Karakter Burung Panca Warna, Suara Kicau dan Ciri Fisiknya

Karakter burung panca warna dapat anda ketahui dengan mudah. Burung pancawarna adalah jenis burung yang banyak hidup di daerah anda. Burung ini adalah masternya burung seperti burung murai batu, cucak hijau, dan kacer.

Burung panca warna adalah salah satu burung yang paling indah di wilayah Indonesia. Sesuai dengan namanya burung ini memiliki banyak macam warna yang menarik dan juga indah. Burung panca warna sering menjadi incaran para pecinta burung.

Hal ini dikarenakan warnanya yang indah dan suara kicaunya yang ti

dak diragukan lagi. Namun, burung yang banyak memiliki kicauan paling bagus adalah burung panca warna berjenis kelamin jantan.

Suara dari pejantan burung panca warna memiliki suara yang lebih merdu dibandingkan betinanya.

ozankicaumania.com

Karakter Burung Panca Warna, Suara Kicau dan Ciri Fisiknya

Sebelum anda mengetahui secara jauh tentang burung panca warna. Disini anda dapat ketahui tentang beberapa hal yang berkenaan dengan burung tersebut.

Karakter Jenis Burung Panca Warna

Burung panca warna saat ini populasinya mengalami penurunan yang drastis. Apalagi di wilayah Indonesia populasinya semakin tahun semakin menurun.

Hal ini diakibatkan karena adanya perburuan liar. Selain itu banyaknya penebangan pohon secara sembarangan.Pembakaran hutan juga mengakibatkan populasi burung berkurang. Hal ini karena keangkuhan manusia.

Hutan dijadikan lahan baru untuk pabrik, kantor, jalan, maupun perkebunan. Inilah yang mempengaruhi berkurangnya populasi burung panca warna di tanah air.

Wilayah Indonesia yang masih memiliki populasi burung pancawarna dengan hutan tempat hidupnya yaitu di kepulauan Sumatera dan Kalimantan. Disini masih ada beberapa populasi burung tersebut meski tidak sebanyak dahulu.

Burung pancawarna habitat hidupnya berada di hutan. Saat burung panca warna berada dihutan ia bisa makan biji-bijian, serangga hingga larva ketika sudah tidak ada yang akan mereka makan.

Burung ini berkelompok dengan jumlah koloni mencapai hingga 30 ekor pada saat musim kawin tiba. Burung panca warna bersama dengan jenis burung yang lainnya mereka tidak memiliki teritorial khusus dalam menemukan makanan.

Musim kawin burung panca warna berada di bulan November hingga Agustus . Burung tersebut membuat sarang seperti mangkuk yang terbuat dari ranting-ranting kecil. Waktu yang mereka butuhkan sekitar 4 hari.

Penangkaran burung panca warna saat ini sudah mulai dijalakan. Hal ini dapat dijadikan ladang penghasilan apalagi bagi anda yang ingin mengambil spesialisasi di bidang penangkaran burung.

Penangkaran burung panca warna memang belum banyak yang berminat menjalankannya. Namun hal ini dapat anda lakukan sebagai upaya mengurangi penangkapan burung panca warna secara liar.

Burung ini adalah salah satu burung yang termasuk dalam jenis burung sosial. Burung ini mampu disatukan dengan jenis burung lainnya dalam satu kandang penangkaran.

Akan tetapi perlu anda tahu burung jenis ini dapat menjadi sangat agresif saat berkembangbiak. Seperti bertelur, mengerami, sampai mengasuh anak-anaknya.

Cara Merawat Burung Panca Warna

Bagi anda yang ingin mengembangbiakkan burung panca warna cukuplah mudah. Makanan burung ini mudah dicari seperti jagung, biji-bijian, dan dapat anda kasih makan pelet. Semua jenis makanan tersebut dapat anda cari di toko pakan burung diberbagai tempat.

Selain jenis makanan tersebut panca warna juga makan serangga seperti jangkrik, kutu, ulat, belalang, kumbang dan laba-laba. Panca warna juga makan buah-buahan.

