Jenis Makanan Burung Nuri dan Cara Menjinakkannya

Burung nuri merupakan jenis burung yang saat ini dikatakan langka. Meskipun burung nuri tergolong sudah langka, masih ada saja yang menjual burung nuri ini.

Akan tetapi harga burung nuri ini begitu mahal. Sedangkan untuk jenis burung Nuri yang bisa menirukan sebagian kata dari suara suara manusia yaitu jenis burung nuri dengan kepala hitam.

Untuk burung nuri hanya terdapat di wilayah timur Indonesia seperti halnya Papua, Ternate, dan juga di Ambon.

Burung nuri yang terdapat di daerah tersebut punya jenis tersendiri. Dan salah satu yang paling banyak di cari oleh para pecinta burung kicauan adalah jenis burung nuri yang berjenis kepala hitam.

Pada habitatnya slinya, burung ini biasanya hidup dalam berkelompok dalam satu kawanan burung nuri.

Dan biasanya terdiri dari 6 hingga 8 ekor dan termasuk dalam jenis burung yang mendapat perlindungan negara. Sebab populasinya yang hampir punah oleh perburuan liar.

Makanan Burung Nuri
Makanan Burung Nuri

Burung Nuri juga merupakan burung cerdas yang memiliki bentuk lidah cukup unik sehingga dapat menirukan berbagai suara .

Jenis burung nuri ini termasuk salah satu burung yang mempunyai bulu warna yang begitu indah dan suara yang dihasilkan juga sangat khas dan indah.

Sehingga, sayang sekali jika burung ini tidak dilatih dengan benar sesudah dibeli.

Akan tetapi tidak banyak yang mengetahui bahwa sebenarnya burung Nuri akan menjadi semakin bagus apabila dirawat dengan baik.

Dan tentunya diberikan makanan yang bergizi dan cocok untuknya. Berikut ini makanan burung nuri yang sebaiknya anda berikan.

Buah Buahan

Sebagai burung paruh bengkok, burung ini sangat menyukai berbagai macam buah-buahan seperti buah apel.

Sama dengan makanan burung parkit, karena sama-sama termasuk jenis burung paruh bengkok. Tak hanya itu saja, buah pir juga dapat dijadikan sebagai makanan dari burung nuri.

Buah apel juga banyak terdapat kandungan fitokimia yaitu zat antioksidan yang memiliki fungsi sebagai penangkal radikal bebas.

Jadi burung yang mengkonsumsinya dapat terbebas dari berbagai ancaman polusi udara dan juga lingkungan sekitarnya.

Selain itu, buah ini juga mempunyai banyak kandungan mineral lain seperti halnya magnesium, kalsium potasium serta zinc.

Akan tetapi apel sepertinya lebih sulit dijumpai jika dibandingkan dengan buah pisang. Buah Pisang banyak mengandung gizi dan sangatlah cocok diberikan untuk burung Nuri.

Menurut beberapa penelitian, buah pisang terdapat kandungan 68% air, 25% gula kemudian sisanya 2% protein dan juga 1% lemak.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa burung Nuri juga sangat menyukai makanan-makanan yang manis.

Pada waktu masih kecil atau apabila masih anakan, biasanya burung Nuri ini diberikan makanan yang berupa air gula.

Manfaat dari buah pisang bisa meningkatkan kekebalan tubuh burung dan juga dapat mengatasi gangguan pencernaan.

Tak hanya itu saja, anda juga dapat memberikannya pepaya yang matang. Sebab buah ini juga sangatlah disukai oleh berbagai jenis burung Nuri.

Sayuran

Bisa dipastikan bahwa burung Nuri sangat suka dengan makanan burung nuri dengan jenis buah buahan. Akan tetapi, selain itu, burung ini juga sangat suka dengan berbagai jenis sayur-sayuran.

Sayur-sayuran yang disukai oleh burung nuri adalah kentang, brokoli, wortel dan sesekali anda bisa memberikannya sayuran jenis kangkung.

Atau anda dapat memberikan ubi ubian. Sedangkan dari umbi-umbian, anda dapat memilihkan ubi jalar yang terkenal mempunyai banyak sekali manfaat dan juga dapat melancarkan pencernaan sebab banyak terdapat kandungan serat.

