8 Jenis Burung yang Sering Diikutsertakan Lomba

Tahukah Anda apa saja jenis burung yang sering diikutsertakan dalam perlombaan? Bagi Anda yang sudah sering ikut kontes maupun lomba burung berkicau pasti tahu jawabannya. Namun bagi Anda yang baru mulai menggeluti hobi merawat burung, mungkin belum mengetahuinya.

Berikut ini daftar burung yang sering diikutsertakan dalam kontes maupun lomba burung berkicau di Indonesia.

  1. Murai Batu
Murai BAtu Medan – binatang.web.id

Selain memiliki bentuk tubuh yang indah, burung ini dikenal memiliki kicauan yang bagus. Dengan ciri kicauannya yang keras dan merdu, burung tersebut merupakan salah satu burung yang gemar dipelihara.

Pada berbagai perlombaan burung berkicau, hadiah besar disediakan bagi burung murai batu. Besar hadiah yang disediakan mulai dari jutaan rupiah hingga puluhan juta.

  1. Kenari
Burung kenari – es.wikipedia.org

Memiliki nama genus Serinus canaria, burung kenari termasuk yang sering diperlombakan. Pemilik burung ini biasanya mengikutsertakan kenari berkelamin jantan. Sebab kenari jenis ini memiliki gerakan yang lebih lincah dan mempunyai kualitas kicauan yang lebih baik.

Mengani hadiah yang disediakan dalam lomba burung kenari amat bervariasi. Mulai dari nominal jutaan hingga puluhan juta rupiah.

  1. Lovebird
Lovebird -pixabay.com

Burung yang memiliki panjang antara 13 cm hingga 17 cm ini termasuk jenis burung kontes. Ciri kicauan lovebird adalah memiliki suara ngekek panjang. Burung yang berasal dari Afrika ini termasuk kategori burung mahal. Tidak mengherankan kalau dalam berbagai lomba burung, hadiah yang disediakan sangat menggiurkan.

Jika ingin memelihara burung lovebird untuk diikutkan lomba, sebaiknya Anda mencari burung lovebird berkepala besar. Bentuk kepala tersebut dipercaya membuat burung memiliki mental yang baik.

Di samping itu, Anda bisa mengamati dari bentuk paruhnya. Paruh burung lovebird yang pangkalnya lebar dan tebal diyakini lebih cepat gacor.

  1. Anis Merah

Burung anis merah jantan lebih banyak dipelihara untuk diikutsertakan dalam perlombaan. Sebab burung ini lebih gagah dan gerakannya lebih lincah. Pada bagian pangkal paruh burung anis merah berkualitas bagus memiliki bentuk lebar, tebal, dan panjang. Anda sebaiknya juga memperhatikan paruh burung bagian bawah yang lurus.

  1. Cucak Hijau

Sesuai namanya, burung ini memiliki bulu berwarna hijau. Burung ini cukup sering dikompetisikan dalam lomba burung berkicau. Burung cucak hijau berkualitas baik memiliki tubuh yang proporsional. Maksudnya, ukuran badan, leher, kepala dan kaki serasi. Anda dapat memilih cucak hijau yang memiliki paruh tebal dan besar. Sebab ciri tersebut membuat burung ini dapat menghasilkan kicauan dengan volume tebal.

  1. Kacer
Kacer – ownbyphotography.com

Burung kacer yang bagus untuk diikutsertakan dalam lomba burung berkicau dapat dilihat dari warna bulu yang mengilap. Di samping itu, burung kacer berkualitas mempunyai paruh yang lebar, tebal, dan besar. Bagian mata burung berbentuk bulat besar. Itu merupakan ciri kalau burung ini memiliki mental yang bagus.

  1. Pleci
Burung Pleci – tscribbles.blogspot.com

Burung yang sering disebut sebagai burung kacamata ini memiliki suara yang merdu. Oleh karenanya, burung ini termasuk yang sering dipertandingkan. Burung pleci yang yang memiliki kualitas juara memiliki fisik kuat dan sorot mata yang tajam.

Jika ingin membeli pleci yang mudah gacor, Anda dapat mencari pleci dengan paruh atas yang tipis. Memang ada juga penggemar burung yang mengatakan sebaliknya, yaitu agar Anda mencari pleci berparuh atas tebal. Sebab pleci dengan bentuk paruh tersebut biasanya memiliki suara yang kencang.

  1. Jalak Suren
Jalak Suren – Picturehosting.com

Burung yang satu ini cukup sering diperlombakan dalam berbagai kejuaraan burung berkicau. Burung jalak suren bermental juara memiliki ciri tubuh panjang namun ramping. Selain itu, cengkeraman kakinya sangat kuat. Anda dapat juga memperhatikan bagian matanya. Burung jalak suren yang bagus memiliki bentuk mata yang besar serta sorot pandangan yang tajam.

Pada berbagai perlombaan burung berkicau, hadiah besar disediakan bagi burung murai batu. Besar hadiah yang disediakan mulai dari jutaan rupiah hingga puluhan juta

Demikianlah informasi mengenai daftar burung yang sering diikutsertakan dalam perlombaan burung berkicau. Apakah Anda sudah memelihara salah satu burung yang disebutkan di atas? Jika iya, Anda perlu merawatnya dengan baik agar burung kesayangan Anda ini bisa menjadi juara.

Tinggalkan Komentar