Karakteristik Burung Nuri Kepala Hitam Yang Menarik Untuk Diketahui

Siapa di antara kalian yang sudah mengetahui karakteristik burung Nuri kepala hitam? Jenis burung Nuri yang satu ini juga disebut sebagai burung Irian.

Tak salah lagi, keberadaan burung ini memang paling banyak berada di wilayah tersebut. Selain itu, burung cantik ini juga disebut sebagai burung Kasturi.

Daftar Harga Burung Terbaru. Jalak Bali Anakan 3jt Per Pasang, Update 01 Mei 2021.

Pemesanan Ring Burung. Diskon hingga 500 per biji, harga mulai 1500 per biji.

Mengingat burung Nuri kelapa hitam memiliki bentuk tubuh, dan warna yang sangat menarik, tak jarang orang senang untuk memeliharanya di rumah. Terutama mereka para pecinta burung.

Karakteristik Burung Nuri Kepala Hitam Yang Menarik Untuk Diketahui
id.wikipedia.org

Karakteristik Burung Nuri Kepala Hitam

Burung Nuri kepala hitam memiliki perawatan yang sangat mudah ketika dijadikan burung peliharaan. Jenis makanannya pun tidak terlalu sulit untuk didapatkan, bahkan terbilang murah.

Burung ini memiliki kemampuan untuk menirukan berbagai suara. Maka dari itu, memelihara burung Nuri kepala hitam memberikan daya tarik dan keseruan tersendiri.

Bagi anda yang belum pernah tahu sebelumnya mengenai karakteristik burung Nuri kepala hitam, berikut ini akan kami paparkan untuk anda. Dijamin pasti akan langsung jatuh hati setelah mengenalnya.

Morfologi Burung Nuri Kepala Hitam

Ciri fisik dari burung Nuri kepala hitam tak pernah lepas dari salah satu bagian karakteristiknya yang sangat unik. Jenis burung Nuri yang satu ini memiliki ukuran tubuh yang sedang, yaitu dengan panjang 30 cm hingga 33 cm.

Untuk bobot normalnya, biasanya mencapai 200 gram hingga 240 gram. Dilihat dari karakteristik tubuhnya yang lain, burung ini memiliki jenis ekor yang lebat.

Burung Nuri kepala hitam juga memiliki warna-warna yang cantik. Seperti warna merah yang ada di bagian dada sebelah atas dan di bagian kepalanya.

Sedangkan untuk warna bulu kepala paling atas atau mahkotanya, berwarna hitam. Inilah sebabnya mengapa jenis burung Nuri ini disebut sebagai burung Nuri kepala hitam.

Selain warna merah dan hitam, burung ini juga memiliki warna ungu tua di bagian bawah mentelnya. Selain bulu ekornya yang lebat, burung Nuri kepala hitam mempunyai ekor yang lumayan panjang yaitu mencapai 12 cm.

Bagian ekornya mendominasi warna biru. Sedangkan untuk bagian tubuh yang lain seperti sayap, burung Nuri kepala hitam memiliki panjang sayap 14 cm.

Karakteristik Burung Nuri Kepala Hitam
thehijau.com

Jenis Makanan Burung Nuri Kepala Hitam

Karakteristik burung Nuri kepala hitam selanjutnya adalah dari jenis makanannya. Bagi anda yang ingin memelihara burung ini harus paham akan hal tersebut.

Burung Nuri kepala hitam termasuk salah satu jenis burung yang tergolong herbivora atau pemakan tumbuhan. Pasalnya, diperkuat dengan adanya kebiasaan makan burung ini yang sangat menyukai berbagai macam sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian.

Buah-buahan yang paling disukai diantaranya seperti buah apel, buah pisang, dan buah pepaya. Untuk jenis sayurannya seperti, sayur wortel, brokoli, hingga kangkung.

Jenis makanan ini tidak hanya disukai oleh burung Nuri kepala hitam karena rasanya yang enak saja, tetapi kandungan nutrisi di dalamnya juga memberikan dukungan untuk tubuh dan berkembang dengan baik.

Perlu menjadi sebuah catatan, burung ini memiliki beberapa jenis makanan pantangan, artinya jenis makanan ini tidak boleh diberikan ke burung Nuri kepala hitam, seperti buah alpukat dan buah coklat.

Perbedaan Burung Nuri Jantan dan Betina

Dengan mengetahui karakteristik burung Nuri kepala hitam maka akan sangat mudah bagi kita untuk mengetahui perbedaan jantan dan betinanya.

Burung Nuri kepala hitam jantan memiliki iris mata berwarna orange tua, sedangkan betina mempunyai warna orange muda atau malah cenderung kuning. Pada bagian paruhnya, burung Nuri kepala hitam jantan memiliki paruh yang lebih besar dan lebar jika dibandingkan dengan betina.

Itulah beberapa karakteristik burung Nuri kepala hitam. Perlu untuk kita ketahui, selain memeliharanya di rumah, anda pun juga dapat melestarikan kelangsungan hidupnya dengan membudidayakannya.