Cara Ampuh Atasi Kacer “Mbagong”

Apa itu mbagong? Bagaimana cara mengatasi mbagong pada burung kacer? Simak ulasan lengkapnya di artikel ini!

Kacer merupakan salah satu burung penyanyi yang sering diikutsertakan pada kontes kicau burung. Burung yang suaranya merdu ini pun kerap menunjukkan gaya khasnya, yaitu ngobra. Gaya ini menunjukkan bahwa kacer siap bertarung di kontes kicau burung.

Kebalikan dari ngobra adalah mbagong. Mbagong adalah sebuah kondisi ketika kacer kesayangan Anda menggembungkan tubuhnya dan mengeluarkan suara yang tidak indah. Kondisi ini tentu saja merugikan bagi Anda yang mengikutsertakan kacer kesayangan dalam ajang kontes kicau burung.

Nah, sebelum kita mengatasi kacer mbagong, alangkah baiknya kita mengetahui penyebab kacer mbagong.

Penyebab Kacer Mbagong

Burung Kacer - hewan.co
Burung Kacer – hewan.co

Ada beragam hal menyebabkan burung kacer menjadi mbagong. Di antaranya adalah:

1. Burung Kacer Sedang dalam Keadaan Tidak Sehat

Jika kacer sedang tidak fit atau stres, kacer bisa mbagong, lo. Untuk mengatasinya, berikan pakan yang bernutrisi. Selain itu, perhatikan juga kebersihan kandangnya. Kacer bisa tidak nyaman dan menjadi stres jika kandangnya kotor. Rajin-rajin bersihkan kandangnya, ya.

2. Frekuensi Mandi yang Tidak Teratur

Tak hanya manusia saja yang perlu mandi. Burung kacer klangenan Anda juga perlu dimandikan secara teratur, lo. Jika kacer tidak dimandikan secara teratur, klangenan Anda akan merasa tidak nyaman dan mbagong.

3. Perubahan Pola Tangkringan

Kacer ternyata bisa stres juga. Burung kacer bisa merasa tidak nyaman, stres, kemudian mbagong jika ada perubahan di sekitarnya. Perubahan ini termasuk penggantian sangkar dan tangkringan. Burung kacer sangat sensitif, sehingga dia bisa merasakan perubahan yang ada di sekitarnya.

4. Pemberian Pakan yang Terlalu Banyak

Tahukah Anda bahwa EF (extra fooding) atau pemberian makan ekstra untuk klangenan Anda justru tak baik? Hal ini bisa membuat kacer Anda mbagong, lo. Maka, sesuaikan pakan dengan kebutuhan kacer Anda.

Kacer merupakan salah satu burung penyanyi yang sering diikutsertakan pada kontes kicau burung. Burung yang suaranya merdu ini pun kerap menunjukkan gaya khasnya, yaitu ngobra. Gaya ini menunjukkan bahwa kacer siap bertarung di kontes kicau burung.

Solusi Ampuh Atasi Kacer yang Mbagong atau Ngebagong

Kacer - ownbyphotography.com
Kacer – ownbyphotography.com

Kacer mbagong sungguh tak enak dilihat. Apalagi jika kacer tersebut mbagong saat diajukan ke kontes kocau burung. Wah, tanda kekalahan sudah di depan mata. Menyedihkan, bukan? Nah, untuk mengatasi kacer mbagong, silakan simak ulasan berikut ini:

1. Pastikan Kesehatan Kacer Anda

Jika Anda mendapati kacer mbagong disertai dengan penurunan kesehatan, misalnya mencret dan cacingan, maka segera tangani sumber masalahnya. Berikan obat cacing khusus burung jika kacer Anda mbagong plus mencret dan mengeluarkan kotoran bergelembung-gelembung.

Namun, jika penyebabnya adalah stres, maka perhatikan kebersihan kandangnya. Bersihkan kandang kacer secara teratur. Bagian yang paling sering Anda bersihkan adalah bagian alasnya. Kacer bisa mbagong ketika dia tidak nyaman dengan kondisi kandang yang terlalu kotor.

2. Mandikan Kacer secara Teratur

Untuk mengetahui kacer Anda butuh mandi atau tidak, masukkan burung ke keramba mandi. Jika kacer memang sudah saatnya mandi, maka dia akan langsung mandi. Namun, jika kacer belum saatnya mandi, dia tidak akan mau mandi meskipun kita masukkan ke keramba mandi berjam-jam lamanya.

3. Ganti Sangkar dan Tangkringan dengan Rapi

Jika Anda berniat mengganti sangkar dan tangkringan, maka pastikan Anda menggantinya dengan tepat dan rapi. Pastikan kandang yang baru, serupa dengan kandang yang lama. Selain itu, posisi tangkringan baru harus sama dengan posisi tangkringan yang lama.

4. Atur Porsi Pakan

Pengaturan porsi pakan penting untuk dilakukan demi kacer yang tak lagi mbagong. Jika akan menambah porsi makan, maka lakukan dengan bertahap. Selain itu, berikan ulat bumbung atau ulat bambu 2 hingga 3 ekor setiap hari. Ulat bambu dipercaya bisa menghentikan kebiasaan mbagong pada kacer.

Nah, itu dia beberapa cara ampuh mengatasi kacer mbagong. Semoga bisa bermanfaat, ya.

Tinggalkan Komentar