Jenis Makanan Untuk Burung Parkit Yang Baik Agar Gacor

Salah satu jenis burung yang kerap dipelihara oleh para pecinta burung kicauan adalah burung parkit.

Yang mana hal tersebut dikarenakan oleh burung jenis ini mempunyai berbagai macam varian warna yang membuat penampilan burung ini enak dipandang mata.

Tak hanya itu saja, burung parkit juga memiliki kicauan yang termasuk bagus. Walaupun tidak cukup banyak perlombaan burung parkit yang diadakan.

Akan tetapi hal tersebut tidak akan mengurangi minat dari para pecinta burung untuk memelihara burung parkit ini.

Banyak orang yang menyebut urung parkit ini dengan sebutan burung bayan atau betet. Hal ini disebabkan memang burung parkit masih termasuk kedalam jenis burung bayan ataupun burung betet.

Makanan Burung Parkit
Makanan Burung Parkit

Karakteristik Burung Parkit

Burung Parkit ialah jenis burung yang menyukai makanan biji-bijian. Dan burung tersebut termasuk pada jenis burung paruh bengkok.

Parkit memiliki warna yang beragam ada warna kuning ,hijau dan ada juga warna biru ke hijauan dengan banyaknya pilihan warna pada burung parkit.

Oleh sebab itu banyak sekali yang membeli burung parkit untuk dibuat sebagai peliharaan khususnya hiasan.

Pada umumnya anak anak kecil juga senang sekali dengan burung parkit sebab ukuran badan burung yang mungil serta lucu.

Burung parkit termasuk burung lucu dan tampak cantik sekali. Akan tetapi untuk kicauan burung parkit ini berbeda seperti jenis burung kicauan lainya.

Misalnya seperti burung cendet maupun burung jalak. Untuk burung parkit hanya punya kicauan yang lantang saja.

Kemudian untuk cara merawatnya juga begitu mudah sekali, oleh penggemar burung kicauan burung parkit sekarang ini banyak di kembangbiakan caranya dengan ditangkarkan.

Untuk anda yang sekiranya mungkin gemar dengan burung berkicau dengan jenis yang satu ini, maka tidak ada salahnya jika terlebih dahulu mengetahui tentang makanan burung parkit yang bagus.

Karena dengan jenis makanan yang bagus burung ini akn mau berkicau dengan gacornya.

Dengan anda tau tentang apa saja jenis makanan burung parkit tersebut, maka anda akan bisa melakukan perawatan burung parkit ini dengan cara yang lebih baik.

Makanan yang baik bisa menjadikan burung parkit menjadi lebih gacor, karena dalam melatih burung supaya gacor salah satu caranya yaitu dengan pemberian makanan yang tepat.

Oleh karena itu, untuk anda yang punya burung berkicau, anda harus tau akan jenis-jenis makanan apa saja bisa menjadikan burung tersebut jadi lebih gacor.

Sebab ada juga beberapa jenis makanan yang justru dapat membuat burung itu macet atau tidak mau berkicau.

Makanan Burung Parkit

Sebenarnya untuk makanan Burung Parkit tidaklah begitu sulit ditemukan. Sebab burung parkit ini adalah penggemar dari biji-bijian, sayuran dan juga makanan berupa buah-buahan. Sama seperti halnya makanan burung srindit.

Burung parkit pada saat ini bisa dibilang cukup mudah ditemukan. Hal ini dikarenakan memang perawatannya yang lebih mudah, dan juga sudah banyak penangkarnya.

Apabila anda menyederhanakannya, maka merawat burung Parkit pun akan menjadi lebih sederhana.

Sebaliknya jika anda membuat perawatannya menjadi rumit, maka cara merawat Burung Parkit pun akan menjadi sangat rumit dan juga merepotkan.

Berikut ini mkanan burung parkit yang bisa anda berikan agar bisa menjadi lebih gacor.

Biji-bijian

Makanan yang paling digemari Burung Parkit antara lain adalah biji-bijian. Biji-bijian pada umumnya berasal dari biji jagung muda dan khususnya yang masih segar dan juga basah.

