prenjak peliharaan anda agar bisa makan voer.

Dengan begitu, perawatan burung prenjak yang anda pelihara akan menjadi semakin mudah dan praktis.

Pada dasarnya perawatan burung jenis ini sama dengan dengan perawatan burung liar yang lainnya.

Tips Perawatan Burung Prenjak

Perawatan Burung Prenjak
Perawatan Burung Prenjak

Apabila anda menangkap burung prenjak yang ada di alam liar, maka burung prenjak tersebut biasanya akan menjadi mudah stress.

Oleh sebab itu, anda harus menjadikan suasana pada lingkungan burung tersebut menjadi terasa nyaman dan juga terasa tenang.

Tujuannya supaya burung prenjak yang liar tersebut bisa terhindar dari stress. Caranya yaitu dengan anda tidak disarankan untuk langsung memandikannya.

Setelah itu burung ini juga jangan digantangkan pada tempat yang terkesan ramai yang bisa memicu stress burung tersebut.

Pemberian Pakan Burung Prenjak

Burung prenjak hidup di alam liar dengan memakan ulat, serangga-serangga kecil, laba-laba dan juga makan kroto.

Apabila anda mendapatkan burung prenjak kepala merah yang tidak mau makan ngevoer anda dapat menyiasatinya supaya burung prenjak tangkapan anda mau makan voer.

Langkahnya mudah, yaitu campurkan voer dan kroto dengan porsi voer lebih banyak dibandingkan dengan kroto. Anda bisa mengurangi jumlah dari kroto dari hari hari seterusnya.

Lakukan hingga prenjak tangkapan anda mau makan voer murni. Nah, tandanya prenjak sudah mau makan voer dan kroto.

Jika begitu, anda dapat memberikan voer dan kroto pada tempat yang berbeda. Kroto dapat menjadikan prenjakjadi semakin gacor.

Lalu, untuk voer dapat mencukupi kebutuhan kalsium, mencukupi kebutuhan vitamin, dan juga kebutuhan nutrisi untuk burung prenjak.

Jika makanan yang diberikan pada burung prenjak bernutrisi dan mengandung vitamin, maka burung prenjak peliharaan anda bisa hidup lama dan juga bisa gacor.

Makanan Tambahan Burung Prenjak

Supaya burung prenjak anda bisa cepat gacor , dalam memelihara burung prenjak anda harus memberikan makanan tambahan berupa jangkrik dan ulat hongkong.

Jika makanan tambahan berupa jangkrik, berikan 3 ekor pada tiap pagi dan juga 3 ekor di setiap sore. Untuk jangkrik anda bisa berikan pada bagian perutnya saja.

Bagian kaki serta kepala dihilangkan saja. Jika memberikan ulat hongkong, dianjurkan ulat hongkong yang berwarna putih (ulat hongkong muda) namun pemberiannya jangan terlalu banyak.

Dalam memelihara burung prenjak, anda juga harus melakukan penjemuran di pagi hari kurang lebih dalam waktu 1 jam.

Paling baik di jemur saat jam 7 sampai dengan jam 10. Tapi setelah seminggu anda bisa menambah waktu penjemuran menjadi satu jam.

Tinggalkan Komentar