Perlukah Memberikan Vitamin secara Rutin?

Sama halnya seperti manusia, kebutuhan pakan yang bergizi dan kaya akan nutrisi juga sangat diperlukan oleh burung, terutama burung pengicau. Asupan vitamin dan mineral sangat diperlukan untuk menjaga stamina dan kesehatan burung agar selalu tampil prima di setiap perlombaan. Dengan kondisi tubuh yang sehat, suara kicau yang dihasilkan bisa sangat merdu.

Kebutuhan vitamin dan mineral pada burung sebenarnya tidaklah terlalu banyak, tetapi terkadang, pakan yang diberikan justru kurang mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral yang diperlukan.

Apa saja vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh burung? Dan perlukah memberikannya secara rutin? Berikut penjelasannya.

Jenis-Jenis Vitamin yang Dibutuhkan oleh Burung Kicau

Burung Kicau
Burung Kicau – Pixabay.com
  • Vitamin A

Vitamin A menjaga fungsi psikologis pada burung agar dapat berjalan dengan stabil. Vitamin A juga berperan untuk membantu pertumbuhan, reproduksi, daya tahan, dan penglihatan pada burung.

Vitamin A banyak terkandung pada jagung, biji-bijian hijau, sayuran hijau, dan minyak ikan. Burung kicau membutuhkan sekitar 80-120 i.u (international unit) per harinya.

  • Vitamin B Complex

Vitamin B Complex terdiri dari B1, B2, B3, B5, B6, B12, Folic Acid, Choline, Inositol, dan PABA. Secara umum berfungsi untuk memproduksi energi, menjaga sistem saraf, dan membantu sistem pencernaan.

  • Vitamin C

Sebenarnya, burung dapat menghasilkan Vitamin C sendiri. Namun, kebutuhan akan tambahan asupan Vitamin C juga sangat dibutuhkan. Hal ini untuk membantu pemulihan burung ketika mengalami stres atau luka, serta meningkatkan daya tahan tubuh.

  • Vitamin D

Banyak ditemukan pada minyak ikan. Vitamin D sangat diperlukan sebagai suplemen makanan. Selain didapat dari minyak ikan, Vitamin D juga bisa didapat dari sinar matahari. Inilah mengapa burung perlu dijemur di bawah sinar matahari pagi.

Vitamin D berfungsi sebagai pembentuk tulang, pengaturan kalsium, dan ketahanan tubuh. Kebutuhan Vitamin D bagi burung per harinya adalah 20-30 i.u.

  • Vitamin E

Vitamin E sangat baik untuk kesuburan pada burung. Sumber Vitamin E terdapat pada semua biji-bijan berkualitas baik. Kombinasi sempurna antara Vitamin A, D, dan E mampu menjaga kesuburan seekor burung pejantan dewasa.

  • Vitamin K

Jenis vitamin ini berguna untuk menguatkan pembuluh darah dan melancarkan aliran darah. Sumber utama Vitamin K terdapat dari pakan berwarna hijau.

Selain sejumlah vitamin seperti di atas, burung juga memerlukan mikro dan makro elemen yang masing-masing berfungsi untuk menjaga organ-organ tubuh. Meskipun vitamin dan mineral sangat dibutuhkan, tetapi penting untuk memperhatikan asupan vitamin yang masuk setiap harinya. Jangan berlebihan dan jangan sampai kekurangan.

Tinggalkan Komentar