Pelet Khusus Burung

Makanan burung nuri jenis ini merupakan makanan yang pembuatannya dengan berbagai macam campuran seperti halnya buah dan sayuran.

Akan tetapi, makanan ini menjadi lebih praktis sebab telah dibuat dalam bentuk pelet.

Jadi anda tidak perlu repot-repot dalam meracik makanan burung itu sendiri.

Akan tetapi burung anda juga masih tetap mendapatkan nutrisi dari kandungan yang ada pada makanan yang didapatkan.

Selain anda bisa memberikan makanan alami, burung ini juga boleh diberikan pelet lele.

Pakan Buatan

Ada sebagian orang yang sering melakukan riset dan juga membuat sendiri pakan untuk hewan peliharaan mereka.

Tanpa terkecuali dengan berbagai macam jenis burung kicau yang ada. Pada umumnya para pencinta burung juga menciptakan sendiri pakan yang mereka inginkan.

Karena mengingat mahalnya harga dan juga sulitnya menemukan makanan bergizi khusus untuk burung nuri tersebut.

Salah satu untuk makanan buatan burung Nuri yaitu, campuran dari gandum, sayur, beras merah, millet dan juga jewawut.

Seluruh bahan makanan tersebut dapat dicampurkan serta dijadikan bubur selanjutnya diberikan untuk burung Nuri.

Susu

Sebagian dari pecinta burung yang dengan cara rutin melatih burung Nuri mereka untuk berbicara mengungkapkan jika makanan burung nuri yang berupa susu adalah salah satu minuman yang tidak boleh ditinggalkan.

Tujuannya adalah untuk memancing suara dan juga untuk meningkatkan kualitas dan juga kesehatan dari burung itu sendiri.

Biji-Bijian

Biji-bijian juga merupakan salah satu jenis makanan yang sangat disukai oleh burung jenis paruh bengkok.

Akan tetapi apabila sejak awal anda tidak pernah memberikan makanan burung nuri jenis ini kepada burung jenis paruh bengkok atau telah lama tidak diberikan biji-bijian.

Maka lebih baiknya tidak memberikan makanan tersebut kepada burung nuri anda.

Cara Merawat Burung Nuri

Para pecinta burung kicauan pastinya akan tertarik oleh suara yang di hasilkan burung nuri.  Sebab  suara yang lantang dan juga ritme yang berubah ubah namun  stabil membuat penggemar burung senang memeliharanya.

Umumnya mereka membeli burung nuri yang masih anakan inisupaya anakan burung nuri tersebut dapat dilatih dan nantinya dapat menghasilkan suara kicauan yang bagus.

Penangkapan yang dilakukan orang dengan memakai jaring maupun pulut biasanya mendapatkan burung nuri yang sudah tua dan harganya pun agak sedikit lebih murah sebab memang burung ini masih liar serta butuh proses penjinakan.

Sesungguhnya cara menjinakkan burung kunci utamanya ada pada diri kita sendiri, seperti apa kita memperlakukan burung itu.

Apabila burung peliharaan kita merasa disayangi oleh pemeliharanya, maka dengan sendirinya burung itu  jadi jinak dan kerap berkicau dengan suara yang sangat bervariasi.

Apabila burung peliharaan diperlakukan dengan kasar maka secara otomatis burung peliharaan tidak akan mau jinak dengan kita.

Kemudian tidak akan mengeluarkan kicauan seperti halnya burung yang telah jinak.

Supaya burung nuri peliharaan anda jinak, maka buat tempat tinggalnya nyaman. Caranya dengan membuat sangkar yang terbuat dari besi.

Untuk jenis burung nuri, kandang yang tertutup kurang efisien untuk menjinakkan . Dianjurkan pakai kandang terbuka,kalian bisa bikin dari pipa besi kecil dibentuk persegi atau dari kayu rotan yang bentuk setengah lingkaran.

Kemudian gunakan rantai kecil untuk pengaman untuk diikatkan pada tali. Pakailah batok kelapa yang telah di potong dengan bentuk persegi kecil lalu lubangi atas bawah nya untuk lubang kaki.

Tinggalkan Komentar