Berbagai Jenis Lovebird Untuk Lomba dan Karakteristiknya

Dari berbagai macam jenis burung yang berada di Indonesia, misalnya seperti yang jumlahnya paling banyak digemari adalah Lovebird.

Ini dikarenakan Lovebird memiliki suara ngekek yang unik serta warna bulu yang indah. Oleh karena itu, banyak sekali dari kalangan pecinta burung kicau yang lebih tertarik memelihara Lovebird dari pada jenis burung lainnya.

Lovebird bisa dilombakan dalam dua kategori, yakni suaranya dan warna bulunya.

Jenis Lovebird Untuk Lomba
Jenis Lovebird Untuk Lomba

Banyak untuk para pemula yang masih bingung untuk menentukan jenis lovebird untuk lomba. Masalah utamanya yaitu kurangnya pengalaman serta minimnya jam terbang untuk memilih bakalan juara.

Memilih jenis lovebird untuk  lomba memang tidak mudah, akan tetapi dengan ketelitian serta pemahaman tentang ciri lovebird lomba dapat membantu kita untuk menemukan bakalan sebagai calon juara.

Berikut ini ciri ciri lovebird yang bisa anda jadikan untuk lovebird lomba.

Ciri Lovebird Untuk Lomba Yang Prospek

Pemilihan dari jenis lovebird untuk lomba sejak dini juga bisa untuk membentuk mentalnya pada saat dihadapkan dengan sesama lovebird yang lainnya.

Apabila sejak awal lovebird tidak pernah bersaing dengan sesama lovebird, terdapat kemungkinan lovebird akan mengalami kalah mental sebelum acara bertanding dimulai.

Anda harus tau juga jika lovebird yang tidak bisa berkicau seperti halnya burung yang lain dan burung mentalnya kurang bagus. Bisa jadi lovebird itu justru akan macet bunyi.

Dan guna memudahkan pemula dalam memilihkan jenis lovebird untuk lomba, berikut ini merupakan ciri-ciri khusus burung yang bisa anda beli.

Bentuk Kelpala

Bentuk kepala lovebird dapat menjadi acuan guna menentukan apakah burung ini memiliki mental atau tidak.

Loverbird yang memiliki kepala besar pada umumnya akan memiliki nyali yang besar pada waktu dihadapkan dengan lawannya sesama lovebird.

Langkah ini pada umumnya membutuhkan lovebird lain untuk dijadikan perbandingan.

Bentuk Leher

Leher termasuk bagian tubuh burung yang mana pita suara berada. Pita suara yang nantinya dapat membentuk cengkok dari suara burung itu.

Jenis lovebird yang digunakan untuk lomba yang tepat ialah lovebird yang mempunyai leher yang panjang padat dan juga berisi. Ini termasuk juga ciri lovebird ngekek panjang.

Lovebird yang memiliki leher seperti itu akan mempunyai kemampuan dalam mengeluarkan cengkok suara yang terdengar khas dan terdengar lantang.

Kondisi Bulu

Bulu juga termasuk bagian yang menjadi ciri dari lovebird ngekek panjang.

Lovebird yang prospek yang memiliki suara ngekek panjang yaitu lovebird yang mempunyai bulu yang mengkilap dan juga terlihat bersih.

Kebersihan dari bulu lovebird juga menandakan jika perawatan yang baik. Jadi burung itu selalu mempunyai mood yang bagus.

Postur Tubuh

Jenis lovebird yang bagus untuk lomba yang baik yaitu lovebird yang punya postur tubuh yang proporsional.

Pastikan untuk bentuk tubuh, kaki dan ekornya memiliki perbandingan yang proporsional.

Anda jangan memilih lovebird yang mempunyai kepala besar akan tetapi tubuh dan kakinya terlihat kecil, apalagi yang memiliki leher yang pendek.

Bagian Sayap dan Kaki

Untuk kedua bagian ini sebagai ciri fisik lovebird ngekek panjang. Lovebird yang bisa ngekek panjang pada umumnya memiliki bentuk sayap yang mengapit serta cengkeraman kakinya kuat pada waktu bertengger.

Warna dari sayap dan juga kaki mungkin dapat memberikan nilai untuk penampilan lovebird, akan tetapi itu tidak mutlak.

Sorot Mata

Jenis lovebird yang digunakan untuk lomba yang baik yaitu lovebird yang punya sorot mata yang tajam. Sorotan matanya itu terlihat lebih seperti melotot.

