Inilah Keunikan Burung Kirik-kirik yang Harus Anda Ketahui

Banyak sekali jenis burung unik yang tersebar di alam ini. salah satunya adalah burung kirik kirik. Burung jirik kirik ini masuk dalam keluarga burung yang unik. Pada bagian bulunya berwarna-warni dan seakan akan seperti pelangi.

Dan keunikan lain yang dimiliki oleh burung kirik kirik yaitu pada saat terbang, mereka bisa mengungguli beberapa serangga yang paling cepat sekalipun.

Mereka hidup secara berkelompok yang semuanya saling membantu dalam membesarkan anak-anaknya. Itulah pesona burung kirik-kirik yang tak banyak orang mengetahuinya.

Keunikan Burung Kirik-kirik
Keunikan Burung Kirik-kirik

Sebagian besar burung pemakan serangga tidak memiliki warna bulu yang berwarna-warni, tapi lain halnya berbeda dengan spesies burung ini. Di bagian tubuhnya terdiri dari perpaduan warna yang indah dan mampu menarik perhatian para peneliti berbagai macam jenis burung.

Bulu-bulunya terdiri dari banyak warna hijau, biru, merah dan kuning cerah. Beberapa spesies bahkan mempunyai warna yang lebih komplet, misalnya kirik-kirik eropa dan kirik-kirik pelangi dari Australia. Memang pesona burung kirik-kirik ini adalah dari warna bulunya yang tampak indah.

Karakteristik Kirik-Kirik

Namun bukan hanya pesona burung kirik kirik yang itu saja yang membuat banyak orang terkesan. Akan tetapi gaya akrobatiknya pada saat berburu serangga pun akan terlihat sangat mengagumkan.

Burung Kirik-kirik sangat ahli menangkap serangga sambil terbang, terutama serangga yang mampu terbang cepat seperti lebah, tawon dan hornet.

Sebelum menangkap mangsanya, burung kirik-kirik ini memiliki kebiasaan yaitu sering bertengger di atas ranting pohon tinggi. Spesies burung ini memiliki penglihatan yang cukup tajam.

Bahkan burung kirik-kirik eropa ini juga sanggup melihat seekor lebah dari jarak kurang lebih 100 meter. Dengan menggunakan teknik menukik dan juga dengan teknik menyerang dari atas, kirik-kirik akan mampu menangkap mangsanya itu.

Perilaku Burung Kirik-Kirik

Perilaku Burung Kirik-kirik
Perilaku Burung Kirik-kirik

Pada saat akan mengejar dan juga menangkap serangga beracun seperti tawon, burung kirik-kirik ini biasanya akan sangat berhati-hati dan tidak mau memakan buruannya sebelum menyingkirkan racunnya.

Caranya juga cukup unik, antara lain yaitu dengan menggosok-gosokkan secara perlahan bagian perut tawon pada cabang pohon yang memiliki ruas yang berdekatan untuk mengeluarkan racunnya.

Perilaku burung kirik-kirik yang unik ini berbeda dari jenis burung lainnya, yang biasanya langsung memakan serangga-serangga beracun dengan lahapnya, yang tentu saja juga akan berakibat cukup fatal.

Serupa dengan burung cendet dan srigunting, burung kirik-kirik akan bertengger pada cabang tertinggi. Tujuannya guna mengamati lingkungan sekitarnya saat mencari pakan.

Akan tetapi, beberapa jenis kirik-kirik, seperti spesies dari Afrika, akan terbang di samping atau ikut membonceng di punggung hewan besar untuk menangkap serangga.

Di dalam mendukung keterampilan terbang cepat dan berakrobatik di udara , burung kirik-kirik punya teknik tersendiri. Biasanya burung menghabiskan 10 persen waktunya setiap hari untuk melakukan aktivitas berjemur.

Keunikan Burung Kirik-kirik

Burung kirik-kirik ternyata memiliki kegemaran yaitu berjemur sambil menyisiri bulu-bulu cantiknya. Jenis burung ini senang sekali berjemur sebab terik matahari akan membuat kutu dan parasit lainnya mudah menyingkir dari bulu-bulu burung tersebut.

Beberapa jenis burung kirik-kirik sering berjemur dengan cara berkelompok. Pada saat berjemur, mereka pada umumnya melakukan gaya yang serupa, yaitu bagian punggung menghadap matahari sambil membentangkan kedua bagian sayapnya.

Keunikan burung kirik-kirik yang lainnya lagi adalah jarang mandi. Ini tentu berbeda dari kebanyakan burung pemakan serangga lainnya yang gemar mandi.

Kalaupun membersihkan tubuhnya, jenis burung ini hanya mencelupkan tubuhnya ke dalam genangan air, lalu terbang lagi.  Burung kirik-kirik yang habitatnya di kawasan kering bahkan lebih sering mandi pasir/debu.

Keunikan burung kirik-kirik ini juga memiliki sifat kegotongroyongan yang tinggi. Mereka akan saling membantu pada musim berkembangbiak.

Pada saat seekor induk membesarkan anak-anaknya, maka burung-burung lainnya juga akan ikut membantu anakan tersebut sampai beranjak dewasa.

Tinggalkan Komentar