Jenis Makanan Burung Poksay Mandarin Agar Bisa Gacor

Poksay Mandarin (Garrulax mitratus) merupakan salah satu jenis burung poksay yang masih banyak dan mudah dijumpai di Indonesia. Selain memiliki kicauan yang merdu, Poksay Mandarin termasuk jenis burung yang aktif. Makanan burung Poksay Mandarin di alam liarnya yaitu aneka buah-buahan segar.

Makanan Burung Poksay Mandarin
flickr.com

Jenis Makanan Burung Poksay Mandarin

Jika Anda memelihara burung Poksay Mandarin, maka jangan lupa untuk melakukan perawatan yang terbaik. Dengan perawatan yang baik, burung peliharaan akan bisa sehat dan gacor.

Salah satu hal yang tidak boleh dilupakan yaitu dengan memberikan jenis makanan burung Poksay Mandarin yang tepat. Pemberian pakan yang tepat akan sangat berpengaruh terhadap kualitas suara burung.

1. Buah-Buahan Segar

Seperti yang telah kita tahu, jika makanan burung Poksay Mandarin di alam liar yaitu berupa buah-buahan. Mulai dari pisang, pepaya, dan jenis buah segar yang lainnya.

Untuk pemberiannya, Anda bisa memberikan jenis buah segar ini setiap hari atau paling tidak seminggu 2 sampai 3 kali. Untuk pemberian makanan, berikan secara selang-seling di variasikan saja supaya burung poksay tidak jenuh dan bosan.

2. Pakan Voer

Tak hanya buah-buahan segar saja, saat memelihara burung Poksay Mandarin Anda juga bisa memberikannya pakan instan berupa voer. Jika Anda ingin memberikannya voer, maka pilihlah voer yang kasar.

Jika burung peliharaan Anda baru saja dapat dari hasil tangkapan, maka tentunya burung ini belum mau makan voer. Perlu ada usaha untuk melatihnya hingga mau memakan voer sebagai pakan hariannya.

Cara yang bisa Anda coba yaitu dengan mencampurkan voer tersebut bersama buah pisang ataupun pepaya. Anda bisa mencoba memberikan makanan burung Poksay Mandarin ini secara rutin selama kurun waktu 1 sampai dengan 2 mingguan.

Jika dilakukan rutin dan telaten, maka lama kelamaan Poksay Mandarin Anda bisa terbiasa dan akan mau makan voer total.

3. Serangga Kecil

Selain buah-buahan dan voer, Anda juga perlu memberikan pakan tambahan lain berupa serangga. Anda bisa memberikan jangkrik, kroto dan ulat setiap hari.

Nah, untuk pemberian makanan burung Poksay Mandarin berupa kroto ini , Anda dapat memberikannya 4 kali dalam seminggu. Jumlahnya antara 1 sampai dengan 2 sendok makan. Usahakan Anda memberikan pakan berupa kroto yang masih segar.

Jangan sampai memberikan kroto yang sudah bau pada Poksay Mandarin Anda. Sebab, bisa menyebabkan burung mencret dan macet bunyi.

Untuk jangkrik, Anda bisa memberikannya setiap hari dengan porsi sebanyak 3 ekor di pagi hari dan 3 sore di pagi hari.

Sedangkan pemberian serangga berupa ulat hongkong ataupun ulat kandang Anda bisa memberikannya 2 kali saja dalam seminggu. Jumlah takarannya bisa sebanyak 1 sendok makan saja.

Cara Memaster Poksay Mandarin

Burung Poksay Mandarin memiliki kicauan yang bervariasi dan mudah dalam perawatannya. Meskipun demikian, Anda harus tetap merawatnya dengan sebaik mungkin.

Jangan lupa untuk melakukan pemasteran terhadap burung ini. Poksay Mandarin tergolong jenis burung pintar dan mudah masuk dan pandai menirukan suara-suara yang didengarkannya.

Jika Anda rajin melakukan pemasteran terhadap burung ini, maka bisa dipastikan kualitas suaranya akan semakin meningkat. Waktu pemasteran yang tepat yaitu pada saat burung ini sedang dalam masa mabung.

Namun, jika burung Poksay Mandarin sedang tidak mabung, Anda bisa mencoba memasterkannya saat malam hari saja dengan menggunakan karakter isian yang kasar. Tujuannya supaya isian tersebut bisa masuk ke dalam burung peliharaan Anda.

Dengan melakukan pemasteran dan memberikan jenis makanan burung Poksay Mandarin yang tepat, maka burung peliharaan Anda bisa menampilkan suara yang sangat memukau.

Update Info Terbaru