Jika anda membeli biji jagung dari para petani, ada baiknya anda terlebih dahulu memeriksa biji jagung tersebut dengan cara merendamnya dalam baskom.

Apabila biji jagung tenggelam itu tandanya jika biji jagung itu masih bagus. Akan tetapi sebaliknya, apabila bijinya terapung maka kemungkinan besar jagung itu sudah kering dan sudah kopong.

Selanjutnya biji-bijian yang disukai oleh burung ini yaitu beras merah. Anda dapat memilih biji berupa beras, yang bagus atau membelinya dari petani.

Lalu burung parkit ini juga menyukai milet putih ataupun milet merah. Kedua millet tersebut dapat menjadi makanan favorit burung Parkit.

Burung ini juga sangat menyukai Jewawat. Beberapa daerah menyebutnya dengan sebutan Otek. Sedangkan di daerah Nusa Tenggara menyebutnya dengan Betematau atau Jawe.

Sayur Sayuran

Makanan burung Parkit selanjutnya yang bagus untuk burung parkit yaitu adalah sayur-sayuran. Semua orang pasti mengetahui jika sayur itu memang baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Akan tetapi hal tersebut juga dapat berpengaruh terhadap hewan, contohnya seperti burung parkit ini.

Burung parkit dapat mengkonsumsi berbagai macam dari jenis sayuran seperti halnya sayur bayam, kol, toge, dan juga sayur brokoli.

Pemberian makan sayur untuk burung parkit ini dapat dilakukan sebanyak dua kali dalam seminggu menjadi selingan dari pakan biji-bijian.

Kemudian untuk jenis sayuran yang memang sebaiknya tidak diberikan kepada burung parkit yaitu sayur jenis terong.

Buah Buahan

Sudah bisa dipastikan jika semua burung itu sangatlah suka dengan buah-buahan. Akan tetapi tidak semua jenis buah itu akan disukai pada setiap jenis burung.

Seperti halnya pada burung parkit, burung ini sangat suka memakan buah apel, pisang, pir, dan juga buah melon.

Sedangkan untuk jenis buah yang sebaiknya tidak diberikan kepada burung jenis parkit adalah buah alpukat dan untuk buah yang punya warna coklat.

Sebab hal tersebut tidak cukup baik untuk burung parkit ini. Karena kedua buah tersebut baik coklat ataupun alpukat dikenal sebagai buah beracun untuk burung parkit ini.

Batu Kerikil

Untuk jenis makanan burung parkit ini mungkin sangat aneh , karena memang tidak semest batinyau krikil itu dimakan.

Akan tetapi, anda tidak perlu merasa heran akan hal tersebut, karena pada habitat aslinya burung ini kerap sekali memakan batu kerikil.

Tidak hanya burung parkit saja, akan tetapi burung merpati juga sering memakan batu kerkil. Burung parkit memakan kerikil-kerikil kecil guna membantu menghaluskan makanan.

Hal ini tidak lepas dari adanya ampela ataupun gizard yang dipunyai oleh Burung Parkit. Pencernaan tersebut dapat menampung kerikil yang akan membantu dalam menghaluskan biji-bijian yang telah dimakannya.

Jadi, sebelum biji-bijian itu masuk ke dalam usus burung, terlebih dahulu akan biji akan diremas-remas di ampela dan manfaatkan kerikil kecil dalam menghaluskannya supaya lebih mudah diserap pada waktu berada di usus.

Fungsinya kurang lebih sama seperti halnya bagian gigi pada manusia yang bertujuan untuk menghaluskan makanan.

Pakan Jadi

Selain memberikan makanan yang berasal dari makanan alami yang bisa kita dapatkan di pasar atau di penjual sayuran, sebetulnya ada juga makanan yang telah dikemas dalam bentuk profesional yang sudah siap saji diberikan untuk Burung Parkit.

Makanan itu pada umumnya berupa makanan olahan dan gabungan dari bermacam jenis makanan dan juga mengandung berbagai macam vitamin yang sesuai dengan burung tersebut.

Berilah suplemen yang terdapat kandungan vitamin yang baik untuk kesehatan burung parkit ini.

Tinggalkan Komentar