Karakteristik Lovebird Muka Salem dan Daerah Persebarannya

Lovebird termasuk salah satu dari jenis burung yang punya warna paling indah dan cantik. Maka tidak heran lagi jika Lovebird sering dikembangbiakkan oleh para penghobi burung hanya untuk mencari warna-warna baru serta langka. Jika warna Lovebird semakin langka, maka harga jualnya semakin tinggi.

Pada dasarnya yang diketahui dari jenis Lovebird hanya terdapat 9 jenis saja, seperti halnya Lovebird Muka Salem (Agapornis roseicollis), Lovebird Nyasa (Agapornis lilianae), Lovebird Pipi Hitam dengan nama latin Agapornis nigrigenis, Lovebird Fischer/Agapornis fischeri.

Lovebird Muka Salem
Lovebird Muka Salem

Selain itu ada juga Lovebird Topeng /Agapornis personata, Lovebird Abisinia (Agapornis taranta), Lovebird Madagaskar (Agapornis cana), Lovebird Muka Merah (Agapornis Pullaria). Kemudian ada juga Lovebird Kerah Hitam (Agapornis Swinderniana).

Akan tetapi, dengan berjalannya waktu, burung ini sering disilangkan guna menghasilkan warna mutasi bulu.

Terdapat bermacam jenis Lovebird yang kerap disilangkan untuk menghasilkan warna mutasi. Diantaranya adalah Lovebird muka salem, Lovebird Fischer, serta Lovebird Topeng.

Selanjutnya, di tiap jenis Lovebird itu akan menghasilkan warna mutasi yang baru dan bermacam macam.

Untuk jenis Lovebird Muka Salem ini juga bisa menghasilkan berbagai macam warna mutasi. Antara lain yaitu Lovebird Lutino, Lovebird Blorok, Lovebird Australian Cinnamon, Lovebird Biru Pastel, dan juga Lovebird Albino.

Lovebird Muka Salem

Lovebird merupakan jenis burung yang jenisnya memang bisa terbilang cukup banyak. Salah satunya adalah lovebird dengan muka salem ini.

Dan yang paling unik dari lovebird muka salem ini adalah lovebird ini merupakan lovebird yang punya warna asli atau bukan hasil persilangan atau perkawinan silang antara bermacam jenis lovebird.

Sama halnya dengan yang kita tahu sekarang ini banyak sekali macamlovebird baru yang ada. Dan sebagian besar itu kebanyakan termasuk hasil persilangan.

Lovebird muka salem termasuk jenis lovebird yang memiliki keunikan yang beda dengan jenis lainnya. Khususnya pada bagian warnanya yang lembut dan juga terlihat kalem.

Sebab punya warna asli, ciri-ciri dari lovebird dengan muka salem ini terbilang unik dibanding jenis lovebird lainnya. Banyak dijumpai pada tempat kering antara lain daratan Afrika tepatnya di barat daya yang lokasinya pada sekitar gurun Namib.

Hingga pada akhirnya para importir mendatangkan burung ini ke wilayah Indonesia. Kemudian di Indonesia ini peminatnya sangat banyak dan juga banyak yang mengembangbiakkan jenis lovebird ini.

Lovebird Muka Salem merupkan hewan yang begitu sosial dan kerap berkumpul di dalam kelompok kecil saat di alam liar. Burung jenis ini makan sepanjang hari dan juga mandi dengan sesering mungkin.

Warnanya bisa begitu bervariasi di antara populasi. Warna Bulu sangatlah identik untuk jantan dan betina. Lovebird yang populer karena posisi tidur mereka.

Yang mana mereka duduk dengan sisi-sisi serta mengubah wajah mereka satu dengan yang lainnya.

Burung betina punya kebiasaan dalam merobek bahan baku menjadi strip yang panjang, kelok-dasi kemudian membawa ke punggung mereka. Dan selanjutnya terbang kembali guna membuat sarang.

Ciri Ciri Lovebird Muka Salem

Lovebird dengan jenis ini memiliki postur tubuh yang sangatlah menawan. Jika sekilas warnanya seperti tampak pudar dan tidak begitu jelas.

Ini justru warna yang tak umum dipunyai oleh lovebird jenis yang lainnya. Warna dari lovebird standar hijau dan juga kuning. Yang dikombinasi dengan warna merah sedikit abu abu tampak sangat mempesona.

