Kandang yang Tepat Membuat Burung lebih Bersemangat

Sama halnya dengan hewan-hewan lainnya, burung juga membutuhkan tempat yang nyaman agar dapat beraktivitas dengan baik dan berkicau lebih merdu. Bangunan kandang yang tidak tepat dapat membuat burung menjadi stres dan tidak dapat gacor dengan baik.

Kandang atau sangkar yang tepat, selain membuat burung lebih nyaman, juga membuat burung menjadi lebih lincah dan gesit. Perilaku lincah dan gesitnya ini tentu berpengaruh dengan suara kicauannya. Apa saja yang dibutuhkan untuk membuat kandang yang tepat agar burung kicau menjadi lebih bersemangat? Berikut tipsnya.

Ukuran

Ukuran Kandang Burung
Ukuran Kandang Burung – Pixabay.com

Ukuran sangkar yang tepat tentu memiliki pengaruh besar terhadap kenyamanan burung. Ukuran sangkar hendaknya disesuaikan dengan jenis dan postur tubuh dari burung yang akan mendiaminya. Jangan sampai, burung merasa tidak leluasa dan bebas ketika menghuni sangkarnya. Ukuran yang sesuai juga akan membuat burung lebih gesit dan tetap bersemangat.

Perhatikan Perilaku Burung

Tidak semua burung menunjukkan perilaku atau karakteristik yang sama. Kita pasti sering menemukan, burung dengan tubuh kecil, tetapi ukuran sangkar yang ditempati ternyata sangat besar. Hal ini karena burung tersebut sangat aktif bergerak dan lincah, sehingga terbang dan lompat ke sana kemari. Oleh karena itu, dibutuhkan sangkar yang besar untuk dapat memberi kenyamanan bagi burung tersebut.

Bahan Sangkar

Bahan Sangkar Burung
Bahan Sangkar Burung

Ada jenis burung yang memiliki kebiasaan sering mematuk-matuk sangkar. Jika sangkar terbuat dari bahan yang lapuk, potensi terjadi kerusakan tentu saja menjadi sangat besar. Maka dari itu, bahan baku sangkar juga harus diperhatikan dengan teliti. Untuk jenis burung seperti di atas, gunakan sangkar dengan bahan baku kawat.

Untuk burung-burung dengan ukuran tubuh lebih kecil, sangkar bambu cukup tepat digunakan.

Kelenturan Jeruji

Kelenturan Jeruji
Kelenturan Jeruji – Pixabay.com

Kandang yang tepat seharusnya memiliki jeruji sangkar yang lentur dan kuat. Jeruji tersebut bisanya terbuat dari bambu yang cukup tua. Jeruji yang disusun jangan terlalu rapat dan juga jangan terlalu longgar. Pastikan jeruji sudah dihaluskan agar tidak melukai kaki burung.

Sama halnya dengan jeruji yang terbuat dari kawat. Pastikan jeruji yang terpasang tidak ada ujung kawat yang menyembul keluar.

Alas Sangkar yang Mudah Dipasang

Alas Sangkar
Alas Sangkar

Pilihlah alas sangkar yang terbuat dari bahan tripleks atau papan kayu dengan ukuran yang agak tebal. Jangan menggunakan alas sangkar yang susah untuk ditarik karena dapat membuat burung stres. Karenanya, pilihlah laci penampungan kotoran yang mudah ditarik agar tidak mengganggu ketenangan burung.

Selain hal-hal di atas, masih banyak lagi yang harus diperhatikan dalam membuat kandang yang tepat agar burung merasa nyaman, seperti tempat bertengger, gantungan sangkar, dan pintu masuk sangkar.

Tinggalkan Komentar