Jenis Makanan Burung Serindit Yang Paling Baik Agar Gacor

Serindit punya suara kicauan yang penuh denngan dencingan. Untuk anda pecinta burung kicau yang baru pertama kali memelihara, suara dencingan serindit memang terdengar cukup aneh.

Akan tetapi, bila sudah terbiasa, suara itu justru terdengar semakin merdu. Burung serindit mudah untuk dipelihara, sebab cepat beradaptasi dengan lingkungan manusia.

Akan tetapi, untuk menjadikan burung kicau ini rajin dalam bunyi, masalah makanannya harus benar-benar diperhatikan, baik itu kuantitas, kualitas, dan juga keragamannya.

Pada umumnya, burung Serindit termasuk salah satu burung pemakan buah buahan dan biji – bijian. Kemudian hampir sama dengan jenis burung paruh bengkok yang lainnya.

Misalnya seperti halnya Burung Love Bird. Oleh sebab itu, pastinya anda sebagai pemilik dari burung tersebut harus bisa menyediakan semua jenis makanan utama itu pastinya setiap hari.

Burung serindit juga termasuk salah satu jenis burung peliharaan yang gampang sekali untuk di pelihara.

Burung Serindit juga termasuk salah satu jenis burung yang dapat dijadikan sebagai masteran burung kicau jenis lainnya. Misalnya seperti Burung Murai Batu, Kcaer, Cucak Ijo dan lain lain.

Makanan Burung Serindit

Makanan Burung Serindit
Makanan Burung Serindit

Biasanya burung serindit ini suka memakan biji bijian dan buah buahan, bahkan makan nasi pun bisa. Akan tetapi pastinya tidak mungkin jika serindit harus makan nasi setiap hari.

Terlebih lagi nasi tidak termasuk makanan sehat untuk peliharaan. Oleh sebab itu, anda harus memberikan makanan burung serindit yang sesuai dan bernutrisi.

Apabila burung serindit anda belum mau makan milet atau biji bijian yang lainnya, maka lebih baiknya anda mencoba memberi pisang maupun pepaya yang dibalut dengan milet atau mencampur milet dengan madu. Cara ini begitu baik dalam mengajar serindit untuk memakan milet.

Kedepannya burung serindit akan terbiasa, namun untuk burung serindit yang baru dibeli sebaiknya diberikan buah buahan saja terlebih dahulu.

Kemudian setelah dipelihara dalam waktu beberapa minggu barulah coba beri buah buahan yang telah dicampur milet atau milet yang sudah dibalut dengan madu.

Bubur dan Biskuit Bayi

Bubur, sereal, serta biskuit bayi dapat diberikan sebagai makanan burung serindit tambahan yang baik. Kandungan nutrisinya dapat menjadikan serindit jadi lebih aktif dan rajin berbunyi.

Langkah pemberiannya bervariasi, bisa juga dicampur terlebih dulu dengan air sampai menjadi bubur, atau dapat juga diberikan dalam bentuk remahan.

Buah-buahan Yang Manis

Burung Serindit juga sangat menyukai buah-buahan yang punya rasa manis. Kandungan gula dari buah-buahan ini beitu tinggi dan akan memberikan energi yang cukup untuk serindit dalam beraktivitas sepanjang hari.

Terdapat berbagai jenis buah yang dapat diberikan kepada serindit supaya rajin bunyi. Misalnya seperti buah pepaya, mangga, pisang, semangka, dan lain sebagainya.

Nektar dan Air Gula

Burung Serindit Makan Nektar
Burung Serindit Makan Nektar

Nektar atau sari bunga merupakan cairan yang manis kaya gula yang ada dalam bunga dan juga tumbuhan. Nektar dapat diperoleh dalam bentuk serbuk yang banyak dijual di pasar atau di kios burung.

Selain itu, Anda pun juga dapat menjadikan nektar buatan dengan mencampurkan air putih serta gula (perbandingan 1:4). Agar hasil lebih maksimal, berikan nektar 2 hingga 3 kali seminggu, dengan waktu pemberian saat pagi hari.

Sayuran Yang Segar

Sayur-sayuran yang segar juga harus ada setiap hari untuk diberikan pada serindit kesayangan Anda. Sayuran berkhasiat untuk menjaga kondisi tubuh burung supaya tidak mudah terkena penyakit.

Adapun jenis sayuran yang dapat diberikan kepada burung serindit antara lain yaitu tomat, wortel yang sudah diparut, jagung muda, kangkung, serta tauge.

Tinggalkan Komentar