Cara Merawat Jenis Lovebird Violet Dan Ciri Karakteristiknya

Saat ini jenis burung lovebird memang sangat populer di Indonesia. Banyak berbagai jenis lovebird ini yang menyebar di Indonesia, diantaranya yaitu lotino, holland, dakocan dan masih banyak lagi. Salah satunya yaitu jenis lovebird violet yang banyak digemari oleh para pecinta burung.

Awalnya burung ini hanya dilombakan berdasarkan kicauannya yang sangat unik, namun saat ini banyak yang memperlombakan burung ini karena kecantikannya. Jadi tidak heran jika banyak yang menyilangkan jenis burung tersebut untuk memperoleh warna yang cantik.

Salah satunya yang banyak menarik perhatian yaitu dengan warna violet. Burung jenis lovebird violet ini memang sering mengikuti berbagai lomba dan menjuarainya. Ingi tahu mengenai cara merawat dan ciri karakteristik dari burung jenis lovebird violet ini. Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Cara Merawat Jenis Lovebird Violet

Cara Merawat Jenis Lovebird Violet Dan Ciri Karakteristiknya
wikicau.com

Burung jenis lovebird violet ini memang merupakan jenis burung yang banyak diminati oleh para kicau mania. Jenis burung tersebut sangat genus agapornis yang memang menjadi salah satu primadona karena mempunyai fisik yang menarik dengan kicauan indah.

Sudah banyak berbagai orang yang membudidayakan jenis burung ini. Hal tersebut tidak heran jika burung ini dibilang mempunyai harga fantastis. Terlebih jika pembudidayaannya mempunyai teknik tersendiri dengan melatih kicauan burung tersebut.

Untuk dapat menciptakan jenis burung lovebird violet ini sempurna maka membutuhkan berbagai cara yang tidak mudah. Kita harus dapat memperhatikan pakan yang bernutrisi serta perawatan lainnya.

Jenis pakan yang bergizi ini juga merupakan salah satu hal yang berpengaruh terhadap kemampuan kicauannya. Untuk pemberian pakan tersebut sebaiknya bervariasi. Hal ini dapat bertujuan agar burung ini tidak merasa bosan.

Tambahkan gizi beruba berbagai jenis buah-buahan. Beberapa jenis makanan yang dianjurkan yaitu jagung muda, kangkung dan toge.

Selain makanan untuk menambah stamina burung ini, kita harus memandikannya dengan jadwal tetap. Dengan stamina tersebut maka burung akan mengekek lebih lama. Kita dapat memandikan dengan cara menyemprot atau membuat keramba mandi.

Setelah dimandikan kemudian burung tersebut sebaiknya diangin-anginkan teduh.

Selanjutnya yaitu memberikan multivitamin agar dapat menunjang perkembangan suara kicauannya. Jenis vitamin tersebut sangat diperlukan. Perhatikan juga dosisnya untuk menghindari hal negatif.

Vitamin ini juga dapat berpengaruh terhadap kesehatan burung lovebird violet ini. Hal tersebut lebih berpengaruh terhadap perwatan rutin yang harus diberikan kepada burung ini.

Ciri Karakteristik Lovebird Violet

Jenis lovebird violet ini mempunyai warna tubuh bagian sayap atau bagian atas tubuhnya berwarna violet. Violet yaitu warna biru lebih tajam serta lebih bersinar. Jenis burung lovebird violet ini juga lebih mahal daripada beberapa jenis lovebird lainnya.

Lovebird violet ini mempunyai berbagai jenis seperti pastel violet, vio perso. Saat ini untuk harga lovebird violet sekitar Rp. 800.000 hingga Rp. 900.000.

Jenis lovebird violet ini didominasi dengan warna yaitu putih. Pada bagian dada serta ekor burung tersebut mempunyai warna violet agak memudar. Sementara pada bagian kepala serta sayap dari burung ini berwarna putih serta bergradasi vio memudar.

Untuk harga burung lovebird pastel violet ini sebesar Rp 500.000 hingga Rp. 600.000.

Paru jenis lovebird violet ini berwarna orange pucar dan ada juga yang berwarna orange tua. Selain itu jenis burung ini kepalanya berwarna abu-abu atau putih. Pada bagian lehernya serta dada dan tubuhnya dominan warna putih serta warna violet. Jenis lovebird violet ini sangat unik dan menarik.

Tinggalkan Komentar