Cara Mengatasi Lovebird Macet Bunyi Biar Kembali Gacor

Memang tidak semua jenis burung yang kita pelihara dapat sesuai dengan apa yang kita inginkan. Tapi, tentunya harus kita harus perhatikan jangan sampai berkelanjutan jika ada keadaan tidak normal.

Keadaan tidak normal yang kerap dialami oleh burung paruh bengkok seperti lovebird yaitu suara yang dimilikinya. Kadang burung lovebird macet bunyi atau macet ngekek karena beberapa hal.

Dan itu bisa menjadikan kita sebagai pemain merasa tidak nyaman dan harus segera ditangani.

Para pemelihara lovebird banyak yang resah sebab suara ngekek yang pada umumnya terdengar tidak lagi kedengaran atau macet bunyi. Burung hanya tampak melakukan aktifitas makan, minum, serta diam/bengong pada atas tangkringan.

Cara Mengatasi Lovebird Macet Bunyi

Lovebird Macet Bunyi
Lovebird Macet Bunyi

Apabila  lovebird peliharaan anda mengalami macet bunyi, anda tidak harus khawatir, Lovebird macet bunyi seperti ini juga kerap dialami oleh jenis burung yang lain.

Nah, guna menghindari supaya masalah ini tidak terulang kembali, Anda bisa menyimak beberapa cara ampuh mengatasi Lovebird yang tidak mau bunyi sewaktu lomba berikut ini.

Memahami Karakter Lovebird

Cobalah anda memahami kharakter Lovebird dengan cara mengamati perlakuan apa yang dapat menjadikan Lovebird Anda nyaman atau gemar berkicau.

Biasanya Lovebird tidak mau bunyi di perlombaan karena lovebird mengalami Over Birahi. Penyebab dari Lovebird over birahi beraneka macam, seperti mendengar suara Lovebird lain yang menjadikannya terangsang.

Bisa juga akibat pemberian pakan dengan kandungan protein terlalu tinggi, dan lain sebagainya. Guna mengatasi Lovebird yang over birahi, Anda dapat mengawinkan Lovebird serta memandikan Lovebird secara rutin hingga basah kuyup.

Sesudah kondisi Lovebird membaik, amati lahapakah Lovebird sudah siap lomba atau belum. Ciri-ciri Lovebird yang siap dilombakan bisa anda lihat dari bentuk sayapnya.

Kedua bagian sayap Lovebird akan tampak saling menyilang. Jika kondisi sayapnya sudah menyilang, itu berarti Lovebird dalam keadaan prima, baik fisik ataupun mental dan siap dilombakan. Tapi, ini tidak bisa dijadikan patokan yang utama.

Buat Lovebird Nyaman Agar Tidak Stress

Buat Lovebird Nyaman Agar Tidak Stress
Buat Lovebird Nyaman Agar Tidak Stress

Burung juga bisa mengalami stress dan hal itu menjadikannya males bunyi. Guna mengatasi hal seperti ini dapat dengan memandikan burung dengan rutin dan jangan dikerodong saat siang hari.

Lalu berikan makanan tambahan seminggu 2 kali saja dan terakhir pakailah terapi suara gemercik air.

Biarkan Lovebird tetap pada sangkar kesukaannya. Tempatkanlah Lovebird pada lokasi yang nyaman, maksudnya Lovebird selalu berkicau pada lokasi tersebut.

Lovebird diletakkan pada tempat yang sejuk. Lovebird jangan ditaruh di tempat yang terlalu panas atau tempat dingin. Sebaiknya jauhkan Lovebird dari predator berbahaya.

Dan biarkanlah lovebid sendiri tanpa suara kicauan Lovebird lain. Jika didekatkan dengan suara kicau. Lovebird yang level sama tidak masalah.

Bila Lovebird terlihat sakit, segera cari penyebabnya kemudian diobati serta diberikan nutrisi atau vitamin supaya kondisinya cepat pulih.

Mengurangi Kegemukan Lovebird

Burung lovebird yang mengalami kegemukan bisa menjadikan lovebird macet bunyi dan malas untuk bergerak dan berkicau. Kegemukan pada lovebird disebabkan karena kurangnya olahraga.

Selain melakukan olahraga, burung lovebird yang keadaan kegemukan juga dianjurkan diberi minuman bervitamin yang bisa menghancurkan lemak berlebih dalam tubuh burung.

Anda bisa meracik sendiri minuman dengan memakai bahan-bahan alami seperti serai. Cara membuatnya yaitu rebus air hingga mendidih.

Lalu taruh pada gelas dan masukan batang sereh kedalamnya. Biarkan selama beberapa menit sampai tercium aroma batang serehitu.

Setelah air ramuan dingin, masukan air itu pada cepuk minuman burung lalu  berikan pada lovebird macet bunyi.

Tinggalkan Komentar