Karakteristik Burung Anis Nusa Tenggara (Chestnut backed Thrush)

Burung Anis Nusa Tenggara adalah salah satu jenis burung endemik Indonenesia terutama di kawasan Nusa Tenggara. Jenis burung yang asalnya dari keluarga Turdidae dan genus Geokichla ini ternate adalah burung anis macan atau anis ampena.

Anis Nusa Tenggara (Chestnut-backed Thrush) apabila dalam bahasa inggrisnya disebut dengan Geokichla dohertyi. Untuk jenis burung anis ini bisa dijumpai di hutan primes Nusa tenggara hingga ke Timor Leste yang ada pada bagian barat dengan ketinggian antara 460 sampai dengan 2300 mdpl

Karakteristik Burung Anis Nusa Tenggara

Burung Anis Nusa Tenggara
zoochat.com

Anis Nusa Tenggara adalah salah satu jenis burung yang ukuran badannya sedikit kecil. Sebab, burung ini mempunyai postur tubuh dengan panjang sekitar 16 sampai dengan 18 cm. Yang mana, memiliki mahkota serta bagian tengkuk berwarna hitam.

Selanjutnya, untuk karakteristik yang ada dibagian muka burung ini memiliki pola warna hitam dan putih. Kemudian untuk ciri yang lainnya pada bagian tubuh sebelah atas berwarna merah karat.

Lalu, yang ada di bagian palang sayap berwarna putih dan pada bagian dada berwana hitam dengan bintik hitam pada sisinya hingga berada di perut bagian tepi.

Daerah Persebaran Anis Nusa Tenggara

Anis nusa tenggara ternyata termasuk jenis burung yang hanya bisa dijumpai di daerah Lombok, Sumbawa, Flores, Sumba, dan juga di daerah Timor. Untuk suara kicauannya juga terdengar dengan cukup lantang, penuh irama, serta terdengar bervariasi.

Walaupun kemampuan ngerolnya tidak sebagus yang dimiliki oleh burung anis kembang, jenis burung anis ini tetap memiliki kemampuan mimikri, yaitu meniru suara dari jenis burung lain yang sama bagusnya.

Habitat Burung Anis Nusa Tenggara

Habitat Burung Anis Nusa Tenggara
rebanas.com

Burung anis ini sulit sekali dijumpai di Lombok sebab burung anis nusa tenggara ini merupakan jenis burung yang memiliki karakter pemalu. Selain itu juga lebih memilih semak lebat dari hutan hutan primer yang ada di bagian rentang ketinggian antara 460 sampai dengan 1650 mdpl.

Namun burung ini kerap terlihat di Sumbawa yang ada pada rentang ketinggian antara 750 sampai dengan 1000 mdpl. Apabila di Flores burung ini berada pada rentang ketinggian antara 750 sampai dengan 950 mdpl.

Apabila di Sumba pada ketinggian diatas 500 mdpl. Lalu untuk di Timor bagian barat pada rentang ketinggian antara 1050 – 2300 mdpl.

Makanan Anis Nusa Tenggara

Burung yang juga disebut dengan anis macan ini memiliki sifat soliter namun bisa berkumpul pada saat sumber makanan tersedia.

Untuk jenis burung ini biasanya akan mencari makan di darat, namun juga akan mencari makanan di pohon, dan paling sering diamati di tanah. Jenis pakan dari burung anis nusa tenggara antara lain berupa serangga, cacing, laba-laba kecil dan lain sebagainya.

Perbedaan Burung Anis Nusa Tenggra jantan dan Betina

Perbedaan jenis kelamin anis nusa tenggara atau yang dikenal dengan sebutan anis macan ini bisa diketahui dari ciri fisiknya. Sebab, hal tersebut tidak akan sama satu sama lainnya. Untuk ciri-ciri burung anis macan jantan antara lain adalah seperti dibawah ini;

Bentuk matanya tampak menonjol keluar. Kemudian, burung itu juga mempunyai warna bulu yang terlihat lebih mengkilap jika dibandingkan dengan jenis burung yang betina.

Untuk bagian ekornya, burung ini cenderung memiliki warna hitam agak abu. Dan cara berdirinya yang terlihat tegak. Kemudian untuk bagian paruhnya mempunyai warna hitam pekat.

Untuk mendapatkan burung anis nusa tenggara yang bagus dan berkualitas, tentunya anda harus melatih dan merawatnya dengan baik di setiap harinya.

Tinggalkan Komentar