Mandi Malam Ternyata Bermanfaat untuk Burung Kicau

Memandikan burung piaraan kemudian menjemurnya merupakan rutinitas yang biasa dilakukan para pencinta burung. Namun, tahukah Anda, ternyata beberapa jenis burung kicau akan lebih baik dimandikan pada malam hari?

Mandi malam ternyata dapat memberikan banyak manfaat untuk burung kicau dari keluarga Turdidae dan Muscicapidae. Burung-burung seperti anis, kacer, murai batu, dan sikatan ternyata perlu dimandikan pada malam hari.

Mandi malam menjadi terapi bagi burung-burung ini untuk menurunkan birahinya. Burung kicau dari keluarga Turdidae dan Muscicapidae cenderung mengalami over birahi pada malam hari. Mandi malam dapat menurunkan intensitasnya. Ketika birahinya stabil, burung akan lebih banyak makan dan suaranya makin gacor.

Namun, mandi malam untuk burung kicau tidak boleh dilakukan sembarangan. Terdapat beberapa syarat dan kondisi yang harus diperhatikan, yakni:

  1. Burung harus dalam kondisi sehat dan fit, tidak sakit dan tidak lemah.
  2. Kondisi cuaca tidak terlalu dingin, tidak sedang hujan atau berangin kencang. Jika kondisi cuaca sedang tidak mendukung, burung bisa dimandikan di dalam rumah dan disimpan di dalam kamar dalam kondisi jendela tertutup.
  3. Burung sudah dewasa. Burung bakalan sebaiknya jangan dimandikan saat malam hari.

Adapun tata cara mandi malam untuk burung kicau antara lain:

  1. Untuk keluarga Turdidae, mandi malam bisa dilakukan antara pukul 7-10 malam. Sebagian pencinta burung memandikan pada pukul 9 atau 10 malam.
  2. Khusus burung kacer dan murai batu, terapi mandi malam tidak boleh dilakukan pada burung bakalan karena dapat menyebabkan stres. Hal ini juga berlaku untuk keluarga Muscicapidae seperti decu, sikatan, dan semua jenis flycacther
  3. Cara memandikan burung bisa dengan disemprot halus atau mandi dalam keramba.
  4. Durasi mandi bisa disesuaikan dengan kebiasaan burung, sekitar 30-60 menit.
  5. Setelah dimandikan, burung dianginkan sambil diberi pakan tambahan yang cocok. Setelah bulu kering, burung bisa diberi kerodong agar dapat istirahat dengan maksimal.
  6. Keesokan harinya, burung langsung diembunkan agar burung cepat memiliki suara yang keras (ngeplong).

Jika suara burung sudah ngeplong dan masalah over birahi sudah teratasi, terapi mandi malam untuk burung kicau bisa dihentikan. Terapi mandi malam ini bermanfaat untuk burung kicauan namun tidak berlaku untuk semua jenis burung. Beberapa jenis burung justru tidak boleh dimandikan pada malam hari, seperti cucak ijo dan lainnya.

Tinggalkan Komentar