Memilih Kacer Calon Juara

Kacer atau Kucica Kampung (Copsychus Saularis) termasuk ke dalam burung kicau kecil. Burung ini menjadi salah satu burung favorit di antara para kicau mania. Burung kacer memiliki warna bulu hitam dan putih. Ekornya yang panjang akan terangkat ketika mereka sedang berada di atas tanah dan mencari makan.

Meskipun berstatus risiko rendah, tetapi jumlah burung ini di Indonesia mulai langka. Hal ini tentu saja disebabkan oleh penangkapan liar yang tidak terkendali. Beruntungnya, masih ada orang-orang yang peduli untuk menangkarkan burung idaman ini. Sekarang, kacer yang beredar di pasaran seluruhnya berasal dari penangkaran.

Sebelum memilih calon kacer juara, sebaiknya perhatikan dulu hal-hal berikut ini agar tidak menyesal kemudian.

Jenis Kelamin

Jenis Kelamin Kacer
Jenis Kelamin Kacer – Wikimedia.org

Pilihlah selalu burung kacer dengan jenis kelamin jantan. Kacer jantan memiliki bulu hitam yang lebih mengilap dan suara kicau yang lebih merdu dibandingkan dengan betinanya. Bentuk leher juga tidak luput dari perhatian. Kacer dengan leher panjang dan berisi dipercaya memiliki kekuatan suara yang baik.

Bentuk Paruh

Bentuk Paruh Kacer
Bentuk Paruh Kacer – Wikimedia.org

Pilih burung kacer jantan dengan pangkal paruh yang lebar, panjang, dan besar. Sebaiknya jangan memilih burung kacer dengan paruh bengkok. Paruh yang bengkok tidak akan menghasilkan kicauan bagus dan merdu. Selain paruh besar, perhatikan juga lubang hidung yang dimiliki oleh burung. Semakin dekat posisi lubang hidung dengan mata, maka akan semakin bagus.

Bentuk Kepala dan Mata

Bentuk Kepala dan Mata Kacer
Bentuk Kepala dan Mata Kacer – Wikipedia.org

Kacer yang siap untuk bertarung dalam perlombaan biasanya memiliki bentuk kepala yang kotak dan bentuk mata yang bulat, besar, juga melotot. Bentuk kepala yang kotak dan mata yang melotot ini dipercaya dapat mengintimidasi lawan-lawannya ketika bertanding.

Postur Tubuh

Kacer
Kacer – Wikimedia.org

Kacer unggulan memiliki postur tubuh yang sedang, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Leher dan kakinya juga proporsional. Hindari memilih kacer dengan leher dan kaki yang pendek. Postur tubuh yang ideal dan proporsional ini memengaruhi kecepatan dan kelincahan bergerak serta kicauan yang dihasilkan.

Bentuk Sayap dan Kaki

Bentuk Sayap dan Kaki Kacer
Bentuk Sayap dan Kaki Kacer – Wikipedia.org

Burung kacer unggulan selalu memiliki sayap yang mengapit rapat dan kaki yang dapat mencengkeram dengan kuat. Kaki yang kering dan besar juga dapat menjadi pertimbangan.

Calon kacer juara juga memiliki sifat yang aktif dan lincah serta kondisi kesehatan yang baik. Selain itu, burung kacer unggulan juga pasti memiliki mental bagus yang tidak mudah terintimidasi lawannya. Setelah mengetahui kriteria di atas, kini saatnya Anda untuk mulai berburu kacer calon juara.

Tinggalkan Komentar