Home » Kabar Burung » Makanan Jalak Kapas Agar Selalu Sehat dan Merdu Kicaunya

Makanan Jalak Kapas Agar Selalu Sehat dan Merdu Kicaunya

Bagi semua komunitas pecinta burung, beternak burung jalak telah menjadi salah satu rahasia umum. Di samping dijadikan sebagai hobi, beternak burung jalak menjadi salah satu langkah bisnis yang dapat mengembangkan potensi penghasilan.

Salah satu burung jalak yang banyak digemari adalah jalak kapas. Mungkin anda sudah tidak asing mendengar nama burung jalak kapas ini. Namun apakah anda sudah tahu bagaimana cara perawatannya? Apa makanan jalak kapas dan bagaimana agar bisa berkicau dan sehat selalu.

Kali ini kita akan bagikan informasi secara lengkap mengenai makanan jalak kapas dan juga cara perawatannya dengan baik dan benar. Agar burung jalak kapas yang ada pelihara selalu dalam kondisi sehat dan selalu terdengar merdu kicauannya.

Makanan Jalak Kapas dan Perawatannya

Makanan Jalak Kapas Agar Selalu Sehat dan Merdu Kicaunya
gambarhij.blogspot.com

Seperti dalam melakukan perawatan pada burung lain, dalam merawat burung jalak kapas juga tidak terlepas dari masalah kebersihan sangkar. Pemberian makanan bagi jalak kapas secara teratur dan juga perlakuan sehari-hari yang sesuai pada sifat dan juga kebiasaan burung jalak kapas.

Umumnya burung jalak kapas suka dengan makanan seperti yang dimakan oleh burung jalak lainnya. Mulai dari binatang kecil seperti serangga dan juga sejenis buah-buahan. Jalak kapas yang dipelihara para peternak umumnya mereka sudah bisa terlatih untuk makan voer.

Burung jalak kapas berbeda dari burung jalak yang lain. Bila biasanya burung jalak cenderung cerewet atau gacor, tapi burung jalak kapas terkenal pendiam atau jarang berkicau. Tetapi burung ini mempunyai kepandaian yang sama untuk menirukan suara burung lain.

Ketika memelihara jalak kapas ini, makanan utamanya tidak menggunakan voer. Selain itu voer dapat diberikan setiap hari tetapi harus diimbangi dengan berbagai macam makanan lain. Kebanyakan jenis burung memang telah mengkonsumsi voer khususnya burung jalak kapas. Untuk asupan sampingan, maka anda bisa memberikan jangkrik atau kroto. Anda dapat memberinya 5 ekor jangkrik setiap hari sebagai salah satu sumber energi dan nutrisi.

Seperti beberapa burung lain, jalak kapas juga suka dengan buah yang mempunyai tekstur lembut. Namun jalak lebih suka pisang kepok. Saat anda memberikan pisang kepok setiap hari sebagai makanan sampingan, maka jalak kapas dapat gacor dengan lebih nyaring.

Kebersihan Kandang

Burung Jalak Kapas
instagram.com

Menjaga kebersihan kandang menjadi salah satu poin penting di dalam beternak. Kondisi kandang yang kumuh menyebabkan burung akan merasakan kondisi tidak nyaman berada di dalam kandang. Sehingga ini bisa membuat jalak kapas menjadi stres dan nafsu makannya bisa berkurang.

Di dalam kandang yang bersih anda juga harus memastikan bahwa suplai air minum untuk jalak selalu terpenuhi. Sebaiknya anda mengganti air minum minimal 1 hari sekali setiap pagi.

Kondisikan pula tempat minum harus senantiasa bersih. Dengan demikian, kotoran tidak mengendap dan akhirnya air terkontaminasi sehingga burung akan mudah sakit.

Selain memberikan makanan yang baik dan menjaga kebersihan kandang memandikan burung jalak kapas setiap pagi ketika di gantang akan sangat baik.

Caranya cukup mudah hanya dengan menyemprot air dengan botol spray atau semprot sampai tampak basah. Disamping ini sebagai tanda bentuk kebersihan jalak juga akan merasa lebih segar saat dimandikan.

Dengan melakukan perawatan dan pemberian makanan jalak kapas secara tepat, maka burung jalak kapas yang anda pelihara bisa selalu sehat dan akan berkicau dengan nyaring. Untuk itu, melakukan perawatan dengan benar sangat dianjurkan saat anda memelihara jalak kapas.

Tinggalkan Komentar