Manfaat Daun Binahong Untuk Lovebird dan Cara Pemberian

Perlu anda ketahui jika daun binahong memiliki banyak manfaat untuk burung kicauan. Salah satunya untuk burung lovebird. Manfaat daun binahong untuk lovebird juga banyak sekali.

Binahong (Bassela rubra linn) merupakan jenis tanaman obat yang tumbuh pada dataran rendah atau dataran tinggi yang memiliki banyak sekali khasiat untuk meyembuhkan aneka penyakit ringan atau berat.

Tanaman ini sudah dikenal kaya manfaat. Sebab, daun ini memiliki banyak kandungan nutiris seperti Glucan c, Karoten, Asam Organik, D – Galaktosa, Asam Aldonat dan Vitamin (A, B, dan C).

Karena banyak kandungan di dalamnya, binahong juga memiliki banyak manfaat untuk manusia. Diantaranya untuk mengatasi gangguan kesehatan pada manusia. Penggunaannya pada umumnya daun binahong ini diberikan dengan cara direbus dan diambil airnya.

Binahong diyakini bisa untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan seperti kencing manis, menstabilkan tekanan darah, mencegah stroke, dan lain sebagainya.

Manfaat Daun Binahong Untuk Lovebird

Manfaat daun Binahong Untuk Lovebird
dengancara.com

Untuk burung kicauan seperti lovebird, daun binahong ternyata sangat bermanfaat hanya dengan diberikan secara mentah. Manfaat daun binahong bagi lovebird antara lain seperti berikut ini:

  • Mengobati diare pada burung lovebird
  • Bisa meningkatkan stamina pada burung lovebird
  • Menghangatkan tubuh lovebird pada saat kedinginan
  • Berkhasiat dalam memulihkan kondisi burung ketika akan melakukan perjalanan jauh
  • Bisa menyembuhkan penyakit gatal yang menyerang lovebird
  • Bermanfaat untuk mencegah penyakit yang disebabkan oleh bakteri
  • Bisa juga untuk meringankan penyakit snot pada burung lovebird

Supaya manfaat daun binahong untuk lovebird bisa maksimal, maka sebaiknya pelajari terlebih dahulu mengenai seperti apa cara pemberian atau pemakaian daun binahong untuk lovebird. Dan berikut ini adalah cara penggunaanya.

Cara Pemberian Daun Binahong untuk Lovebird

Pemberian Binahong Pada Lovebird
superkicau.com

Pada saat anda akan memberikan daun binahong untuk lovebird peliharaan anda, sebaiknya perhatikan dulu takarannya. Sebab, jika pemberian yang berlebihan daun binahong bisa memiliki dampak pada kondisi birahi yang meningkat drastis. Ini semua disebabkan sifat dari daun binahong yang bisa menghangatkan.

Ini merupakan cara yang tepat dalam pemberian daun binahong untuk lovebird peliharaan anda.

1. Cuci Daun Binahong

Sebelum anda memberikan dan binahong untuk lovebird peliharaan anda, maka ada baiknya anda membersihkan daun tersebut dengan cara mencucinya sampai daun tersebut.

Langkah ini cukup bermanfaat menghilangkan bakteri serta pestisida yang bisa jadi menempel pada daun binahong tersebut.

2. Gantung Daun Binahong pada Sangkar Burung Lovebird

Pada saat anda memberikan daun binahong untuk lovebird, anda bisa meletakkannya di sela-sela jeruji sangkar. Anda juga dapat memotongnya kecil-kecil, kemudian taruh pada tempat pakan burung.

Ketika anda memberikan daun binahong untuk lovebird yang berpasangan kemungkinan besar daun juga akan dibawa pada glodok maupun sarang. Sebab, burung lovebird terkadang memang membutuhkan rerumputan atau dedaunan kering untuk dibawa masuk ke sarangnya.

Cara Mengobati Lovebird Luka dengan Binahong

Manfaat daun binahong untuk lovebird ternyata juga bisa untuk mengobati luka yang ada pada tubuh lovebird. Tak hanya dapat mengatasi berbagai gangguan kesehatan tersebut, daun binahong juga dapat menyembuhkan luka yang disebabkan oleh infeksi maupun cedera.

Langkahnya, anda bisa terlebih dahulu menumbuk daun binahong hingga keluar cairan maupun getahnya. Untuk hasil tumbukan itu selanjutnya ditempelkan pada bagian tubuh burung yang ada luka.

Beraneka manfaat daun binahong untuk lovebird tersebut juga merupakan salah satu solusi di dalam meningkatkan stamina lovebird peliharaan anda serta mencegah beberapa penyakit lainnya yang menyerang pada burung paruh bengkok ini.

Tinggalkan Komentar