Lovebird jenis ini cukup diminati di pasaran, dan untuk ketersediaannya juga sudah cukup banyak.

Untuk bagian tubuh bawah terdapat warna hijau kekuningan. Pada umumnya, bulu dahi serta bagian belakang mata berwarna merah.

Selanjutnya, di bagian pipi, leher, dan juga bagian dada terdapat warna pink. Sedangkan untuk bagian sayap Lovebird Muka Salem warnanya hijau, namun bagian ujungnya dengan warna kebiruan.

Lovebird jenis ini memiliki ciri warna tubuh yang dipadukan warna hijau yang kurang ngejreng atau kalem dengan perpaduan warna-warna lain yang menjadikan semakin cantik.

Untuk warna tubuh lovebird muka salem ini dilengkapi dengan warna hijau dengan kombinasi warna biru di bagian pangkal ekor atas.

Sedangkan untuk bagian dahi atas hingga bagian bawah paruh berwarna oranye sedikit pudar juga tampak terdaoat campuran warna abu-abu.

Dari perpaduan warna ini yang menjadikan lovebird ini lebih terlihat cantik dan begitu cocok sekali untuk anda yang ingin memeliharanya di rumah.

Dengan postur badan tidak begitu besar yaitu panjang 15 cm menjadikannya nampak lucu untuk dilihat.

Sehingga, jika anda ingin punya lovebird cantik dengan harga terjangkau, maka lovebird dengan muka salem ini sangat cocok untuk anda pelihara.

Persebaran Lovebird Dengan Muka Salem

Spesies ini asalnya dari wilayah yang kering di barat daya Afrika seperti Gurun Namibia. Untuk jangkauannya memanjang dari barat daya Angola pada sebagian besar Namibia.

Menuju ke lembah Sungai rendah Orange pada barat laut Afrika Selatan. Hidup hingga 1.600 meter di atas permukaan laut dan hidup di hutan dengan daun lebar, semi-gurun, serta daerah pegunungan.

Hal ini sesuai pada keberadaan sumber air serta berkumpul pada sekitar kolam untuk minum.

Ahli burung yang berasal dari Prancis yang bernama Louis Jean Pierre Viellot tahun 1818 mengungkapkan jika penamaan burung ini sebelumnya bernama Roseicollis Psittacus.

Selanjutnya penamaan tersebut diubah jadi agapornis seperti genus lainnya.

Umumnya Jenis lovebird ini punya bulu yang indah. Di antara jenis lovebird, jenis lovebird muka salem memiliki suara yang paling keras. Untuk lovebird ini paling mudah untuk dikembangbiakkan.

Di dalam penangkaran sebaiknya dipelihara berpasangan. Sebab tidak cocok dipelihara dengan cara berkelompok ataupun digabungkan dengan jenis burung yang lainnya.

Cara Membedakan Burung Jantan dan Betina

Untuk jenis burung yang berasal dari kelompok intermediate seperti halnyajenis  lovebird muka salem serta black collared. Dari kedua jenis burung ini masih bisa terbilang cukup sulit di dalam membedakan antara jenis kelamin jantan dengan betina. Apabila dilakukan dengan cara mengamati dari ciri ciri fisiknya saja.

Walaupun demikian, tetapi banyak sekali orang yang mengatakan kalau ciri ciri dari lovebird muka salem betina terdapat pada bagian bulu kepalanya. Yang memang cenderung tampak lebih pucat jika dibandingkan dengan bulu bagian kepala milik burung yang jantan.

Kemudian untuk perbedaan ciri ciri lovebird jantan dan juga betina dari jenis black collared, sampai pada saat ini masih belum ada langkah yang mudah yang setidaknya masih dapat dijadikan sebagai tolak ukur guna mengetahui atau membedakan jenis kelamin-nya, kecuali dengan menggunakan metode ilmiah.

Yang terpenting, jika anda memelihara burung lovebird jenis ini dirumah, anda harus merawat dengan sebaik mungkin. Jika burung ini tidak dirawat dengan baik, maka lovebird yang anda pelihara tidak akan bisa menghasilkan kicauan yang bagus.

Untuk itu rawatlah dengan baik mulai dari memandikan, membersihkan sangkar, memberi pakan yang sehat, memberikan vitamin atau suplemen dan lain lain.

Itu semua bertujuan agar anda bisa mempunyai lovebird yang berkualitas dan sehat sesuai yang anda inginkan.

 

 

 

Tinggalkan Komentar