Manfaat Buah Mengkudu Untuk Pleci dan Cara Meraciknya

Bagi anda para penghobi burung, pastikan anda mengetahui berbagai jenis buah yang sangat disarankan untuk dijadikan sebagai pakan burung kesayangan anda. Hal ini tak terkecuali dengan jenis burung kicau seperti halnya burung pleci.

Ada banyak jenis buah yang sangat baik untuk burung pleci. Adapun salah satunya ialah buah mengkudu. Buah yang namanya sudah tak asing didengar ini memang memiliki beragam manfaat saat dijadikan pakan burung kicau, termasuk pleci. Manfaat buah mengkudu untuk pleci tak bisa dianggap remeh.

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Pleci

Salah satu manfaat buah mengkudu untuk pleci ialah meningkatkan stamina pleci. Pemberian buah mengkudu dengan takaran yang pas dan di waktu yang tepat bisa membuat stamina burung pleci menjadi lebih bagus. Hal ini tentu saja menjadikan burung pleci menjadi semakin rajin berkicau.

Buah mengkudu seringkali dijadikan sebagai salah satu bahan racikan untuk mendongkrak stamina burung pleci. Mengkudu itu sendiri adalah jenis buah yang bisa tumbuh di dataran rendah sampai ketinggian 1.500 mdpl. Selain mengkudu, buah ini juga sering disebut dengan nama cengkudu, wengkudu, noni, ach, dan masih banyak lainnya.

Tanaman mengkudu bisa tumbuh sampai tingginya mencapai 3-8 meter. Buah mengkudu ini berbentuk bulat lonjong dengan warna hijau. Jenis buah mengkudu ini juga ada totolnya. Buah yang satu ini terbilang cukup mudah ditemukan.

Racikan Buah Mengkudu Untuk Pleci

Manfaat buah mengkudu untuk burung pleci bisa terlihat dengan anda membuatnya menjadi racikan pakan. Cara membuat racikan buah mengkudu pun cukup mudah. Pastikan anda menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu.

Bahan

Bahan yang diperlukan untuk membuat racikan buah mengkudu itu sendiri meliputi air bersih sebanyak 600ml, jahe sebesar ruas telunjuk, 2 buah gula merah atau gula aren, dan 1 buah mengkudu berukuran besar. Pastikan jahe yang sudah anda siapkan tersebut dimemarkan secukupnya.

Sementara untuk bahan gula merahnya, anda bisa mengirisnya kecil-kecil. Hal ini dilakukan supaya gula mudah larut nantinya. Lain halnya untuk buah mengkudu, anda bisa memotongnya hingga menjadi beberapa bagian sesuai keinginan.

Cara Membuat

Setelah semua bahan yang dibutuhkan telah siap, anda bisa segera mendidihkan air bersih. Setelah itu, anda masukkan gula merah yang kemudian disusul dengan buah mengkudu. Lanjut dengan memasukkan jahe yang sudah dimemarkan tadi.

Didihkan sampai air berubah warna. Pastikan juga gula merah sudah benar-benar larut, buah mengkudu sudah hancur, serta aroma jahe telah tercium. Setelah itu, angkat, saring, dan dinginkan racikan buah mengkudu, gula merah, dan jahe tersebut.

Tips Pemberian Racikan Mengkudu

Setelah racikan buah mengkudu sudah selesai dibuat dan telah dingin, anda bisa memberikannya kepada burung pleci kesayangan anda. Hanya saja, pemberian racikan mengkudu tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Ada tips tertentu yang bisa anda cermati untuk melakukannya.

Anda bisa berikan minuman racikan buah mengkudu sedikit demi sedikit sesuai dengan porsi dan takaran untuk burung pleci. Sementara untuk sisa minuman racikan buah mengkudu bisa anda simpan kembali. Sisanya tersebut bisa untuk keesokan harinya sampai habis.

Manfaat buah mengkudu untuk pleci bisa semakin cepat terlihat apabila anda memperbanyak airnya. Hal ini dilakukan agar larutan racikan buah mengkudu menjadi lebih encer atau tak terlalu kental. Perlu diketahui, apabila minuman racikan buah mengkudu terlalu kental, biasanya burung pleci enggan untuk makan voer yang disediakan.

Tinggalkan Komentar