Jadi anda dapat dengan mudah mencari makanan untuk burung piaraan anda tersebut. Tambahkan makanan bernutrisi yang lainnya agar burung panca warna dapat berkicau dengan merdu. Minuman panca warna hanya cukup anda berikan air tawar saja.

Cara memberikan makanan pada burung panca warna sama halnya dengan memberikan makan terhadap burung lainnya. Bagi anda yang memelihara burung pancawarna yang masih anakan. Kira-kira umur 3-4 minggu anda harus pisahkan dari induknya.

Hal ini bertujuan agar terhindar dari induknya yang agresif saat akan dikawinkan lagi .Perawatannya juga mudah anda hanya perlu memperhatikan makanannya, memandikannya, menjemurnya. Jangan lupa pada malam hari anda harus mengkrodongnya.

Hal ini bertujuan  agar dapat terhindar dari serangan tikus, ular dan hewan penggangu lainnya. Anda harus memberikan perawatan yang maksimal. Selain itu teliti, dan rajin dalam membersihkannya.

Bersihkan, beri makan yang teratur, dan ganti air minumnya secara rutin. Berikan termpat minum burung ini dengan ukuran yang lumayan besar. Karena burung panca warna sering mandi pada tempat minumnya.

Suara Kicau Karakter Burung Panca Warna

Kicauan burung panca warna memiliki kicauan yang sangat indah. Kicauan burung ini salah satu yang memiliki penggemar banyak.

Meski burung saat ini banyak yang memiliki suara yang merdu namun burung panca warna masih banyak yang berminat. Jika burung lainnya memiliki ciri khas lagu yang bervariasi. Beda halnya dengan panca warna yang tidak memiliki jenis variasi lagu.

Kicauan burung panca warna memang monoton. Karena burung ini hanya dapat menghasilkan sekitar 2 sampai 3 lagu saja secara berulang-ulang. Kicauan burung ini lantang dan stabil.

Tidak heran jika kicauan burung ini menjadi salah satu isian dari jenis burung murai batu, kacer, dan cucak hijau. Kualitas kicauan burung panca warna memiliki kualitas terbaik.

Ciri Fisik Karakter Burung Panca Warna

Burung panca warna memiliki ciri fisik yang memiliki warna bulu indah dan suara kicauan yang merdu. Warna bulunya warna warni sehingga disebut dengan burung panca warna. Bulu burung panca warna memiliki 5 perpaduan warna yang cantik untuk dipandang.

jalaksuren.net

Ada beberapa hal yang dapat membedakan antara jenis kelamin jantan dan betina. Hal ini dapat dibedakan melalui ciri fisiknya.

Burung panca warna memiliki ciri fisik yang berbeda yaitu memiliki lima warna yang bervariasi, kuning agak orange, hitam, putih, merah, dan hijau agak kekuningan.

Warna tersebut untuk burung jantan sedangkan untuk burung betina hanya memiliki warna coklat yang dominan. Pada bagian paruh burung ini memiliki warna kuning agak orange.

Bentuk ekor burung panca warna lurus dan lumayan panjang. Jika usia burung ini lebih tua biasanya memiliki warna bulu yang lebih cerah dan mengkilap.

Selain dari warnanya yang berbeda burung jantan atau betina juga dapat dibedakan melalui kicauannya. Kicauan burung panca warna khas dengan kicauannya yang sedikit dan monoton. Sehingga terkadang terdengar membosankan.

Akan tetapi burung ini memiliki suara kicauan yang lantang. Itulah beberapa ciri fisik burung panca warna yang dapat anda bedakan dengan jenis burung yang lain. Burung panca warna memiliki ciri khas yang khusus terutama pada bagian bulunya yang bervariasi.

Karakter burung panca warna, kicauan, serta ciri fisiknya sudah tertera pada uraian diatas. Bagi anda pecinta burung dapat memilih jenis burung ini untuk anda kembangbiakkan.

Perawatan dan makanannya yang mudah dapat dirawat oleh siapa saja asalkan rajin dan cermat saat membersihkan kandangnya.