Anda jangan pernah memilih lovebird yang punya mata sayu dijadikan sebagai lovebird lomba. Karena, itu hanya akan menambahi pekerjaan kita pada nantinya.

Cengkok Suara

Cengkok suara juga sangat dibutuhkan seperti seorang penyanyi dangdut, karena cengkokan sangat mempengaruhi penilaian lovebird pada saat acara lomba.

Jika untuk bakalan saja telah memiliki cengkok yang bagus, walaupun saat ngekek masih terbata-bata.

Sebagai pemelihara, kita hanya membutuhkan effort perawatan lovebird lomba sedikit guna memaksimalkan suaranya yang ngekek panjangnya.

Lihat Gerakan dan Cara Makannya

Memiliki lovebird yang memiliki gerakan lincah dan juga gesit dapat memberikan keuntungan tersendiri. Lovebird yang aktif pada umumnya akan memiliki nilai lebih.

Hal itu dapat diketahui juga dilihat dari cara makannya. Jenis lovebird untuk lomba pada umumnya punya nafsu makan yang besar.

Lovebird Blorok

Lovebird Blorok merupakan sebutan pada jenis Lovebird untuk lomba yang punya corak warna bulu blorok.

Guna menghasilkan warna Lovebird Blorok, terlebih dahulu Anda harus menyilangkan jenis Lovebird yang memang berbeda.

Seperti halnya, dengan menyilangkan Lovebird Lutino dengan Lovebird Dakori. Dan pada akhirnya, kemungkinan anakan dari Lovebird yang menetas adalah Lovebird Blorok hijau ataupun Lovebird Green Series.

Lovebird Parblue

Lovebird Parblue punya nama lain Lovebird Yellow Face. Sesuai dengan namanya, jenis Lovebird ini memiliki muka yang berwarna kuning sedikit keputihan.

Istilah dari Parblue sendiri termasuk akronim dari Partial Blue (sebagian berwarna biru).

Lebih menariknya lagi, ada banyak jenis Lovebird Parblue yang memiliki paruh yang berwarna oranye, bukan warna merah seperti Lovebird dari golongan Green Series, ataupun putih untuk golongan Lovebird Blue Series.

Lovebird Violet

Lovebird Violet merupakan jenis Lovebird yang bisa mengubah warna blue normal pada area sponge menjadi warna violet.

Jenis Lovebird Violet memiliki factor (penurunan sifat) single (SF) serta Double (Double).

Guna mencetak mutasi warna Lovebird Violet, salah satu dari indukannya harus dengan jenis Lovebird Violet, baik itu yang berjenis kelamin jantan maupun yang betina.

Ciri-ciri dari Lovebird Violet memiliki warna bulu biru keunguan ataupun yang umum disebut dengan Violet. Warna dari bulu itu tampak pada bagian sayap dengan ujung yang berwarna hitam.

Sedangkan, pada bagian perut Lovebird dengan warna putih, warna kepalanya dominan hitam, sedangkan untuk paruh putih pucat ataupun orange tua.

Love Bird Batman

Lovebird Batman juga hampir kesemuanya tubuhnya didominasi dengan warna hitam. Jenis Lovebird ini memang cukup langka senan jarang dijumpai di kontes perlombaan Lovebird.

Meskipun begitu, Lovebird Batman digemari para kicau mania, terutama oleh pria. Hal ini dikarenakan warna hitam pada Lovebird Batman menjadikannya tampak elegan dan juga maskulin.

Ciri-ciri dari Lovebird Batman biasanya ditunjukkan dengan warna bulu kepala, sayap, punggung, dan juga bagian ekor dengan warna hitam.

Sementara itu, pada bagian leher dan juga dada dengan warna putih. Lovebird ini juga punya klep kacamata dengan warna putih yang terlihat kontras dengan warna bulu pada bagian kepalanya.

Lovebird Biola

Salah satu jenis Lovebird yang paling mahal dan banyak digemari adalah Lovebird Biola ataupun Opaline Fischeri.

Mahalnya harga Lovebird Biola disebabkan karena ketersediaannya yang cukup sulit ditemui atau bisa dibilang langka.

Lovebird Lutino

Lovebird Lutino ialah jenis Lovebird yang unik, sebab ada jenis Lovebird Lutino yang memiliki mata merah dan juga yang bagian matanya hitam.

Di antara kedua jenisnya, Lovebird Lutino mata merah yang banyak disukai di pasaran. Oleh sebab itu, harga Lovebird Lutino mata merah juga lebih mahal jika dibandingkan dari yang mata hitam.

 

Tinggalkan Komentar