Jenis Mutasi Warna Burung Parkit Yang Harus Anda Tau

Burung parkit saat ini sudah banyak ditemukan dengan warna bulu yang bermacam macam. Perubahan yang terjadi karena hasil perkembangan parkit telah dilakukan oleh para ahli.

Hal tersebut membuat warna bulu burung parkit yang sebenarnya berkembang sebab proses alam, sekarang sudah bisa direncanakan sesuai dengan keinginan.

Jadi, tidak heran jika hasil dari pengembangan itu menghasilkan warna bulu seperti yang terjadi pada burung parkit ini sama sekali belum pernah terjadi dalam jenis burung lain.

Mutasi Warna Burung Parkit
Mutasi Warna Burung Parkit

Mutasi warna burung parkit yang pertama kali yaitu warna kuning. Diantaranya dengan adanya warna kuning polos tanpa adanya titik-titik warna hitam.

Kemudian hadirlah parkit warna biru. Jika diteliti, sebenarnya pengembangan warna kuning ini termasuk pemucatan dari warna asli yaitu hijau. Kemudian untuk warna biru juga termasuk penguatan dari warna hijau.

Selanjutnya mutasi warna bulu parkit yang menyimpang dari warna aslinya menjadikan warna bulu parkit dibedakan jadi 4 macam. Diantaranya yaitu hijau, kuning, biru, serta putih.

Dari  perkawinan silang antara warna satu dengan yang lainnya, maka akan menghasikan berbagai warna yang pada dasarnya mengarah di dalam penguatan warna dasar atau justru akan melemahkan dari warna dasarnya .

Warna Dasar Burung Parkit

Warna Dasar Burung Parkit
Warna Dasar Burung Parkit

Dari hasil percobaan yang sudah dilakukan sesuai dengan perkawinan silang ke empat warna dasar itu, kemudian diperoleh warna-warna dasar dari burung parkit seperti yang berikut ini:

  • Warna dasar hijau akan menghasilkan hijau tua, hijau normal (asli) serta hijau muda.
  • Warna kuning akan bisa menghasilkan kuning tua, kuning asli, serta kuning muda.
  • Kemudian untuk warna biru menghasilkan biru tua, biru muda, serta biru asli
  • Warna putih juga akan menghasilkan putih mulus, putih kekuningan, serta putih kebiruan.

Untuk perkembangan berikutnya yang diperoleh akan menghasilkan berbagai macam warna dan juga corak yang berwarna-warni merupakan hasil persilangan dari kedua belas warna tersebut.

Dari beraneka macam warna itu juga selanjutnya orang menjadikan dua kelompok yang besar. Diantaranya yaitu parkit berwana hitam serta merah. Parkit berwarna hitam merupakan warna bersisik hitam.

Kemudian jenis burung parkit mata merah merupakan parkit yang punya warna bulu polos seperti kuning, putih, dan lain sebagainya. hal ini dipengaruhi ketidak kuatan pigmen dari burung parkit.

Mutasi Warna Burung parkit Corak Baru

Kemajuan untuk menghadirkan warna memang bisa sangat pesat terjadi. Jadi, dari perkembangan yang berlangsung, hadir warna serta corak baru yang pastinya lebih menarik serta memiliki keunikan tersendiri.

Lutino

Parkit lutino tubuhnya menyeluruh berwarna kuning. Namun mata dan kakinya berwarna merah.

Albino

Jika jenis ini warna ditubuhnya menyeluruh yaitu putih tanpa ada warna lain pada bagian sayapnya maupun di bagian kepalanya. Ciri khas dari lutino yaitu pada bagian matanya merah serta kaki yang kemerahan.

Creamino

Sama dengan Albino dan Lutino, akan tetapi bedanya ada pada warna putih pada tubuh terbalut lapisan tipis dengan warna kekuningan serta akan lebih jelas di bagian kepalanya.

Double Factor Spangle

Semua berwarna kuning seperti Lutino dan tidak ada warna lain. Hanya saja pada warna matanya yang hitam yang terlihat lebih memudar jika telah berumur dewasa atau tua.

Dominant Pied

Parkit ini punya tumpukan warna yang banyak pada tubuhnya khususnya pada bagian bagian perut serta punggungnya. Jadi akan membuat parkit ini seolah punya 2 sampai 3 warna. Akan tetapi parkit jenis ini juga tampak berbeda dengan jenis Rainbow.

Tinggalkan Komentar